PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Budidaya Ikan Hias Air Tawar


Peternakan,Peliharaan dan Pertanian  |  02 March 2022  |   1512 Pengunjung

Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Peternakan,Peliharaan dan Pertanian  |  02 March 2022 Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Jika anda baru belajar budidaya ikan, cobalah beternak ikan hias air tawar terlebih dahulu. Proses beternak ikan air tawar jauh lebih mudah karena ikan air tawar tidak membutuhkan air dengan kondisi atau kadar garam tertentu, sehingga ikan dapat hidup dengan baik. tidak hanya itu saja anda juga bisa beternak ikan di akuarium air tawar hanya dengan akuarium tersebut. Sehingga tidak memakan banyak tempat.

Untuk anda yang beternak ikan hias air tawar di rumah, berikut langkah-langkah budidaya yang bisa anda lakukan dengan mudah:

1. Menyiapkan kandang pembiakan

Dalam proses pemuliaan, tempat pemuliaan yang baik sangat penting untuk keberhasilan operasi pemuliaan Anda. Seperti halnya ikan akuarium, Anda membutuhkan tangki pembiakan yang baik, seperti kolam besar dengan air, agar ikan dapat tumbuh secara optimal tanpa harus mengeluarkan biaya.

Karena Anda seorang pemula dan tidak berpengalaman, hindari pembelian yang mahal, karena harga yang tinggi tidak akan mempengaruhi hasil akhir pembiakan Anda. Jika memungkinkan, gunakan wadah yang Anda miliki agar bermanfaat dan tidak mubazir. Pastikan wadah tidak bocor dan tidak merusak air.

2. Penyesuaian Wadah akuarium dengan Ikan

Setelah Anda menemukan akuarium atau lokasi akuarium yang tepat, Anda dapat memilih jenis ikan hias sesuai dengan kriteria dan ukuran akuarium. Hindari pembiakan ikan hias yang terlalu besar dan gunakan wadah yang lebih kecil. Karena ikan mungkin sulit berenang dan cepat mati.

Juga sesuaikan parameter air, suhu air, keasaman atau tingkat pH air agar sesuai dengan spesies ikan yang ingin Anda pelihara. Air juga harus terbuka sepanjang hari sehingga gas berbahaya lainnya dapat hilang ke dalam air dan ikan dapat hidup normal.

3. Memilih potensi Indukan dan proses pemijahan

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk membudidayakan ikan hias adalah memilih tanaman pemijahan potensial yang cocok untuk ikan hias. Pilih ikan yang sudah dewasa dan siap untuk diberi makan. Cara mengetahui apakah ikan anda sudah dewasa adalah anda bisa memijat sedikit alat kelamin jantan dan betina untuk mengeluarkan sperma dan sel telur.

Perhatikan baik-baik kondisi induk ikan, dan hindari memilih calon induk yang cacat dan bermasalah dengan tubuhnya. Ikan yang sehat akan memberikan keturunan yang baik kepada keturunannya dan tidak akan terserang penyakit. Ikan juga hidup lebih lama dan kurang rentan terhadap penyakit.

Salah satu perbedaan antara ikan hias dan ikan air tawar biasa adalah tidak semua ikan hias dapat berkembang biak sendiri. Ada ikan yang membutuhkan suntikan tambahan hormon perangsang yang akan membantu dengan cepat dan memperlancar produksi telur secara alami.

4. Penetasan Telur dan Merawat Larva

Seekor ikan yang bertelur membutuhkan waktu sekitar 24 jam untuk menetas dan berkembang menjadi kawanan. Larva yang ada segera dipisahkan ke dalam kolam baru yang terpisah dari individu yang berkembang biak untuk mencegah orang tua memakan larva yang ada.

Perlakukan larva dengan pakan berkualitas baik sampai menjadi ikan muda yang matang dalam waktu sekitar 3 bulan. Pastikan ketinggian air di kolam terjaga dengan baik agar ikan yang Anda miliki berkembang biak. Hindari mengisi kolam dengan anak ikan yang terlalu banyak agar tidak penuh dan sesak.

Itu dia langkah-langkah Budidaya Ikan Hias Air Tawar yang dapat kamu coba di rumah, selamat mencoba, semoga bermanfaat ya!