PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Asupan Berbahaya Minuman Bersoda


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  14 June 2023  |   851 Pengunjung

Asupan Berbahaya Minuman Bersoda

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  14 June 2023 Asupan Berbahaya Minuman Bersoda

Meneguk yang bersoda-soda memang membuat pikiran adem dan segarkan badan. Namun Sahabat ASURANSIKU.id perlu hati-hati, ada ragam dampak buruk minuman bersoda yang wajib untuk diketahui.

Salah satunya penyakit gula atau diabetes, seperti yang dialami oleh Pemeran Atun dalam sinetron Si Doel, aktris Suti Karno. Adik si Doel ini mengaku di masa lalu setiap hari hampir ia meminum yang bersoda-soda tanpa diimbangi oleh asupan air putih.

Padahal, sejatinya minuman bersoda tak bisa menggantikan posisi air putih untuk mengusir dahaga. Kandungan gula serta zat-zat buatan yang lainnya pada minuman bersoda memang berbahaya.

Dikutip ASURANSIKU.id dari berbagai sumber, berikut dampak-dampak buruk bila konsumsi minuman bersoda terlalu sering.

1. Diabetes dan sindrom metabolik
Satu kaleng minuman soda dengan frekuensi yang sering bisa meningkatan risiko diabetes tipe 2. Kandungan gula dalam minuman bersoda tinggi, membuat pankreas mesti menghasilkan insulin lebih banyak agar melarutkan glukosa dari aliran darah. Kadar insulin menjadi meningkat karenanya hingga memicu kekebalan pada insulin.
Resistansi atau kekebalan insulin adalah penyebab utama sindrom metabolik yang menjadi penyebab diabetes tipe 2 serta penyakit jantung.

2. Merusak gigi
Minuman bersoda memiliki asam fosfat serta asam karbonat berlebih. Dua senyawa tersebut dapat meningkatkan asam pada area mulut yang mampu membuat gigi menjadi busuk. Kombinasi soda serta gula bisa membuat kerusakan gigi kian parah.

3. Merusak ginjal
Soda nusuh utama ginjal, terutama bila Sahabat ASURANSIKU.id adalah seorang wanita dengan hobi minum lebih dari sebotol minuman yang mengandung soda tiap harinya. Penurunan fungsi ginjal lebih besar ketimbang Sahabat ASURANSIKU.id yang tak mengonsumsi minuman bersoda.

4. Kesehatan hati terganggu
Organ hati berhubungan langsung dengan metabolisme gula yang dihasilkan oleh minuman bersoda. Pemanis utama pada soda, yaitu sirup jagung fruktosa tinggi disinyalir dapat meningkatkan produksi lemak dalam hati penikmatnya.

Hal ini artinya minum soda tiap hari bisa meningkatkan jumlah lemak di hati. Kondisi seperti ini memicu penyakit hati berlemak.

5. Membuat tulang rapuh
Selain gigi, soda berbahaya bagi kesehatan tulang. Risiko osteoporosis bisa terjadi bagi penikmat minuman bersoda yang berlebih.
Minuman-minuman bersoda yang beredar di masyarakat mengandung fosfor guna meningkatkan ekskresi kalsium pada urine. Yang berbahaya dalam minuman bersoda ada kandungan kafein, yang bisa membuat gangguan penyerapan kalsium bagi tubuh. Ini tentu membuat pengeroposan tulang terjadi bila frekuensi minumnya terlalu sering.

6. Dehidrasi
Fungsi minuman yang mestinya menghidrasi tak berlaku untuk minuman bersoda. Masalahnya, minuman bersoda malah menimbulkan dehidrasi.
Kafein pada kandunganminuman bersoda memiliki sifat diuretik, yang membuat Sahabat ASURANSIKU.id jadi sering buang air kecil. Kondisi ini bisa mengeluarkan banyak air dari tubuh tanpa ada penggantinya 

7. Risiko stroke dan penyakit jantung
Satu porsi harian minuman bersoda dapat meningkatkan 16 persen risiko sakit jantung. Hal yang sama berlaku juga bagi soda diet. Semua jenis minuman yang mengandung soda juga dapat meningkatkan risiko penyakit stroke.

8. Meningkatkan risiko kanker
Minuman bersoda berhubungan erat juga dengan risiko kanker. Kanker pankreas bisa terjadi akibat minum soda. Minuman soda juga berisiko bagi perempuan pascamenopause, dapat menderita kanker lapisan dalam rahim.

9. Meningkatkan risiko asam urat
Asam urat merupakan kondisi medis yang ditandai rasa nyeri pada persendian. Asam urat sering menyerang jempol kaki. Asam urat terjadi biasanya swaktu kadar asam urat dalam darah tinggi kemudain menumpuk dan membentuk kristal.

10. Meningkatkan risiko demensia
Peningkatan gula darah yang bertahap bisa meningkatkan risiko demensia. Semakin tinggi kadar gula darah, maka risiko demensia juga sangat parah.