PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu!

Otomotif  |  25 January 2022  |   187 Pengunjung

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu!

Otomotif  |  25 January 2022 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu!

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu!

Tidak semudah yang Anda pikirkan karena Anda harus melalui proses yang benar. Ada banyak keuntungan membeli mobil bekas dibandingkan dengan yang baru. Salah satunya adalah Anda dapat langsung menggunakannya. Dan bagusnya lagi, harga jual mobil bekas pasti murah, jadi nggak perlu khawatir pajaknya tinggi. Hal ini karena ada kemungkinan pajak tahunan akan berkurang tergantung berapa banyak pajak yang termasuk dalam mobil baru setiap tahunnya.

Membeli mobil bekas bisa jadi pilihan daripada mobil baru dengan harga lebih tinggi, terutama bagi mereka yang tidak punya banyak uang untuk ditabung. Tapi apakah benar ingin membeli mobil bekas dalam kondisi seperti sekarang?

 Ini dapat menghemat uang Anda, tetapi Anda harus menyadari bahwa ada beberapa masalah dengan membeli mobil bekas. Tentu saja, Anda perlu berhati-hati saat membeli mobil bekas. Jika Anda terburu-buru untuk membeli, Anda mungkin akan mengalami kerugian di masa depan. Apalagi bagi yang belum terbiasa memilih mobil bekas untuk pemula atau cara mengecek mesin mobil bekas itu sendiri.  hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas

Tujuannya bukan untuk menjaga keuangan Anda tetap aman. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas paling aman.

 1. sesuai anggaran Anda

Sebelum memilih mobil bekas yang ingin Anda beli, tips pertama untuk membeli mobil bekas dengan transmisi otomatis atau manual adalah dengan mengetahui berapa harga mobil yang ingin Anda beli nantinya. Ini akan memungkinkan Anda untuk merencanakan pembayaran Anda dari awal dan tidak akan mempengaruhi keuangan Anda di masa depan.

 2. Lakukan survei pra-pembelian langsung

Tips paling penting saat membeli mobil bekas secara online adalah dengan melakukan survei di situs tersebut. Anda dapat melakukan survei lokasi untuk dealer offline. Hal ini membuat lebih mudah untuk membeli mobil bekas berkualitas tinggi. Di sisi lain, jika Anda memeriksa ketersediaan stok hanya melalui situs web atau online, kemungkinan penipuan kondisi kendaraan tinggi. Untuk itu, disarankan untuk mengecek ketersediaan kendaraan secara online atau offline.

 3. Periksa siapa penjualnya sebelum berdagang.

Pembeli mobil bekas umumnya lebih baik mencari dengan sabar dan cermat, namun mereka cenderung tidak sabar dan terburu-buru mencari kendaraan yang dituju. Hal ini untuk memastikan bahwa pembeli menerima mobil bekas yang sehat dan kelas satu. Selain itu, pembeli harus mengetahui identitas penjual sebelum melakukan transaksi. Hal ini karena ada kemungkinan penipuan, terlepas dari suap atau kejahatan lainnya.  Jika menurut Anda cocok untuk kendaraan target

Kami sarankan Anda menjalin hubungan dengan penjual dan memeriksa isi kendaraan yang Anda cari. Hal ini dikarenakan ada mobil yang dijual dengan cara menitipkan di dealer. Jadi periksa dan periksa mengapa mobil ini dijual dan mengapa dijual sebagai jaminan. Banyak orang bahkan bernegosiasi langsung dengan penjualnya. Namun, kami menyarankan Anda untuk melihat terlebih dahulu mobil yang Anda cari dan kemudian melakukan penawaran.

 4. Tindakan pencegahan saat membeli mobil bekas, periksa kondisi eksterior kendaraan

 Bodi dan eksteriornya yang perlu verifikasi tambahan begitu juga dengan penjualnya. Setiap komponen tubuh perlu diperhatikan agar tetap terlihat bagus dan berfungsi dengan baik. Jangan lupa perhatikan juga bekas perbaikan atau kualitas gambar yang tidak rata. Pastikan semua komponen bodi masih dalam kondisi sempurna. Detail lain yang sering diabaikan adalah pemeriksaan kelonggaran di dalam bodi dan kondisi ruang mesin dan lantai mobil.

5. Periksa kondisi semua aksesoris dan interior mobil.

Selanjutnya saat melakukan pengecekan kondisi kendaraan dimulai dengan pengecekan bagian dalam kendaraan terlebih dahulu. Ada banyak komponen internal yang perlu diuji fungsionalitasnya. Misalnya, AC, sistem audio, dan sakelar lampu. Anda juga harus memastikan bahwa semua fungsi, terutama fitur keselamatan seperti sabuk pengaman, berfungsi dengan baik.

Kemudian perhatikan juga kondisi di dalam mobil. Duduk di jok depan dan belakang dan jika masih nyaman, periksa kondisi dashboard, plafon dan karpet. Perhatikan juga bau di dalam ruangan. Apakah berbau apek? Jika iya, bisa jadi ini pertanda mobil Anda terendam.