PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Upgrade motor jadi dua silinder ? Bisa


Otomotif  |  25 June 2022  |   1029 Pengunjung

Upgrade motor jadi dua silinder ? Bisa

Otomotif  |  25 June 2022 Upgrade motor jadi dua silinder ? Bisa

Kini sudah mulai banyak bengkel motor custom yang bisa melayani pengerjaan upgrade silinder untuk motor, sehingga kecepatan dan ketangguhan mesin motor menjadi dua kali lebih hebat dan cepat dari standarnya, meski begitu terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, apa saja ?

Secara konsep, mekanik bengkel yang mengerjakan dua silinder tersebut membeli mesin motor tambahan untuk selanjutnya didonorkan pada motor yang akan ditambah silindernya, yang  tentunya, dalam pengerjaannya membutuhkan studi tersendiri yang lalu mengaplikasikannya.

Bahan baku yang digunakan dalam pengerjaan memang relatif mahal, maka sudah tentu, proyek upgrade silinder motor ini tidak mudah dan membutuhkan waktu lama, namun setelah  kendaraan tersebut jadi, pemilik akan merasakan kepuasan karena kegaharan motor upgradenya.

Upgrade ataukah beli moge ?
Beberapa berpendapat, bahwa membeli moge dengan silinder ganda atau CC yang memang dari pabrikan sudah didesain memiliki CC besar, akan lebih baik, karena faktor perawatan dan  kemudahan dalam penggunaan, ditambah lagi secara legalitas dari pihak kepolisian telah diakui, maka untuk keperluan lain seperti pembelian asuransi akan lebih memudahkan proses pembelian dan klaim asuransi.

Upgrade ataupun beli moge, kembali ke cita rasa dan selera masing-masing, semuanya memiliki plus minus, kendaraan standar yang menjadi double CC akan memiliki nilai plus di mata para  pemotor lainnya, sehingga memberikan rasa puas bagi pemilik motor upgrade an tersebut.

Faktor keselamatan
Dalam mengendari motor ber CC besar, faktor keselamatan bergantung kembali dengan kebiasaan si pengendara dimana saat ujian test SIM C khusus motor diatas 250cc memang akan  membuktikan apakah pemohon sim layak mendapatkan sim tersebut atau tidak.

Ditambah lagi faktor pengetahuan akan seputar mesin dan mekanik motor yang apabila jika saat berkendara terhalang kendala, sehingga pemilik menyadari dan tahu harus bagaimana apabila terjadi hal yang tidak seharusnya mengenai mesin saat digunakan.

Kontrol kecepatan
Masih berkaitan dengan faktor keselamatan, kebiasaan dalam mengendari motor tentu akan melatih si pemilik kendaraan tersebut, apakah akan bisa men-deliver si pengendara dengan baik, dan motor akan berjalan sesuai kontrol, ataukah malah over hailing, karena memang hal ini seringkali ditemui bagi yang tidak biasa mengendarai motor ber CC besar.

Disamping itu kontol kecepatan akan sangat sulit saat berada di kawasan yang macet, terlebih pada motor modifan seperti ini, akan membuat mesin motor mudah panas, dan rawan terjadi  overheat, sehingga khusus motor modifan tersebut akan lebih baik digunakan pada masa-masa tertentu saja.

Perawatan
Khusus untuk motor upgrade silinder seperti yang diceritakan di artikel ini, biasanya dari pihak mekanik bengkel akan menginstruksikan beberapa saran terbaik cara perawatan dan menjaga  motor tersebut, karena memang treatmentnya sangat berbeda.

Seperti penggantian oli berkala, pengamatan dari mekanik pemodif itu sendiri dalam rentang waktu pemakaian oleh pemilik, sehingga dibutuhkan konsultasi secara berkala dari si pemilik juga bagi si mekanik tadi, karena keduanya akan saling mempelajari dan mengobservasi mesin yang telah di modif tersebut.

Bagi yang biasa berkeliling saat Satmori (Saturday Morning Ride) atau Sunmori (Sunday Morning Ride), tentu sudah biasa melihat motor keren berseliweran, sesekali motor yang tidak biasa,  seperti motor yang harusnya satu silinder menjadi dua silinder, dan kordinasikan juga pada pihak asuransi, bahwa motor yang anda asuransikan telah berbeda secara administrasi.

Tips diatas bisa dilakukan bagi para pecinta otomotif yang memang suka hedon jajanin motornya, tapi alangkah lebih baiknya, mengubah perizinan dokumen resmi seperti menaikkan keterangan CC di STNK dan memiliki sim motor khusus CC diatas 250, agar apabila terjadi kecelakaan tidak merepotkan saat pengajuan klaim asuransi motor.(Arm)