PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

7 Cara Merawat Hewan Peliharaan: Nyaman dan Aman!

Peternakan,Peliharaan dan Pertanian  |  03 February 2022  |   1347 Pengunjung

7 Cara Merawat Hewan Peliharaan: Nyaman dan Aman!

Peternakan,Peliharaan dan Pertanian  |  03 February 2022 7 Cara Merawat Hewan Peliharaan: Nyaman dan Aman!

7 Cara Merawat Hewan Peliharaan: Nyaman dan Aman!

Bagi sebagian orang, memiliki hewan peliharaan merupakan suatu hal yang begitu menyenangkan dan bisa menjadi salah satu solusi untuk mengusir rasa kesepian. Sebab, merawat hewan kesukaan dapat memberikan kepuasan batin dan menjadi teman yang menyenangkan selama berada di rumah.

Selain bisa membantu kita menghilangkan rasa penat dan stres, ternyata memiliki hewan peliharaan itu tidak semudah yang dibayangkan, lho. Terlebih kamu harus memastikan untuk merawat hewan peliharaan dengan benar agar hewan peliharaan kamu dapat tumbuh sehat, senang, nyaman, dan aman ketika berada di dekat kamu.

Maka, jika kamu tertarik untuk memelihara hewan peliharaan di rumah, sebaiknya ketahui terlebih dahulu cara merawat hewan peliharaan yang tepat. Lantas, bagaimanakah cara merawat hewan peliharaan dengan baik? Nah, mari kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara merawat hewan peliharaan dengan benar

Seringkali menurunkan keinginan mereka untuk memelihara hewan karena kebanyakan orang mempertimbangkan beberapa hal yang harus dihadapi, yang sering dianggap merepotkan. Namun, jika Anda adalah seseorang yang masih memiliki keinginan kuat untuk memiliki hewan peliharaan, penting untuk mengetahui cara merawat hewan peliharaan yang benar, antara lain:

1. Menyediakan kandang yang nyaman

Nah, cara pertama untuk merawat hewan peliharaan Anda adalah dengan menyediakannya kandang yang nyaman sebagai tempat tinggal. Pastikan kamu juga sudah mengetahui jenis kandang yang tepat, karena setiap hewan memiliki kriteria kandang yang berbedabeda. Misalnya seperti kandang untuk kucing biasanya dilengkapi alas tidur yang nyaman untuk beristirahat. Kamu bisa menggunakan alas tidur yang terbuat dari kain, selimut, handuk, dan lain sebagainya. Hal ini supaya bulu dari kucing tidak mudah rontok dan terserang serangga yang merugikan kucing tersebut seperti kutu.

2. Menyediakan makanan dan minuman yang sehat

Agar hewan peliharaan kesayangan Anda tumbuh sehat, Anda perlu memberi mereka makanan dan minuman yang sehat. Pada saat yang sama, Anda juga dapat menghindari masalah kesehatan, yaitu penyakit tertentu yang dapat datang ke hewan peliharaan Anda kapan saja. Jangan lupa untuk selalu mengganti makanan dan minumannya secara teratur. Ini karena makanan yang tertinggal di ruang makan dapat memicu penyebaran bakteri dan virus yang dapat menginfeksi hewan peliharaan.

3.  Kotoran hewan yang benar-benar bersih

Tumpukan debu dapat menyebabkan penyakit yang dapat membahayakan kesehatan hewan peliharaan Anda. Jadi, untuk menjaga kebersihan hewan, Anda perlu memastikan tidak ada tumpukan sisa makanan atau kotoran yang tertinggal. Ajari hewan peliharaan ke toilet di area yang ditentukan jika perlu. Cara ini memudahkan dalam membersihkan debu dan kandang bekas.

4. Melakukan Vaksinasi

Selain memberikan asupan bernutrisi yang tepat, kamu juga harus memastikan kondisi kesehatannya dengan cara pemberian vaksin yang dilakukan secara rutin. Kamu juga harus memeriksakan kondisi hewan peliharaan ke dokter terdekat untuk mendeteksi sejak dini apabila terjadi gangguan atau masalah kesehatan. Selain itu, pemberian vaksin juga dapat mencegah risiko gangguan kesehatan bahkan kematian yang disebabkan oleh bakteri maupun virus.

5. Menyediakan Tempat di Luar Kandang

Sebagaimana makhluk hidup lain pada umumnya, seekor hewan juga membutuhkan kebebasan seperti aktivitas di luar kandang. Ini juga bertujuan untuk mengurangi tingkat stres hewan, karena sering dikurung di kandang sepanjang waktu. Jadi Anda bisa mulai memberi mereka ruang lain di luar kandang sehingga mereka bisa bermain bebas di dalam gedung. Sediakan juga perlengkapan seperti tempat tidur, mainan, atau makanan di luar kandang agar hewan peliharaan Anda bisa bermain dengan nyaman.

6. Komunikasi Secara Intensif

Pernahkah Anda melihat hewan peliharaan yang aktif dan mencintai pemiliknya? Hal ini bisa didapatkan dengan cara melakukan komunikasi secara intensif untuk membangun ikatan antara pemilik dengan hewan peliharaan kesayangan. Kamu bisa mengajaknya bicara, menyentuhnya, hingga menggendongnya. Cara ini bisa dianggap efektif untuk mendapatkan ketenangan batin sang hewan peliharaan dan merangsang pertumbuhannya.

7. Jaga Kebersihan Rumah

Tidak hanya kebersihan dan kesehatannya saja yang perlu diperhatikan, rumah pemiliknya pun juga tetap harus bersih, nyaman, dan aman dari kuman maupun penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa kesehatan manusia juga dapat mempengaruhi kondisi fisik dan kesehatan hewan. Jadi jangan malas dan lakukan pekerjaan yang baik membersihkan rumah, oke?