PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Asuransi Motor: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya


Otomotif  |  11 February 2022  |   1373 Pengunjung

Asuransi Motor: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Otomotif  |  11 February 2022 Asuransi Motor: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Asuransi Motor: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Pernah dengar istilah asuransi kendaraan bermotor? Jumlah kendaraan bermotor semakin hari semakin banyak dan membuat jalan raya semakin padat serta sesak. Hal ini tentunya menyebabkan berbagai macam risiko, mulai dari risiko kecelakaan, pencurian, bencana alam, dan sebagainya. Hal tersebut membuat perusahaan asuransi berlomba-lomba mengeluarkan produk asuransi untuk kendaraan bermotor. Lalu sebenarnya, apa itu asuransi kendaraan bermotor? Apa saja jenis dan manfaatnya yang tersedia?

Apa itu asuransi sepeda motor?

Sederhananya, asuransi mobil adalah pertanggungan atas kerusakan atau kehilangan mobil Anda. Asuransi mobil adalah kerusakan yang disebabkan oleh sepeda motor itu sendiri dengan tanggung jawab kepada pihak lain atas kerusakan yang disebabkan saat menggunakan sepeda motor. Kehilangan asuransi sepeda motor dapat mengalihkan risiko kerugian atau kerusakan finansial kepada perusahaan asuransi.

Jenis Asuransi Motor

Perusahaan asuransi sepeda motor memberikan perlindungan tidak terbatas hanya pada satu kejadian saja. Setidaknya terdapat dua kategori yang mencakup asuransi sepeda motor yakni:

1. Comprehensive atau Gabungan

Jenis pertanggungan yang pertama yakni All risk atau Comprehensive yang hampir menanggung semua risiko yang terjadi, walau terdapat beberapa pengecualian. Disebut gabungan atau Comprehensive karena jenis ini menawarkan jaminan pertanggungan terhadap pihak lain atau pihak ke 3. Perusahaan asuransi tersebut akan menanggung segala kerusakan atau kerugian akibat goresan, penyok dan kehilangan suku cadang sepeda motor hingga kerugian total.

2. Hanya TLO atau Total Loss Only

Total Loss Only Guarantee tetap menggunakan klausul risiko yang sama dengan Comprehensive Coverage, namun kerugian yang ditanggung hanya jika total kerugian melebihi 75% dari nilai pasar kendaraan sepeda motor. Tentu saja, asuransi kerugian penuh lebih murah daripada asuransi penuh karena hanya dapat diganti jika terjadinya kerusakan atau kehilangan yang serius. Biasanya jumlah premi sampai dengan 50 atau kurang dari premi jenis kompleks.

Apa kelebihan dan kekurangan asuransi sepeda motor

Semua pemilik kendaraan tentu berisiko mengalami kerugian, tabrakan, atau berbagai barang tak diinginkan lainnya akibat padatnya lalu lintas atau tingginya angka kriminalitas di ibu kota. Salah satu langkah untuk meminimalkan risiko kehilangan, kehilangan atau kecelakaan adalah asuransi mobil. Agar lebih jelas, pikirkan keuntungan menggunakan asuransi sepeda motor.

1. Memberikan perlindungan

Asuransi kendaraan dapat melindungi pemilik kendaraan dari kerugian akibat kejadian yang tidak terduga. Pada umumnya kerugian yang diakibatkan dapat berupa kerugian karena pencurian, kerusakan karena tertabrak, dll.

2. Penghematan Biaya

Biaya perbaikan kendaraan yang rusak akibat kecelakaan tentu tidak sedikit. Dengan menggunakan asuransi, tertanggung tidak menanggung total biaya yang dikeluarkan, sehingga perencanaan keuangan tidak terganggu.

3. Memberikan rasa stabilitas

Manfaat lain dari asuransi kehilangan sepeda motor adalah memberikan rasa aman bagi pemiliknya. Pemegang polis tidak perlu khawatir jika kendaraannya rusak atau hilang karena sudah ditanggung oleh asuransi. Namun, pengemudi harus berhati-hati dan waspada saat mengemudikan kendaraan.

4. Proteksi berlebihan

Beberapa jenis asuransi kendaraan memberikan perlindungan tambahan selain perbaikan (asuransi risiko penuh) atau penggantian perakitan kendaraan (asuransi TLO). Ini mungkin dalam bentuk memberikan bantuan hukum kepada pihak ketiga, layanan asuransi jiwa, dll. Tentunya hal ini dapat memberikan manfaat lebih bagi pengguna jasa asuransi.

5. Mendapatkan Layanan Tambahan

Pemegang polis asuransi kendaraan sepeda motor bisa mendapatkan layanan tambahan seperti fasilitas hotline 24 jam dan derek mobil. Layanan sepeda motor pengganti bermanfaat bila sepeda motor yang diasuransikan sedang dalam proses perbaikan di bengkel. Jadi aktifitas keseharian kamu tidak terganggu.