PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  20 September 2021  |   152 Pengunjung

Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  20 September 2021 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Seringkali kita mendapati situasi dimana rasa tidak percaya diri di saat-saat tertentu, meski tergolong wajar dan setiap orang pasti mengalaminya, baik itu yang berkepribadian extrovert ataupun introvert.

Meski begitu tidak seharusnya kita terbawa arus dan makin membiarkan perasaan ini mendominasi karakter kita, karena bisa saja menghalangi diri untuk  berkembang atau tidak membiarkan diri mendapat kesempatan untuk lebih baik.

Yang pernah terjadi memang tidak bisa diubah, meski begitu dapat di jadikan pelajaran  untuk kedepannya agar pengalaman buruk masa lalu tida terulang, serta memanage mindset dan ekspektasi.

Agar percaya diri meningkat, terdapat beberapa cara yang memang tidak instan dan sulit di jalani, meski secara pelan tapi pasti, cara-cara ini dapat di terapkan agar percaya diri meningkat.

Positif Thinking

Pola pikir positif akan mengajarkan kita untuk berprasangka baik terhadap segala situasi, apapun yang kita alami, sehingga kita pikiran ini akan membuat kita semakin percaya terhadap kemampuan diri.

Know Yourself

Hadits Nabi menyebut "Man arafa nafsahu faqad arafa Rabbahu". Yang artinya: "Barangsiapa mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya." sehingga  menjadi kata kiasan dan dibenarkan beberapa kalangan, karena dengan mengenal dan mengukur diri, kita semakin sadar siapa dan kapasitas kita ini apa, agar terus memperbaiki kekurangan diri, jika mengikuti pepatah barat, know your role, sedikit mirip, selain mengenali diri menyadari siapa diri kita adalah yang terutama.

Kerjakan Hal Yang Disukai

Menyukai yang dikerjakan atau mengerjakan hal yang disukai, adalah 2 pilihan yang berbeda,meski begitu 1 dari 2 hal ini dapat membuat kita menjadi seseorang yang paham siapa diri kita dan tau bagaimana kita meningkatkan kemampuan.

Jangan Bandingkan Diri 

Membandingkan diri dengan orang lain untuk kemajuan diri terkadang dibutuhkan untuk mengejar target yang tertinggal, namun tidak lantas apabila target tidak tercapai lalu menghukum diri dan menyesali hal yang tidak tercapai itu.

Jangan terus-menerus membandingkan dirimu dengan orang lain,karena versi terbaikmu dengan terbaik orang lain sangatlah berbeda, jadilah diri sendiri,jadilah yang terbaik sesuai versimu.

Bergaul Dengan orang Positif

Stay from negative people because they've always problem for every solution, kalimat bijak ini sangatlah benar, karena dalam hidup, kamu harus menjadi orang positif,bukan positif covid ya, tapi agar kamu juga menjadi pribadi yang baik, dan terus berkembang, karena ini adalah salah satu cara membuat kamu menjadi percaya diri.

Beberapa hal diatas seringkali disarankan oleh para ahli untuk membentuk kepribadian diri, baik itu motivator, guru spritiual, para ahli kejiwaan, hingga leader dari sebuah organisasi, karena cara tersebut juga efektif untuk pembentukan karakter.

Kesehatan jiwa dan spritiual amatlah penting di rawat dan dijaga, selain dengan cara tersebut, cara melindungi diri dengan asuransi kesehatan sangatlah dianjurkan.(Arm)