PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Mencegah Penularan Hewan Peliharaan

Peternakan,Peliharaan dan Pertanian  |  15 June 2022  |   87 Pengunjung

Mencegah Penularan Hewan Peliharaan

Peternakan,Peliharaan dan Pertanian  |  15 June 2022 Mencegah Penularan Hewan Peliharaan

Beberapa penyakit memang bisa ditularkan dari hewan peliharaan seperti kucing ke manusia. Namun, Anda tak perlu terlalu khawatir akan risiko tersebut. Beberapa cara bisa dilakukan untuk mencegah penularan penyakit dari kucing. Cara-cara ini perlu diperhatikan para pemilik hewan peliharaan. 

Kucing dan anjing menjadi dua jenis hewan peliharaan yang paling disukai banyak orang. Selain menggemaskan, keduanya juga dikenal bisa berinteraksi dengan manusia.

Memiliki hewan peliharaan juga diketahui dapat meningkatkan kesehatan mental. Sikap manja dan kasih sayang hewan peliharaan dapat membantu pemiliknya dalam meredam stres. Namun, bukan berarti tak ada hal-hal yang perlu diwaspadai. Anda tetap perlu mewaspadai beberapa penyakit yang ditularkan hewan peliharaan.

Penyakit-penyakit tersebut umumnya ditularkan melalui interaksi antara hewan peliharaan dan manusia yang tidak terkontrol. "Tertular penyakit dari hewan peliharaan sebenarnya jarang terjadi, namun Anda bisa menghindari beberapa penyakit tersebut dengan membuat beberapa perubahan sederhana," ujar Shu-Hua Wang, peneliti penyakit menular Wexner Medical Center Ohio State University.

Wang mengajak para pemilik hewan peliharaan untuk melakukan langkah pencegahan seperti berikut ini.

Menjaga Jarak Saat Makan 
Membiarkan hewan peliharaan melahap makanan yang ada di piring makan Anda dapat meningkatkan risiko infeksi. Dengan cara ini, air liur kucing bisa tercampur dalam makanan yang Anda makan.

Jangan biarkan hewan menjilat 
Banyak hewan peliharaan bersikap manja dengan menjilati tubuh pemiliknya. Beberapa hewan juga gemar bermain dengan menggigit pemiliknya. Namun, kebiasaan ini perlu Anda hindari, utamanya di sekitar area wajah. