PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Ternyata Penting Mempunyai Asuransi Mobil

Otomotif  |  22 November 2022  |   186 Pengunjung

Ternyata Penting Mempunyai Asuransi Mobil

Otomotif  |  22 November 2022 Ternyata Penting Mempunyai Asuransi Mobil

Sekarang ini mungkin beberapa di antara Anda masih belum menyadari pentingnya asuransi mobil, padahal asuransi tersebut memiliki sangat banyak manfaat. Tak sedikit kasus terjadi karena mobil baru dibeli tiba-tiba hilang padahal masih berjalan cicilannya, apalagi sekarang semakin banyak berita kecelakaan kendaraan.

Terbayang bukan besarnya biaya yang harus Anda keluarkan untuk memperbaiki mobil? Belum lagi jika kecelakaan melibatkan pihak ketiga, seperti Anda menabrak kendaraan lain dari belakang, Anda harus menanggung biaya kerugian dari dua pihak.

Baik sebagai aset pribadi maupun investasi, pastinya pemilik kendaraan perlu melengkapi mobil dengan asuransi. Hal itu karena selain akan melindungi mobil dari risiko buruk yang mungkin saja terjadi, asuransi bisa membantu menjaga kondisi keuangan menjadi tetap stabil karena mengurangi pengeluaran yang tidak terduga karena kondisi yang tidak terduga seperti kerusakan karena kecelakaan.

Bagi yang beli mobil kredit, biasanya mobil Anda sudah mempunyai asuransi mobil. Untuk Anda yang beli mobil tunai, pastinya harus segera melengkapi mobil Anda dengan asuransi kendaraan.

Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil

Setiap perusahaan asuransi mempunyai keunggulan tersendiri, begitupula premi yang akan dikenakan. Untuk itu, Anda perlu untuk mengetahui pilihan asuransi mobil termurah, tapi berkualitas bagus. Berikut ini sejumlah poin penting yang perlu dipahami mengenai pentingnya mempunyai asuransi kendaraan:

  • Berkendara Menjadi Lebih Tenang
    Hari buruk dapat terjadi kapanpun, bisa terjadi mobil mogok di tengah jalan secara tiba-tiba atau tidak sengaja bertemu segerombolan perusuh di jalan. Dengan kejadian-kejadian tersebut, Anda akan khawatir dan panik ketika berkendara. Semua rasa khawatir tersebut hilang jika Anda punya asuransi mobil Chevrolet dan lainnya. Walaupun melaju dengan mobil baru, Anda akan merasa tenang karena dilindungi asuransi.
  • Kerusakan Sampai Kehilangan Dapat Ditanggung
    Asuransi mobil Datsun dan lainnya memberikan proteksi lengkap. Tidak hanya kerusakan ketika berkendara, mobil hilang karena kemalingan pun akan tetap diganti rugi oleh pihak asuransi.
  • Keuangan Aman
    Asuransi kendaraan hanya akan meminta Anda untuk membayar premi setiap bulan atau setiap tahun. Itu akan menjadi dana talangan jika terjadi suatu hal buruk pada kendaraan Anda. Harga premi pun tak banyak, biasanya disesuaikan kemampuan keuangan. Lain halnya jika tidak memiliki asuransi, Anda dapat keluar uang lebih banyak untuk biaya perbaikan mobil atau bahkan biaya beli mobil baru karena yang lama hilang.

Berbagai Jenis Pertanggungan Asuransi Mobil

Asuransi mobil akan menanggung biaya perbaikan mobil di bengkel rekanan. Namun, pastinya pertanggungan yang diberikan pihak asuransi bervariatif.Ada dua jenis pertanggungan yang biasanya diberikan oleh pihak asuransi, yakni asuransi mobil all risk dan asuransi TLO. Keduanya mempunyai perbedaan dalam hal risiko serta nilai pertanggungan.

  • TLO (Total Loss Only)
    Asuransi mobil ini menjadi risiko terhadap kerusakan total dan juga risiko kendaraan hilang karena pencurian. Namun, dengan catatan yakni biaya perbaikan sama dengan atau lebih besar dari 75% dari harga mobil sesaat sebelum kerusakan atau kerugian terjadi dan usia maksimal mobil yang bisadapatkan perlindungan asuransi mobil TLO murah adalah 12 tahun.
  • All Risk
    Pada asuransi mobil all risk terbaik akan berikan proteksi penuh. Pihak asuransi akan menjamin risiko pada kerusakan sebagian maupun total karena risiko dijamin di dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia. Usia maksimal mobil yang bisa dapatkan proteksi ini, yakni 9 tahun. Sebagai saran, jika kredit mobil, maka sebaiknya langsung manfaatkan asuransi all risk mobil murah.

