PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Melihat Beberapa Fakta Ini, Kita Bisa Hidup Normal Kembali Setelah Pandemi Covid-19


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  14 February 2022  |   965 Pengunjung

Melihat Beberapa Fakta Ini, Kita Bisa Hidup Normal Kembali Setelah Pandemi Covid-19

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  14 February 2022 Melihat Beberapa Fakta Ini, Kita Bisa Hidup Normal Kembali Setelah Pandemi Covid-19

Melihat Beberapa Fakta Ini, Kita Bisa Hidup Normal Kembali Setelah Pandemi Covid-19

Beberapa ahli virus percaya bahwa Covid-19 akan segera terkendali. Meski belum sepenuhnya diberantas, Penasihat Medis Gedung Putih, Dr Anthony Fauci yakin Amerika Serikat (AS) misalnya, telah mampu mengendalikan virus ini dengan sangat baik. Mengutip CNBC International pada Senin (14 Februari 2022), ia mengatakan pandemi tidak lagi mengancam untuk mendorong rumah sakit dan mengganggu perekonomian. Dia juga percaya bahwa orang dapat kembali ke "kehidupan normal" setelah dua tahun kekacauan dan ketidakpastian menyusul gelombang infeksi berulang.

Dia juga mengatakan itu dalam diskusi dengan Financial Times. Dia tidak menyebutkan bulan atau musim tertentu, tetapi menunjukkan bahwa pembatasan Covid-19, termasuk rekomendasi untuk memakai masker, bisa "segera" berakhir di negeri Paman Sam ini. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), jumlah orang yang dirawat dengan Covid19 di Amerika Serikat telah menurun lebih dari 28% dalam tiga minggu menjadi rata-rata sekitar 105.000 orang. Pada puncak Januari, kasus kemacetan membludak hingga 1 juta per hari.

"Pembatasan Covid akan segera berakhir," kata Fauci. "Ajudan" Joe Biden lainnya, Koordinator Tanggapan Jelas Gedung Putih Jeff Zient, mengatakan hal yang sama. Dia juga mengatakan negaranya sedang bergerak menuju masa di mana Covid-19 tidak akan mengganggu kehidupan kita sehari-hari. “Saatnya Covid-19 tidak lagi menjadi krisis yang konstan, jadi kita tidak lagi takut lockdown dan lockdown, tapi selamat kembali melakukan apa yang kita cintai,” katanya.

Pernyataan ini bukan tanpa alasan. Setidaknya ada dua faktor.

Pertama, varian Omicron yang kini menyebar dengan cepat tidak menimbulkan gejala yang parah pada seseorang, setidaknya dibandingkan varian lainnya yakni Delta. Meskipun lonjakan infeksi, rawat inap dan kematian masih diperkirakan akan pulih. Hal ini terlihat dalam beberapa penelitian, termasuk di Afrika Selatan (Afrika Selatan), tempat asal Omicron. Hal ini juga terlihat dalam penelitian di Inggris. Mereka mengatakan pandemi bisa pindah ke fase endemik, yang tidak akan terlalu mengganggu publik.

Pandemi adalah penyebaran virus yang tidak terkendali di seluruh dunia, sedangkan pandemi umumnya didefinisikan sebagai wabah penyakit yang sering terjadi dan dengan cara yang dapat diprediksi. "Ada epidemi flu yang bersirkulasi dan epidemi influenza setiap musim. Epidemi umumnya dapat diprediksi dan terjadi dalam kisaran yang dapat diprediksi," kata Dr James Lawler, pakar penyakit menular di Universitas Nebraska. Tingkat penularan yang stabil yang tidak menyebabkan epidemi umum umumnya dianggap sebagai penyakit endemik. Kami berbicara tentang epidemi ketika penyebarannya terbatas pada satu negara atau wilayah.

Tidak hanya itu, vaksin juga menawarkan harapan. Vaksin ini dianggap dapat mencegah penyakit serius dan kematian, yang diperlukan untuk kembali ke kehidupan normal.

"Ada harapan bahwa vaksinasi akan membuat kekebalan yang cukup dalam populasi sehingga jumlah orang yang berpotensi rentan terhadap virus akan menurun dengan cepat ketika gelombang terakhir mereda," kata Tien Kelly Cawcutt, seorang spesialis penyakit menular di Universitas Nebraska. Ini berbeda dengan kemunculan pertama Covid-19 pada Desember 2019. Dimana sistem kekebalan tubuh manusia tidak dilatih untuk melawan virus tersebut.

Jennie Lavine, seorang ahli biologi investigasi komputasional di perusahaan biotek Karius, mengatakan hal yang sama. Ketika kekebalan di komunitas yang lebih luas meningkat dari waktu ke waktu melalui vaksinasi dan infeksi, generasi baru seperti anak-anak kemungkinan akan menjadi kelompok utama yang tersisa yang belum terpapar. "Meskipun risikonya tidak nol, "Ini menunjukkan bahwa virus covid-19 seiring berjalannya waktu akan menghasilkan penyakit yang lebih ringan yang mungkin menyerupai flu biasa begitu anak-anak menjadi kelompok utama yang dibiarkan tanpa pajanan."