PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Kabel Setrum Aki dan Fungsi Utamanya

Otomotif  |  11 January 2023  |   124 Pengunjung

Kabel Setrum Aki dan Fungsi Utamanya

Otomotif  |  11 January 2023 Kabel Setrum Aki dan Fungsi Utamanya

Kabel Setrum Aki dan Fungsi Utamanya - Mobil mesti dilengkapi sebuah alat transfer untuk mengaliri arus listrik yang biasa kita sebut dengan aki. Cara kerja aki yakni mengaliri transfer arus listrik pada aki ke starter motor serta untuk kemudian didistribusikan pada komponen listrik yang lainnya.

Aki sangat begantung pada dinamo ampere yang memiliki fungsi guna charge arus listrik ke aki. Baterai pada mobil ini selalu memiliki dua jenis kabel, yang melekat pada kutub positif serta kutub negatif.

Kabel yang melekat di kutub positif berfungsi menghantarkan listrik ke starter, yang kemduain di proses Start pada mesin kendaraan sertta ke komponen lain. 
Kabel positif tersambung juga ke dinamo ampere sebagai proses pengechasan serta pengisian listrik menuju aki. Dinamo ampere juga memproduksi arus listrik yang proses berputarnya diperbantukan dengan saft belt serta pully.

Kedua, kabel dari kutub negatif aki yang terhubung pada sasis atau massa dengan fungsi sebagai penguat arus listrik pada mobil. Kabel aki mesti bisa mengalirkan listrik yang lancar dari terminal aki sampai ke starter dan ke massa. Namun, dalam sebuah kabel aki terdapat hambatan atau biasa juga disebut resistensi.
Resistensi merupakan tingakatan kesulitan listrik agar mengalir dalam sebuah material. Faktor penyebab tinggi hambatan di kabel aki tergantung dari material kabel, luas penampang,  dan panjang kabel. 

Asuransi mobil dari Asuransiku.id bermanfaat serta memiliki kemudahan yang banyak. Cukup klik website atau aplikasi Asuransiku.id, pilih produk Asuransi kendaraan, lalu upload data mobil, kemudian bayar dan e-polis langsung terbit. Tak perlu repot sewaktu ingin memperbaiki mobil, #CaraGampangBerasuransi hanya di Asuransi Mobil dari Asuransiku.id.(rsv)