PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Memahami marketing komunikasi


Bisnis  |  25 June 2022  |   1105 Pengunjung

Memahami marketing komunikasi

Bisnis  |  25 June 2022 Memahami marketing komunikasi

Sedang heboh kasus yang tidak semestinya terjadi, promosi atau marketing campaign sebuah bar yang menjual minuman beralkohol namun mention dua nama yang me representasikan dua Agama besar di negara ini, hal tersebut memang tak elok, padahal dalam kaidah ilmu marketing komunikasi sudah di tetapkan dan ada standarnya, apa saja ?

Target pasar
Hal yang paling utama adalah menentukan target market sebagai calon konsumen yang disasar untuk membeli produk atau menggunakan layanan jasa yang ditawarkan perusahaanmu, untuk mengetahuinya,  lakukan riset terkait segmentasi pasar beserta karakternya. 

Terpenting, pertimbangkan juga sisi demografis, geografis, sosiokultural, hingga psikografis dari target market yang kamu sasar. Karena seluruh faktor ini akan sangat berpengaruh, semisal jika produk/ layanan yang disediakan olehmu menyasar pembeli dengan status ekonomi high range, maka pastikan pula produkmu menyediakan nilai pelayanan atau keunggulan yang setara dengan harga jualnya. 

Karena dengan mengenali target pasar, tentu kamu tidak akan mengulang kecerobohan dalam kasus ini dari perusahaan yang sedang viral tersebut dengan tidak menawarkan minuman yang tidak seharusnya dengan nama orang-orang yang identik dengan agama bukan ?

Buat Style Bahasa
Penyesuaian bahasa serta gaya komunikasi memegang peranan penting lantaran kedua hal ini dapat menyentuh dan mengesankan sisi emosi calon pelanggan, kamu juga perlu mencocokkan  pesanmu agar sesuai dengan kebutuhan sasaran pemasaranmu.

Komunikasi Digital
Supaya komunikasi pemasaranmu efektif dan efisien, setidaknya bekali diri dengan kemampuan mendasar namun crucial di ranah komunikasi nonverbal, social skill (mencakup kepekaan serta  empati yang tinggi), public speaking, penulisan (mencakup blog, advertising, SEO di internet), dan tak ketinggalan desain grafis.

Komunikasi pemasaran yang efektif dapat meningkatkan jumlah penjualan produk, dimana sebagai hasil akhirnya, peningkatan penjualan tersebut dapat mendongkrak pemasukan laba bagi  pemilik usaha, apabila kamu memberikan pelayanan terbaik dan paham betul apa yang dibutuhkan konsumen, maka kamu bisa menciptakan produk/ layanan yang menjadi solusi praktis nan efektif. 

Hasilnya, konsumen pun jadi terpuaskan setelah membeli dan menggunakan produk ataupun layananmu.

Contoh paling umum adalah seperti strategi marketing communication bisa dilakukan dengan memberikan sampel produk atau uji coba gratis sebuah layanan (sales promotion), pelanggan  diberikan rasa ketergantungan untuk mencoba menggunakan layanan atau produkmu agar mereka mengetahui nilai keunggulannya.

Contoh dalam produk digital adalah layanan streaming musik yang besar seperti Spotify telah mempraktikkan strategi marketing communication ini, demikian juga dengan platform berbagi video YouTube music yang mengizinkan pengguna mencoba layanan premium secara gratis untuk kemudian berlangganan dengan tarif tertentu.

Feedback
Mendapatkan feedback dengan meminta dari para customer ataupun meminta ulasan, tentu akan membuat konsumen merasa dilibatkan dan diajak berkembang dalam bisnis kamu, karena kamu menunjukkan kepada mereka bahwa pendapat mereka penting, masukan yang kamu terima dapat membantu kamu meningkatkan layanan, membedakan lini produk, dan melayani kebutuhan pelanggan kamu dengan lebih baik.

Marketing komunikasi ditetapkan bukan tanpa alasan, tujuannya adalah mencegah hal-hal seperti yang sedang viral ini agar tidak terjadi, tetap menjelaskan sebuah promosi dari sebuah bisnis akan produknya, namun tetap menyampaikan ide kreatif dan kalimat bersifat ajakan dari promosi tersebut.

Storytelling hingga softselling sangatlah dianjurkan dalam menjalankan marketing campaign, karenanya memberikan solusi dalam komunikasi dan menawarkan suatu produk adalah hal yang  paling mudah diterima oleh calon pelanggan, berbisnis adalah hal yang menyenangkan, bahkan banyak pihak yang mendukung kegiatan ini, seperti asuransi properti untuk pebisnis yang memberikan manfaat perlindungan.

Bagi properti dari bisnis yang berjalan, agar menghindarkan kerugian material akibat kerusakan bangunan properti dari elemen bisnis yang berjalan, asuransi gedung untuk bisnis sangatlah  terjangkau harganya, dan banyak juga variasi tambahan jaminan perlindungannya, untuk selengkapnya dapat mengunjungi produk dari situs ASURANSIKU.id ini.(Arm)