PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Asuransi Hari Tua dan Reksadana, Mana yang Lebih Tepat untuk Pensiun?

Umum  |  22 March 2022  |   246 Pengunjung

Asuransi Hari Tua dan Reksadana, Mana yang Lebih Tepat untuk Pensiun?

Umum  |  22 March 2022 Asuransi Hari Tua dan Reksadana, Mana yang Lebih Tepat untuk Pensiun?

Ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan saat pensiun. Meski sebenarnya waktu pensiun tergolong lama, namun Anda perlu mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Namun, Anda bisa sedikit bingung dalam menentukan dana pensiun Anda, apakah melalui asuransi pensiun atau menggunakan dana. Apa pro dan kontra? Jadi mana yang tepat untuk Anda? Lihat ulasannya di bawah ini.

Apakah jaminan hari tua itu?

Asuransi hari tua sebenarnya banyak dipilih sebagai dana pensiun. Di Indonesia, jaminan hari tua khusus untuk dana pensiun biasa dikenal dengan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Asuransi ini biasanya dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa. Sumber dana DPLK ini dipotong setiap bulan dari dana pensiun. Namun, DPLK ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah beberapa keuntungan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Jaminan Hari Tua

Jika berbicara tentang manfaat DPLK ini, salah satunya adalah proses dan pelaksanaannya yang lebih mudah. Selain itu, anggota yang ingin mengikuti program DPLK tidak boleh melakukan pra-registrasi. Karena perusahaan akan segera mendaftarkan Anda. Anda dapat menunda pajak karena didukung oleh negara.

Kerentanan Jaminan Hari Tua

Selain itu, DPLK ini juga memiliki kelemahan. Ini termasuk dana yang sudah Anda miliki yang tidak dapat ditarik sepenuhnya. Misalnya, jika Anda memiliki dana pensiun sebesar Rp 1 miliar. Anda hanya bisa mendapatkan uang tunai Rp 300.000. Sementara itu, sisa Rp 700 juta akan dibayarkan sebagai anuitas atau manfaat pensiun bulanan.

Dana modal untuk investasi hari tua

Selain jaminan hari tua seperti DPLK, konsorsium investasi merupakan konsorsium investasi yang dapat dipilih. Keuntungan reksa dana sebagai dana pensiun adalah Anda dapat menggunakan dana yang Anda miliki setiap saat. Dengan catatan, reksa dana akan cukup untuk kebutuhan pensiun Anda. Termasuk berapa banyak uang yang akan Anda ambil. Selain itu, kontribusi dana yang dibutuhkan reksa dana dapat dilakukan secara sukarela. Namun, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan perusahaan sekuritas yang menyediakan reksa dana tersebut.

Namun, Anda harus bersabar, karena prosesnya cukup lama dan Anda harus mendaftarkannya ke perusahaan investasi terlebih dahulu. Atau Anda bisa pergi ke broker reksa dana untuk mendapatkannya. Selain itu, pajak yang ada tidak dapat ditangguhkan.

Mana yang lebih baik?

Jadi mana yang lebih baik untuk dipilih antara asuransi hari tua dan dana? Kedua jenis dana pensiun ini memiliki keunggulan masing-masing. Tetapi memilih yang terbaik melibatkan pengambilan risiko yang akan Anda hadapi. Selain untuk memastikan kebutuhan yang diperlukan saat pensiun nanti. Jika Anda menginginkan uang tunai yang bernilai baik dan dapat memperoleh pengembalian yang tinggi. Reksa dana adalah pilihan yang tepat.

Selain itu, kini semakin mudah bagi Anda untuk memilih dana terbaik dalam sebuah aplikasi. Namun, beberapa persyaratan harus dipertimbangkan. Salah satu yang terpenting adalah pernyataan legitimasi tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini akan memudahkan Anda untuk berinvestasi di dana pensiun.

Salah satunya yaitu Anda bisa dengan mudah membeli reksa dana di Xdana. Dengan berbagai macam fasilitas yang ditawarkan oleh pihak asuransi, Anda juga bisa memiliki reksa dana sesuai kebutuhan Anda. Klik disini untuk informasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat dan jangan sampai Anda salah pilih ya sobat!