PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Berinvestasi Dalam Polis Asuransi Sepeda Motor

Otomotif  |  31 March 2022  |   271 Pengunjung

Berinvestasi Dalam Polis Asuransi Sepeda Motor

Otomotif  |  31 March 2022 Berinvestasi Dalam Polis Asuransi Sepeda Motor

Meningkatnya jumlah kendaraan roda dua di jalan-jalan Indonesia telah berkontribusi pada peningkatan lalu lintas di jalan-jalan, yang mengarah pada risiko kecelakaan yang lebih besar. Untuk menghindari risiko ini, pemerintah Indonesia telah mewajibkan semua pemilik kendaraan untuk membeli asuransi. Sebagai pemilik sepeda motor, Anda harus memastikan bahwa Anda berinvestasi dalam polis asuransi sepeda motor yang sangat baik. Tapi faktor apa yang menentukan biaya polis asuransi sepeda motor? Mari kita cari tahu di artikel ini.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Biaya Asuransi Kendaraan Roda Dua

Model Sepeda
Motor roda dua bergigi akan memiliki premi asuransi yang lebih rendah daripada motor sporty atau matic. Logikanya sederhana; semakin tinggi nilai berbagai bagian sepeda motor, semakin tinggi premi asuransi untuk sepeda motor tersebut.

Jenis Pertanggungan
Polis asuransi sepeda motor terdiri dari dua jenis – asuransi pihak ketiga dan asuransi komprehensif. Asuransi pihak ketiga mencakup kerusakan yang hanya terkait dengan pihak ketiga yang terlibat dalam kecelakaan. Polis komprehensif menangani pihak ketiga dan insiden lain yang mencakup bencana alam dan tindakan manusia seperti pencurian, perampokan, dll. Karena polis komprehensif menawarkan lebih banyak, biaya polis asuransi sepeda motor dari polis tersebut relatif lebih tinggi.

Pertanggunan Tambahan
Pertanggungan tambahan adalah fitur asuransi tambahan yang dapat Anda tambahkan ke biaya polis asuransi sepeda motor yang ada. Contohnya termasuk depresiasi nol, perlindungan mesin, bantuan pinggir jalan, dll. Pengaya ini memberi Anda lebih banyak cakupan daripada polis asuransi standar Anda. Asuransi untuk kenaikan harga sepeda motor dengan pengaya ini.

Modifikasi
Meskipun memodifikasi bagian-bagian sepeda Anda dapat meningkatkan penampilan sepeda Anda, hal itu menghasilkan biaya polis asuransi sepeda yang lebih tinggi untuk menutupi biaya suku cadang ini. Semakin banyak modifikasi yang Anda lakukan pada kendaraan Anda, semakin banyak pembayaran premi Anda akan meningkat.

Letak Geografis
Jika Anda tinggal di kota metropolitan atau perkotaan, biaya asuransi akan lebih tinggi daripada kota kecil atau daerah pedesaan. Karena kepadatan lalu lintas lebih tinggi di metro, hal ini meningkatkan faktor risiko sepeda, yang berarti Anda harus membayar asuransi yang lebih tinggi untuk harga sepeda.

Nilai Tertanggung Sepeda Motor
Nilai sepeda motor mulai terdepresiasi seiring bertambahnya usia sepeda motor tersebut. Penyusutan juga mempengaruhi nilai yang dinyatakan tertanggung dari sepeda motor, yang berkurang setiap tahun. 

Dimensi Kendaraan Roda Dua
Kapasitas dimensi roda dua adalah kapasitas sepeda motor untuk membawa berat penumpang dan barang bawaan. Semakin tinggi kapasitas dimensi sepeda motor, semakin tinggi biaya premi.

Meskipun faktor-faktor di atas dapat mempengaruhi biaya polis asuransi kendaraan roda dua Anda, perlu dicatat bahwa Anda dapat mengurangi premi asuransi Anda. Misalnya, Anda dapat menginstal perangkat anti-pencurian, tidak mengajukan klaim kecuali diperlukan dan hanya membeli pengendara tambahan yang penting. Anda bisa menghubungi ASURANSIKU.id sebagai penyedia asuransi kendaraan roda dua terbaik.