PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Mencegah Rumah Kebakaran

Properti  |  29 December 2021  |   173 Pengunjung

Mencegah Rumah Kebakaran

Properti  |  29 December 2021 Mencegah Rumah Kebakaran

Meskipun bangunan gedung yang telah terlindungi perangkat pencegah dan peringatan kebakaran seperti hidran, alarm, APAR (alat pemadam api ringan) bahkan sprinkler, meski begitu, di bangunan rumah tinggal juga membutuhkan perlengkapan penanggulangan dan pencegahan kebakaran.

Sebagaimana data yang didapat dari dinas pemadam kebakaran, bahwa alat rumah tangga berupa kompor beserta aliran listrik, adalah hal yang paling sering menjadi penyebab kebakaran, bahkan bagi pemilik usaha yang memakai kompor gas, juga di perlukan kewaspadaan risiko kebakaran.

Perhatikan tips untuk mencegah rumah atau tempat usaha mengalami kebakaran :

  • Tidak menyalakan lilin tanpa pengawasan atau meletakkan lilin di dekat bahan yang mudah terbakar seperti buku, tirai, selimut, dsb
  • Selalu mengecek apakah kompor gas telah dimatikan sebelum meninggalkan rumah
  • Mengecek kondisi kabel listrik untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan karena kulit kabel terkelupas. Pasang pelindung kabel jika di rumah ada hewan peliharaan agar tidak digigit
  • Jangan meletakkan kabel di bawah karpet karena materialnya mudah terbakar
  • Hindari memasang terlalu banyak perangkat elektronik di dalam satu kabel extension

Selain 5 hal diatas, cara terbaik melindungi rumah atau tempat usaha dari berbagai alat dan pencegahan serta penanggulangan kebakaran, yaitu :

Smoke Detector

Teknologi yang dirancang untuk deteksi asap, dengan fotolistrik dan asap ionisasi, dimana detektor asap fotolistrik bekerja dengan cahaya yang dapat mendeteksi asap.

Hal ini adalah langkah awal untuk antisipasi kebakaran, karena bila terdapat asap yang mencurigakan, smoke detector akan membunyikan alarm untukĀ  memperingatkan penjaga atau pemilik bangunan, terkadang juga memunculkan notifikasi di smartphone

Karung Pemadam

Untuk api yang disebabkan oleh kebakaran kecil seperti kompor ataupun korslet yang menyambar kain, dapat menggunakan fire blanket, atau karung pemadam api, terbuat dari material fiberglass dengan packing PVC soft bag.

Bahkan karung ini mampu memadamkan api yang mencapai kepanasan 550 derajat celcius, dengan rata-rata ukuran kain selebar 15x18cm.

Menyediakan APAR

Seperti yang tertulis diatas, yaitu memakai alat pemadam api ringan yang selalu tersedia di pojokan ruangan, alat ini amat bermanfaat, khususnya untuk kebakaran yang terjadi karena arus pendek listrik.

Hal yang paling sulit di prediksi namun tidak bisa dihindarkan, yaitu kebakaran, bahkan dapat mengancam kerugian materil yang amat besar kerugiannya, agar apabila terjadi hal kebakaran yang tidak diinginkan dan tidak merugikan keuangan, maka amat di perlukan asuransi kebakaran untuk properti anda.(Arm)