PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Mengatur Rencana Keuangan

Finansial  |  13 September 2021  |   60 Pengunjung

Mengatur Rencana Keuangan

Finansial  |  13 September 2021 Mengatur Rencana Keuangan

Dalam perencanaan keuangan, dibutuhkan pemahaman dan kecermatan bahwa tiap orang akan punya cara masing-masing untuk mencapai financial goalnya masing-masing, agar keuangan kedepannya lebih baik sebelum goal itu tercapai, tentukan dulu seberapa banyak, kapan dan cara agar mencapai keberhasilan finansialmu.

Rencana Jangka Pendek Menengah dan Panjang

Contoh, dalam 1 tahun ini kamu hendak berlibur ke Eropa dalam 1 tahun kedepan, pada saat berlibur itu, kamu merasa harus bisa membeli kamera dengan spek medium sehingga liburan kamu nantinya akan well documented, tentu kamu harus menghitung kembali, bagaimana nasib tabungan jangka panjangmu, karena disini kamu harus punya tabungan jangka pendek, ingat dalam 1 tahun, sedikitnya kamu harus bisa mengumpulkan uang 18 hingga 23 juta, sanggup ?

Dari semua targetmu ini, tentukan juga wishlistmu, lalu biaya pengeluaranmu tiap bulan, apakah kamu punya tanggungan ? ingat juga target dan strategimu.

Kebutuhan Dana

Setelah tahap awal sudah direncanakan, kira-kira kebutuhan dana mu dalam harian, akan ada pengeluaran apa saja? apa jangan-jangan kamu akan mengeluarkan uang tanpa terduga, semisal harus perbaiki mobil atau jangan-jangan di pertengahan nanti kamu akan sakit ? Let's say kamu akan baik-baik saja, tapi coba tengok, apakah kamu punya asuransi yang bisa mengcover itu semua, seperti asuransi kendaraan atau asuransi kesehatan ?

Target dan Strategi

Tenang, ini bukan tayangan militer yang pernah hype di era 2000 an dulu, hehehe tentukan target mu, bisakah dalam 1 tahun atau 1,5 tahun kedepan kamu mengumpulkan uang untuk berlibur ke Eropa ? jika 60% tidak bisa, bagaimana strateginya ? apakah di pending hingga 2 tahun mendatang ?

Jika tidak, apakah kamu bisa mendapatkan side hustle ? jika iya, bagaimaan caramu membagi waktu ? apakah sebanding dengan vitamin yang harus kamu konsumsi atau waktu istirahat dan olahraga mu yang semakin bekurang ? pikirkan lagi matang-matang ya.

Implementasi

Bagaimana implementasinya, bagaimana realisasinya ? pastikan semuanya masuk dalam to do list mu, action, jangan sampai ada yang terlewatkan, apakah kamu kewalahan ? jika iya, cari solusinya, karena hanya kamu yang tau kapasitas dirimu.

Evaluasi

Setelah semuanya kamu eksekusi dengan baik, mari coba evaluasi, apakah kira-kira untuk meng-eksekusi rencana liburanmu ke Eropa ini akan berjalan dengan lancar dari sisi rencana pengumpulan dana ? apakah nanti sepulang dari sana kamu masih punya uang atau malah akan banyak hutang ? pikirkan juga ya....

Perencanaan keuangan sangatlah tidak bisa diremehkan, karena apapun aksinya, butuh uang tentunya, dan dalam merencanakan tentu butuh niat dan realisasi, tidak hanya sekedar menjadi angan-angan, jujurlah pada diri sendiri, apakah dari bulan ke bulan performa mu dalam mewujudkan cita-citamu semakin naik atau semakin turun ? (Arm)