Hal itu karena hampir semua jenis kerusakan ditanggung sehingga dapat meringankan beban pengeluaran. Bahkan, sejumlah dealer Toyota mewajibkan pembeli mobil untuk memakai asuransi
sebagai jaring pengaman masalah.

Jika Anda merasa perlindungan jenis asuransi all risk mobil terbaik masihlah kurang cukup untuk berikan proteksi kendaraan kesayangan, maka Anda dapat menambahkan perluasan jaminan pada polis asuransi yang dipilih.Asuransi kendaraan ini pun tak jarang dipilih oleh para pemilik mobil bekas karena perlindungan yang ditawarkan asuransi mobil bekas all risk tak kalah menarik dan menguntungkan.

Asuransi Mobil Tanpa Survey dan Sejumlah Keuntungannya

Asuransi mobil tanpa survey adalah salah satu pilihan favorit nasabah yang dapat dipilih untuk memudahkan proses pendaftaran produk asuransi. Ini jadi salah satu layanan praktis yang bisa nasabah pilih karena lebih cepat serta tak memakan waktu terlalu lama.Selain itu, asuransi ini memiliki sejumlah keuntungan yang bisa dirasakan dan menjadi pertimbangan para nasabahnya.

  • Lebih mudah karena dapat dilakukan secara online, baik itu untuk pendaftaran asuransi hingga melakukan klaim.
  • Lebih mudah untuk membandingkan satu produk dengan produk lainnya.
  • Lebih hemat waktu dan praktis karena tak perlu menunggu pihak asuransi datang datang dan melakukan survey pada kendaraan kesayangan yang Anda punya.

Tips dalam Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Supaya bisa dapatkan produk asuransi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan, ada sejumlah tips yang dapat Anda terapkan. Berikut ini adalah tips cari asuransi mobil tersebut:

  • Pilih Tipe Proteksi atau Perlindungan yang Sesuai
    Untuk dapatkan jenis asuransi kendaraan yang tepat, pastikan Anda memilih tipe proteksi atau perlindungan yang sesuai. Misalnya saja, jika Anda sering berkendara atau menyetir mobil di jalanan yang rusak atau di kawasan yang padat, maka All Risk adalah jenis asuransi yang layak untuk dipertimbangkan karena mampu untuk mengantisipasi risiko tinggi untuk terkena baret. Sementara untuk mobil yang dipakai pada area rawan pencurian, Anda dapat memilih asuransi Total Loss.
  • Mempunyai Jaringan Bengkel Rekanan Luas
    Asuransi kendaraan biasanya bekerja sama dengan bengkel resmi atau authorized dari brand mobil yang Anda punya. Oleh sebab itu, penting untuk memilih asuransi kendaraan yang mempunyai jaringan bengkel rekanan yang luas karena hanya sedikit brand asuransi yang izinkan para penggunanya melakukan perbaikan ke bengkel manapun. Tips ini harus Anda pertimbangkan untuk antisipasi rusaknya mobil di wilayah atau daerah yang kurang dikenal.
  • Kenali Reputasi dari Perusahaan Asuransi
    Mengenali tentang reputasi perusahaan asuransi pun tidak kalah penting untuk memastikan jika Anda nantinya akan dapatkan pelayanan terpercaya serta memuaskan. Cermati asuransi mobil dan pilih asuransi kendaraan yang kredibel, tidak hanya karena memiliki brand yang terkenal. Caranya dapat dengan melihat berbagai ulasan atau review produk asuransi yang ada di internet atau informasi di forum-forum yang terkait.
  • Berikan Akses Pelayanan Secara Lengkap
    Anda pun juga sebaiknya memilih asuransi kendaraan yang berikan akses pelayanan yang lengkap. Carilah perusahaan asuransi yang berikan akses pelayanan mudah untuk dihubungi guna mengantisipasi kondisi atau keadaan darurat. Layanan call center 24 jam penting sekali untuk Anda pertimbangkan, begitu pula dengan kelengkapan serta kecepatan dari layanan-layanan yang ditawarkan.

Ternyata asuransi mobil cukup penting karena akan memberikan perlindungan terhadap kendaraan kesayangan. Anda dapat memilih asuransi kendaraan dengan menerapkan tips di atas. Jangan lupa juga untuk menghitung asuransi mobil dan biaya kebutuhan lainnya agar bisa memilih yang sesuai kebutuhan tapi tidak akan membuat kantong jebol. Ada banyak perusahaan asuransi kendaraan yang menawarkan berbagai layanan terbaiknya. Jadi, pilihlah yang paling sesuai.