PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Persiapan packing ala Backpacker

Pariwisata  |  16 June 2022  |   78 Pengunjung

Persiapan packing ala Backpacker

Pariwisata  |  16 June 2022 Persiapan packing ala Backpacker

Jadi backpacker, atau berlibur secara backpacking cocok banget buat yang pengen jalan-jalan tapi budget nge pas, bagi beberapa orang, cara backpacker itu susah dan ribet, padahal gak susah-susah amat, kalau ribet sih wajar ya, karena memangkas ongkos yang seharusnya bisa jadi ongkos kenyamanan kamu selama berlibur, apa aja sih persiapannya ?.

Batasi budgetmu untuk liburan. Riset dengan baik. Tanya teman-temanmu seberapa besar biaya yang mereka keluarkan saat liburan ke tempat yang sama. Kalau sudah dapat infonya, kamu tentu bisa menghitung perkiraan biaya yang akan dikeluarkan.

Siapkan itinerary dengan baik. Mulai dari destinasi yang hendak dituju, angkutan umum yang digunakan, dan jumlah maksimal uang yang boleh dihabiskan. Jangan mudah tergoda dengan belanja atau jajanan supaya uangmu enggak cepat habis.

Bawa tas backpack jangan koper

Sesuai dengan namanya, backpacker, berarti kamu mesti membawa backpack alias tas punggung. Membawa tas ransel akan membuat kamu tak kesulitan untuk berpindah tempat saat traveling. Lagian, dengan membawa ransel akan membuat kamu berpikir ulang untuk membawa banyak barang. Soalnya kalau kebanyakan, kamu pasti bakal merasa kecapaian untuk jalan-jalan.

Bakal rajin jalan kaki
Buat backpacker, jalan kaki adalah hal yang wajib dilakukan. Karena, jalan kaki bisa menghemat pengeluaranmu untuk naik transportasi umum. Supaya perjalananmu terasa nyaman, usahakan kamu memakai alas kaki dengan sol tebal. Misalnya seperti sepatu lari atau sandal gunung. Sebelum traveling, kamu juga sebaiknya sering latihan jalan kaki jarak jauh biar enggak kaget waktu backpacking.

Hati-hati tapi tetap ramah
Bersikaplah ramah pada setiap orang. Mulai dari teman sehostel sampai warga lokal yang kamu temui saat traveling. Ramah dalam bersikap dan sopan dalam bertindak bisa buat kamu jadi lebih
aman, karena banyak orang yang melindungi kamu.

Tapi, tetap ingat untuk selalu hati-hati. Jangan terlalu ramah pada orang yang tak dikenal atau orang-orang yang terlihat memiliki gelagat yang kurang baik. Tajamkan intuisimu supaya tidak salah memilih teman.

Siapkan selalu makanan ringan dan minuman
Tips traveling berikutnya adalah membawa botol minum. Sebelum berangkat eksplorasi objek wisata yang dituju, kamu bisa mengisi botol minummu dengan air minum yang tersedia di hostel atau dari tap water. Selalu siapkan bekal makanan ringan kalau aja kamu banyak gerak dan lapar, pasti energimu berkurang, jadi gak ada salahnya stok makanan kecil di tas.

Menginap di Hostel
Dari pada nyewa satu kamar hotel untukmu sendiri dengan harga yang lebih mahal, lebih baik kamu menginap di hostel saja. Biayanya jauh lebih murah, karena kamu bisa berbagi ruangan dengan beberapa orang lainnya. Hostel juga terasa lebih murah karena segala sesuatunya self service. Mulai dari sarapan sampai mencuci piring, mesti kamu lakukan sendiri.

Cari tiket promo
Seluruh keputusan backpacker harus dilandasi dengan kata murah. Mau tiket pesawat atau akomodasi, semuanya harus murah. Karena itu, kamu harus rajin berburu tiket murah. Mulai dari mengikuti akun media sosial milik agen perjalanan sampai maskapai. Jangan malas untuk membandingkan harga tiket, dan tentunya, kamu harus punya niat begadang cuma buat dapetin tiket promo.

Kebiasaan warga lokal
Penduduk lokal biasanya lebih tahu alternatif transportasi yang lebih murah, serta makanan enak dengan harga terjangkau yang biasa mereka sambangi. Saat jadi backpacker, jangan ragu untuk bertemu penduduk lokal dan bertanya kebiasaan mereka. Dan ingat satu kata pepatah luhur, dimana Bumi dipijak, di situ Langit dijunjung.

Barang seperlunya
Jangan bawa banyak barang. Bawa pakaian yang penting-penting saja, dan usahakan pakaianmu punya warna yang netral. Supaya bisa mix and match baju kamu tanpa harus berusaha terlalu keras. Baca terms and conditions yang tertera di akomodasi yang kamu inapi. Kalau misalnya hostel tempatmu menginap menyediakan handuk, maka kamu enggak usah susah-susah bawa handuk sendiri.

Siapkan akomodasi dari jauh hari
Terakhir, lakukan pemesanan akomodasi jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Agaknya Sobat Asuransiku juga pasti paham ketika kita memesan tiket kereta atau penginapan jauh-jauh hari, harga yang diberikan akan lebih terjangkau.

Tips ini akan bermanfaaat untuk kamu yang benar-benar ingin menekan budget, kamu bisa berangkat backpacker-an dengan menghindari musim liburan. Selain tiket dan harga hotel akan jauh lebih murah, kamu juga akan mendapati banyak sekali objek dan tujuan wisata tidak terlalu ramai.

Untuk penginapan sendiri, ada baiknya kamu mencari referensi atau rekomendasi dari berbagai forum atau media sosial. Di sana, akan ditemukan banyak sekali hidden gem untuk kaum backpacker, sehingga kamu bisa mendapatkan tempat beristirahat yang tetap nyaman walaupun harganya terjangkau.

Aktivitas backpacker memang banyak diminati karena dapat membawa seseorang pergi berlibur ke tempat seru tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Namun, hal ini tetap harus direncanakan dengan baik agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat berlibur.

Satu tips kecil terakhir sebelum kamu mulai merencanakan aktivitas backpacking, adalah selalu kenakan pakaian yang nyaman saat di perjalanan. Pada akhirnya, backpacker adalah mengenai pengalaman berkunjung ke tempat baru, bukan melulu soal penampilan di tempat kamu berlibur. Tapi pulang dalam keadaan selamat adalah terpenting, maka siapkan juga asuransi perjalanan di setiap liburanmu.(Arm)