PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Tips Trik Cara Mudah Merawat Si Roda Dua

Otomotif  |  31 March 2022  |   274 Pengunjung

Tips Trik Cara Mudah Merawat Si Roda Dua

Otomotif  |  31 March 2022 Tips Trik Cara Mudah Merawat Si Roda Dua

Kendaraan roda dua adalah kendaraan yang praktis untuk dimiliki. Ini tidak terlalu berat di saku, memungkinkan Anda untuk berkeliling kota dengan sangat mudah dan juga menawarkan jarak tempuh dan efisiensi bahan bakar yang luar biasa. Jika dirawat dengan baik, Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua Anda selama minimal satu dekade tanpa mengeluarkan biaya besar. Perawatan yang tepat untuk sepeda Anda selama bertahun-tahun dapat membantu Anda mendapatkan manfaat penuh dari harga yang dibayarkan saat Anda pertama kali membeli kendaraan. Terlebih lagi, Anda dapat merawat sepeda dengan mudah tanpa harus selalu mengirimkannya ke fasilitas servis. Yang mengatakan, Anda harus mendapatkan sepeda Anda diservis setidaknya tiga kali setahun. Mari kita cari tahu beberapa tips, trik, dan teknik perawatan kendaraan roda dua yang mudah yang harus diketahui semua pemilik sepeda.

Anda harus memeriksa ban secara teratur: Memeriksa ban sepeda Anda sangat penting. Anda harus benar-benar memeriksa kondisi ban dan memeriksa apakah tekanan udara sesuai dengan yang ditentukan dalam panduan perawatan sepeda yang diberikan pada saat pembelian. Panduan ini memberikan rincian tentang tekanan ban yang perlu dijaga sesuai dengan ukuran dan jenis kendaraan roda dua Anda. Selain itu, pastikan Anda memeriksa ban apakah ada luka dan goresan yang dapat menyebabkan ban bocor atau pecah. Untuk perawatan sepeda yang benar, Anda harus memeriksa ban setidaknya seminggu sekali. Anda dapat membeli perangkat pemeriksaan ban di situs belanja online seperti Snapdeal Flipkart, dan Snapdeal.

Anda harus memeriksa oli mesin: Ini adalah salah satu dari banyak tips perawatan sepeda yang penting. Sepeda Anda berjalan mulus karena adanya oli mesin di dalamnya. Penting untuk memeriksa level oli mesin secara teratur dan menjaganya pada level yang benar setiap saat. Anda juga harus mengganti oli mesin setiap kali membawa kendaraan roda dua ke fasilitas servis, yang harus minimal tiga kali setahun. Juga, Anda harus mengawasi kemungkinan kebocoran oli. Oli mesin mengental dengan penggunaan karena adanya endapan karbon, yang pada akhirnya mempengaruhi mesin sepeda dan memperlambatnya. Selain itu, menjalankan sepeda dengan oli kotor meningkatkan konsumsi bahan bakar dan mengurangi umur mesin secara drastis.

Anda harus membersihkan filter udara: Membersihkan filter udara merupakan tip perawatan sepeda baru yang tidak terpisahkan. Seseorang tidak dapat menyangkal fakta bahwa polusi adalah masalah yang agak besar di Indonesia. Udara yang tercemar dan kondisi berkendara yang berdebu dapat menyumbat filter sepeda dengan cepat. Karena itu, Anda harus memastikan filter udara tetap bersih. Anda harus mengganti filter udara secara berkala. Praktik ini terutama harus diikuti oleh orang-orang yang tinggal di kota-kota padat penduduk dengan kondisi mengemudi di bawah standar.

Anda harus menyesuaikan kopling secara teratur: Kopling adalah bagian dari sepeda yang dapat membantu Anda mengganti persneling. Ini adalah salah satu bagian kendaraan yang paling sering digunakan yang membantu Anda menyesuaikan kecepatan berkendara sesuai dengan kondisi lalu lintas. Pastikan kopling disetel dengan benar setiap saat. Kopling yang terlalu kencang dapat menyebabkan pengendara tergelincir. Ini juga mengkonsumsi banyak bahan bakar dan mempengaruhi efisiensi sepeda. Berkendara dengan kopling yang dikencangkan di jalan dengan tumpahan air atau oli dapat mengakibatkan kecelakaan besar sehingga kopling harus diperiksa dan disetel secara teratur.

Anda harus memeriksa rem sepeda Anda secara teratur: Daftar tips perawatan kendaraan roda dua tidak dapat diselesaikan tanpa menyebutkan rem. Penting untuk menjaga jarak kedua rem yang menahan ban sepeda dengan benar. Apakah rem terlalu kencang atau terlalu longgar; kedua kasus tersebut terbukti sangat berbahaya. Rem harus dikencangkan berdasarkan kebutuhan dan gaya pribadi Anda. Jika Anda mendengar suara decitan dari rem, Anda harus segera mengganti bantalan rem. Suara melengking juga bisa menandakan kurangnya oli yang berarti Anda harus memperbaiki rem.