PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Pedoman K3 Untuk Kawasan Mudah Terbakar

Griya  |  29 March 2021  |   174 Pengunjung

Pedoman K3 Untuk Kawasan Mudah Terbakar

Griya  |  29 March 2021 Pedoman K3 Untuk Kawasan Mudah Terbakar

Benda mudah terbakar menjadi hal yang paling harus di perhatikan, lantaran seringkali menjadi penyebab terjadinya kebakaran, terlebih ketika beberapa barang tersebut menumpuk dalam ruangan, beberapa pihak termasuk keamanan maupun petugas damkar, sangat aware terhadap masalah tersebut.

Beberapa di bawah ini menjadi kiat untuk menyelamatkan barang mudah terbakar dan membuatnya tetap aman, ketika barang-barang tersebut bertumpuk dalam 1 ruangan tertutup :

1. Awasi Nyala Api
Meskipun barang-barang mudah terbakar anda tersimpan aman di dalam ruang tertutup dan membuat api jauh dari tempat tersebut, tentu tetap harus berhati-hati,
dalam hal ini, besaran api tetap harus dalam kendali anda, dan pastikan terhindar dari tiupan angin, agar api tidak terbawa hingga ke tempat mudah terbakar.

2. Meminimalisir penggunaan penerangan api 
Lilin atau pun sekedar korek api, seharusnya di jauhkan dari benda yang mudah terbakar, termasuk instalasi kilang minyak atau area tambang gas.

3. Perluas Larangan Merokok
Selain membahayakan kesehatan, merokok juga sangat membahayakan nyawa dan bangunan yang rentan terkena sambaran kebakaran api, aktifitas seperti ini tentu tidak baik, apabila berada di area yang mudah terbakar, sebaiknya hentikan juga kebiasaan merokok, kegiatan ini sebenarnya tidak layak di lakukan di manapun, meski di rumah sendiri maupun di dapur atau di tempat tertutup.

Baca Juga : Asuransi Kebakaran Flexas dari ASURANSIKU.id

4. Matikan api dari puntung sebelum di buang 
Masih berkaitan dengan poin 3, sebagai perokok, selain bertanggung jawab atas asap rokok atau percikan api rokok agar tidak menyebar menjadi petaka bagi orang sekitar, tentu tanggung jawab anda adalah memastikan bahwa api dari puntung rokok anda telah padam untuk selanjutnya di buang di tempat sampah, ingat, puntung rokok tidak mudah terurai tanah hingga 25 tahun kedepan.

5. Penggunaan Obat Nyamuk Bakar
Tidak menutup kemungkinan kebutuhan obat nyamuk bakar tetap di pakai oleh sebagian orang, di karenakan efektifitasnya dalam mengusir nyamuk, namun jika berada di tempat mudah terbakar, tidak seharusnya obat nyamuk bakar di pakai, sebaiknya di ganti dengan lotion anti nyamuk, tentunya obat nyamuk bakar tidak bijak jika tetap harus di pakai di area mudah terbakar.

Baca Juga : Obat Nyamuk Bakar Dengan Bahaya Tersembunyi

Banyak hal insiden terjadi yang di sebabkan human error, dari skala kecil hingga skala besar, berkaitan dengan kejadian yang baru saja terjadi termasuk di kilang minyak Pertamina Balongan Indramayu, turut berduka cita dan prihatin atas kejadian tersebut, semoga tidak lagi terjadi kejadian serupa, di seluruh instalasi kilang minyak di manapun.(arm)