PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Inovasi Mobil Buatan Indonesia: Ragam Merek dan Pilihan


IT Digital  |  Otomotif  |  09 May 2024  |   221 Pengunjung

Inovasi Mobil Buatan Indonesia: Ragam Merek dan Pilihan

Otomotif  |  09 May 2024 Inovasi Mobil Buatan Indonesia: Ragam Merek dan Pilihan

Indonesia bukan hanya dikenal sebagai negara megadiverse yang kaya akan keanekaragaman alamnya, tetapi juga merajut prestasi dalam industri otomotif dengan menghasilkan berbagai merek mobil buatan dalam negeri. Simak informasi menarik tentang beberapa merek mobil nasional yang patut untuk dijelajahi:

Daftar Merek Mobil Buatan Indonesia

  1. Esemka Sebagai pelopor mobil nasional, Esemka dikenal dengan Esemka Bima 1.2 dan Bima 1.3. Berawal sebagai proyek belajar siswa SMK di Solo, Jawa Tengah pada 2007, kini Esemka menjadi salah satu ikon mobil buatan Indonesia.
  2. Maleo Dirancang oleh mantan Presiden B.J. Habibie, Maleo adalah mobil sedan nasional yang diproyeksikan pada 1996. Kendati demikian, proyek Maleo berhenti ketika fokus beralih pada mobil Timor.
  3. Timor Sebagai mobil buatan Indonesia pertama, Timor S515 diproduksi oleh PT. Timor Putra Nasional. Namun, proyek ini terhenti akibat krisis ekonomi 1997 dan kebangkrutan partner mereka, Kia Motors.
  4. Beta 97 Meski belum sempat meluncur, mobil Beta 97 oleh PT. Bakrie Motor memiliki potensi besar sebelum krisis moneter pada 1997 menghentikan proyek ini.
  5. AMMDes Singkatan dari Alat Mekanis Multiguna Pedesaan, AMMDes merupakan mobil pedesaan desain 100% dari anak bangsa yang telah diekspor lebih dari 10.000 unit dalam 5 tahun.
  6. Tawon Mengusung konsep irit bahan bakar, mobil Tawon oleh PT. Super Grasindo Jaya menjadi alternatif angkutan di pedesaan dengan harga terjangkau.
  7. Kancil Berukuran kecil namun tangguh, Kancil oleh PT. Karunia Abadi Niaga Citra Indonesia Lestari merupakan kendaraan pribadi ideal untuk perkotaan.
  8. Selo Merupakan supercar lokal dengan desain mirip Lamborghini, Selo menawarkan kecepatan hingga 250 km/jam dengan tenaga listrik.
  9. Tucuxi Mobil listrik karya anak bangsa oleh alumni ITS Surabaya, Tucuxi menggunakan baterai LiFEPO4 dan mampu menempuh 321 kilometer sekali pengisian.
  10. GEA Dikenal sebagai city car terjangkau, GEA oleh PT. INKA mengusung mesin 460 cc dengan konsep energi alternatif.
  11. Mahesa Mobil pertanian dengan tiga tipe, Mahesa menawarkan kapasitas mesin diesel 650 cc dan menjadi solusi transportasi pertanian yang handal.
  12. Si Elang Berdaya motor listrik 350 watt, Si Elang merupakan karya mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Tidar (UNTIDAR) yang menghadirkan inovasi ramah lingkungan.

Kesimpulan

Merek-merek mobil buatan Indonesia seperti Esemka, Maleo, Timor, dan lainnya menunjukkan potensi besar dalam industri otomotif domestik. Meskipun beberapa proyek menghadapi tantangan ekonomi dan bisnis, inovasi yang dihasilkan oleh merek-merek ini tetap membangkitkan semangat kreativitas dan kemajuan dalam pembuatan mobil lokal. Dukungan terhadap produk-produk otomotif lokal dapat membantu mewujudkan potensi industri otomotif Indonesia yang semakin maju dan berdaya saing.

Temukan keunggulan mobil buatan Indonesia dan berikan perlindungan terbaik! Lindungi investasi Anda dengan Asuransi Mobil Terbaik dari ASURANSIKU.id. Dapatkan perlindungan komprehensif dengan diskon hingga 25% serta fasilitas cicilan 0% hingga 12 bulan dengan Kartu Kredit. Jangan ragu, ajukan asuransi sekarang dan dukung inovasi otomotif lokal yang semakin maju!

WhatsApp ASURANSIKU.id WhatsApp Customer Service