PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Membersihkan Rumah Selama Isolasi Mandiri

Properti  |  02 July 2021  |   506 Pengunjung

Membersihkan Rumah Selama Isolasi Mandiri

Properti  |  02 July 2021 Membersihkan Rumah Selama Isolasi Mandiri

Tidak hanya tentang kebersihan diri, namun kebersihan rumah juga seharusnya dijaga, karena hal ini sangatlah penting dilakukan sebagai usaha untuk mengurangi resiko penularan virus Covid-19 terlebih apabila satu rumah dengan pasien yang mengalami isolasi mandiri.

OTG (Orang Tanpa Gejala) juga turut serta mampu menyebarkan virs ini, tidak hanya dari udara yang selama ini dikenal sebagai media penyebaran virus, karena memang karakter virus ini amatlah mudah berpindah dari suspect ke suspect lainnya.

Saran terbaik adalah protokol kesehatan yang digalakkan pemerintah, melalui menjaga jarak, memakai masker, mengurangi aktifitas outdoor, mencuci bersih tangan, serta apabila diketahui ODP (Orang dalam pantauan) dan (Pasien dalam Pantauan) akan lebih baik melakukan isolasi mandiri.

Seperti yang dijelaskan oleh beberapa ahli, termasuk pemerintah, protokol dalam merawat rumah yang ditempati oleh pasien isolasi mandiri adalah, dengan melakukakn pembersihan sepertiĀ  berikut :

Peralatan

Pastikan peralatan yang dibutuhkan tersedia, mulai dari disposable gloves (sarung tangan sekali pakai) kedap air dengan bahan plastik atau karet, kantong sampah, detergen, cairan disinfektan dan kain lap yang bersih, buka jendela dan pintu agar sirkulasi udara lancar saat pembersihan rumah.

Bersihkan Dengan Air dan Sabun

Saat melakukan pembersihan perabot rumah, pertama cucilah tangan dengan air atau hand sanitizer, gunakan sarung tangan, pastikan setiap permukaan perabotan di lap dengan air yang telah direndam deterjen, seperti meja, kursi,remote televisi,kran air, gagang pintu dan lain-lain.

Disinfeksi Ruangan

Semprotkan disenfektan di seluruh ruangan, lakukan setiap hari, terutama di kamar tidur, kamar mandi yang di pakai bersamaan dengan anggota keluarga yagn sakit.

Kini, mudahnya cairan disinfektan didapatkan baik online atau di minimarket terdekat, atau bisa juga membuatnya DIY, caranya campurkan cairan pemutih pakaian dengan 1 liter air, kemudian masukkan cairan tersebut ke botol semprotan, dan semprotkan ke tempat-tempat yang sering di kunjungi anggota keluarga yang sakit.

Buang Semua Alat Yang Habis Di Pakai

Setelah rumah dan benda dibersihkan dengan baik, lepas sarung tangan dan buang dalam plastik sampah , pastikan semua kotoran sampah masuk dalam kantong palstik dan ikat, sebisa mungkin dengan hati-hati agar tidak menyentuh kulit, setelah itu bersihkan tangan dengan alkohol 60%.

Lain-lain Yang Perlu Di Bersihkan

Beberapa benda yang dimaksud adalah, Pakaian yang habis di pakai, cuci dengan air hangat dan detergen, kemudian jemur di bawah sinar matahari hingga kering, jangan lupa gunakan sarung tangan saat mencuci atau menjemurnya.

Alat Makan, pastikan semua terpisah dengan anggota keluarga yang sedang sakit, cuci alat makan seperti piring sendok garpu gelas secara terpisah dan pakai spons cuci yang berbeda pula, dan gunakan juga air panas untuk mencuci alat makan tersebut.

Perlengkapan Tidur

Rendam semua, sarung bantal, selimut,sprei dengan air panas yang dicampur detergen sesaat sebelum di cuci, jangan lupakan juga sarung tangan saat mencucinya.

Alat Kebersihan

Pastikan juga mencuci bersih alat-alat kebersihan seperti keset (lap kaki) sapu, pel yang digunakan membersihkan rumah bekas pasien isolasi mandiri, segera buang yang bisa dibuang, jangan lupa mencuci tangan sebersih-bersihnya setelah melakukan hal tersebut.

Pastikan seluruh anggota keluarga di rumah menjaga kebersihan diri masing-masing, dan ajak kerjasamanya untuk membereskan rumah (kecuali yang sedang sakit), setiap anggota wajibkan rajin mencuci tangan.

Terlebih setelah batuk,bersin, memakai kamar mandi, sebelum dan sesudah makan, hindari kontak dengan yang sakit pula, pastikan juga anggota keluarga terlindunga dengan asuransi kesehatan atau rumah anda terlindung dengan asuransi properti.(Arm)