PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Cara Mengatur Keuangan yang Baik


Rosasiva  |  Finansial  |  25 February 2022  |   1316 Pengunjung

Cara Mengatur Keuangan yang Baik

Finansial  |  25 February 2022 Cara Mengatur Keuangan yang Baik

Cara Mengatur Keuangan yang Baik

Mengelola uang Anda dengan baik sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada beberapa tips dan trik untuk membantu Anda mengelola uang dengan sempurna. Salah satu cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan kalkulator keuangan yang tercantum di atas.

Selain itu, berikut beberapa tips mengelola keuangan yang bisa Anda jadikan inspirasi:

1. Bagaimana mengelola keuangan pribadi

Bagaimana menangani keuangan pribadi terbagi dalam dua kategori yang berbeda, penganggaran dan pengaturan dana darurat. Pertama-tama, konsolidasikan anggaran Anda setiap bulan. Anda dapat menggunakan metode split 50/30/20 seperti yang diinstruksikan. Artinya 50% dari gaji digunakan untuk kebutuhan primer. Langkah kedua adalah menetapkan 30 persen untuk kebutuhan non-esensial dan 20 persen lagi untuk tabungan, cicilan, atau jenis pinjaman lainnya. Cara termudah adalah mengelompokkannya dengan kalkulator cek keuangan di atas!

Kedua, jangan lupa dana cadangan ya! Bagaimana Anda mengelola keuangan pribadi Anda sangat penting untuk menjaga kinerja keuangan yang baik. Meski ada risiko pengeluaran tak terduga. Bagi yang tidak memiliki keluarga, Anda harus memiliki total dana darurat minimal 3 kali gaji Anda. Anggaran dana darurat ini dapat dimasukkan dalam kelompok 20% yang disebutkan sebelumnya.

2. Bagaimana mengelola keuangan keluarga

Bagaimana mengelola keuangan keluarga sedikit lebih rumit karena ada lebih banyak kebutuhan bulanan yang harus dipenuhi. Sebut saja uang sekolah anak, home shopping dan sejenisnya. Anda tidak perlu panik, karena mengatur keuangan rumah tangga sebenarnya bisa disederhanakan dengan menetapkan tujuan atau sasaran keuangan keluarga. Saat menetapkan tujuan keuangan keluarga, Anda perlu mengetahui apa yang penting dan mendesak bagi keluarga.

Pelajari apa yang penting dan apa yang perlu dicapai dan pikirkan bagaimana mencapai tujuan keuangan itu. Langkah selanjutnya, sesuai dengan anggaran bulanan Anda, Anda dapat menggunakan metode 50/30/20, seperti pada paragraf sebelumnya, atau membuat persentase nominal anggaran Anda sendiri menggunakan kalkulator cek tunai.

3. Cara mengelola keuangan perusahaan

Cara mengelola keuangan perusahaan harus mengacu pada prinsip-prinsip keuangan perusahaan. Ini berbeda dengan cara tradisional mengelola uang. Pengelolaan dana perusahaan harus sesuai dengan standar dan pengetahuan keuangan saat ini. Sederhananya, ada prinsip atau tips tertentu dalam pengelolaan keuangan perusahaan yang harus dipraktikkan.

  • Tanggung jawab: Mengidentifikasi sumber dana operasional dan menentukan alokasi anggaran yang ideal.
  • Konsistensi: Sesuai dengan namanya, Anda harus konsisten dalam menjalankan rencana keuangan yang telah disusun sejak awal.
  • Kontinuitas: Pengeluaran uang sama atau sebanding dengan jumlah yang diterima.
  • Transparansi: Jangan takut untuk bertukar pikiran dengan orang yang tepat atau berbagi informasi secara terbuka terkait pengelolaan keuangan.
  • Standar Akuntansi: Bagaimana mengatur keuangan perusahaan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia.
  • Integritas: memastikan catatan keuangan yang lengkap dan akurat.
  • Manajemen: Kemampuan mengelola uang untuk mencapai tujuan atau sasaran bisnis.

Mengapa penting untuk mengelola keuangan Anda dengan baik?

Inilah tiga cara mengelola keuangan yang harus diperhatikan dan disesuaikan dengan kebutuhan setiap orang. Perlu dipahami bahwa seperti halnya kesehatan fisik, memiliki rasio keuangan yang sehat juga sangat penting untuk menabung di hari tua.

Namun, kami memahami bahwa mencatat pengeluaran keuangan harian bisa jadi membosankan dan merepotkan. Belum lagi pelatihan aktual yang diperlukan untuk memastikan rencana keuangan Anda berjalan dengan baik. Oleh karena itu memperkenalkan kalkulator keuangan yang dapat memudahkan dan nyaman untuk menentukan anggaran dan audit keuangan dari waktu ke waktu. Semoga ini membantu.

WhatsApp ASURANSIKU.id WhatsApp Customer Service