PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Legionella Si Biang Radang Paru-Paru Parah


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  24 July 2023  |   1032 Pengunjung

Legionella Si Biang Radang Paru-Paru Parah

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  24 July 2023 Legionella Si Biang Radang Paru-Paru Parah

Legionella adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi paru-paru termasuk penyakit Legionnaire, jenis pneumonia yang serius. Ini juga dapat menyebabkan demam Pontiac, infeksi yang lebih ringan.
Secara kolektif, penyakit ini dikenal sebagai legionellosis. Orang bisa mendapatkan salah satu penyakit ketika mereka menghirup tetesan kecil air di udara yang mengandung Legionella.

Sejarah
Legionella ditemukan pada tahun 1976 setelahnya 182 peserta Legiun Amerika konvensi jatuh sakit di BellevueStratford Hotel di Philadelphia. Dari kasus yang dilaporkan, 29 meninggal. Itu terpengaruh menderita jenis pneumonia yang tidak dapat dilakukan oleh dokter untuk menentukan penyebab dari. Setelah beberapa bulan penelitian, yang bertanggung jawab patogen akhirnya diidentifikasi pada Januari 1977. Penyakitnya menjadi dikenal sebagai penyakit Legiuner dan bakteri yang sebelumnya tidak dikenal akhirnya dinamai setelah penyakit. Menyusul ditemukannya Penyakit legiuner, tidak dapat dijelaskan wabah pernapasan parah penyakit yang terjadi pada tahun 1950-an dikaitkan dengan Legionella.

Kasus pertama Demam Pontiac terjadi pada tahun 1968 di antara orang-orang yang bekerja dan mengunjungi kota Pontiac, departemen kesehatan Michigan. Namun, itu tidak ditemukan sampai setelah wabah Legiuner 1976 di Philadelphia bahwa Legionella bakteri penyebab kedua penyakit tersebut.

Gejala Legionellosis dan Pengobatannya
Penyakit legiuner adalah bentuk yang parah pneumonia yang sering membutuhkan rawat inap. Gejalanya bisa meliputi onset akut penyakit pernapasan bawah disertai demam, batuk, sesak napas, menggigil, nyeri otot, dan sakit kepala.

Mual, muntah, dan diare dapat terjadi juga terjadi. Masa inkubasi adalah biasanya 2 sampai 14 hari setelah paparan (5-6 hari adalah yang paling umum). Dia diperkirakan bahwa penyakit Legiuner adalah penyebab 2 – 9% kasus pneumonia yang diperoleh di luar rumah sakit.

X-ray atau pemeriksaan fisik digunakan untuk memeriksa pneumonia. Seorang dokter mungkin juga memesan tes antigen urin dan kultur sputum untuk menentukan apakah infeksi disebabkan oleh Legionella.

Saat ini belum ada vaksin yang tersedia untuk penyakit Legiuner tapi itu dapat diobati dengan antibiotik. Paling orang yang sakit membutuhkan rumah sakit peduli tetapi membuat pemulihan penuh. Mungkin komplikasi penyakit Legiuner termasuk kegagalan paru-paru dan kematian. Tentang 10% orang sehat yang kena Penyakit legiuner akan mati karenanya omplikasi dari penyakit mereka. Itu tingkat kematian sekitar 25% untuk mereka dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya dan bagi mereka yang mendapatkan Legiuner selama tinggal di rumah sakit.

Diperkirakan penyakit Legiuner adalah penyebabnya 2 – 9% kasus pneumonia yang didapat dari luar sebuah rumah sakit. Legionella adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi paru-paru termasuk legiuner penyakit, jenis yang serius radang paru-paru.

Kebanyakan orang sehat yang terkena Legionella tidak sakit. Dalam wabah pengaturan, kurang dari 5% orang yang terpapar sumber wabah berkembang Penyakit Legionnaires. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko sakit meliputi:

• Usia 50 tahun atau lebih.

• Lebih dari 60% kasus melibatkan laki-laki.

• Merokok (saat ini dan sebelumnya).

• Penyakit paru-paru kronis seperti penyakit paru obstruktif atau emfisema.

• Dikompromikan atau melemah kekebalan tubuh sistem karena penyakit atau pengobatan.

• Penyakit yang mendasari seperti diabetes, gagal ginjal, gagal hati, atau kanker.

• Perjalanan baru-baru ini dengan menginap semalam. Perjalanan merupakan faktor risiko karena hotel, resor, dan kapal pesiar sering memilikinya sistem air yang besar dan kompleks dengan perangkat penghasil aerosol.
Lebih dari 20% Legiuner kasus penyakit antara individu yang telah melakukan perjalanan dalam waktu 2-10 hari kapan gejala dimulai.

• Perawatan terakhir di rumah sakit atau fasilitas kesehatan. Tujuh persen dari kasus penyakit Legiuner adalah antara individu yang telah tinggal semalaman di fasilitas kesehatan. 

• Paparan bak mandi air panas.

• Demam Pontiac lebih ringan, penyakit sembuh sendiri tanpa pneumonia. Gejala mungkin termasuk demam, menggigil, mialgia, malaise, sakit kepala, kelelahan, dan mual. Masa inkubasi mungkin serendah beberapa jam sampai 3 hari setelah paparan. Hingga 95% orang yang terpapar selama wabah demam Pontiac dapat mengalami gejala dari penyakit. Demam Pontiac umumnya sembuh dengan sendirinya - rawat inap jarang dan tingkat kematian sangat rendah.

Legionella juga dapat menyebabkan penyakit di luar paru-paru (legionellosis ekstrapulmoner). Contohnya termasuk endokarditis, infeksi luka, infeksi sendi, dan infeksi cangkok.

Penularan
Legionella paling sering ditularkan melalui penghirupan aerosol (kabut) air atau tanah yang terkontaminasi. Di paru-paru, sel kekebalan manusia yang disebut alveolar makrofag (sejenis darah putih sel) terlihat sangat mirip dengan Legionella protozoa. 

Ketika bakteri Legionella memasuki paru-paru manusia, itu menyerang dantumbuh di dalam makrofag alveolar, salah mengira mereka sebagai inang alami mereka.
Di dalam makrofag, Legionella bakteri berkembang biak, menyebabkan kematian makrofag. Setelah makrofag mati, bakteri dilepaskan dari sel mati dan menginfeksi lainnya makrofag.

Itu mungkin, tetapi kurang umum untuk orang menjadi sakit karena aspirasi air minum yang mengandung Legionella. Secara umum, penyakit Legiuner adalah tidak menular. Orang tidak menyebar Penyakit legiuner dan demam Pontiac kepada orang lain.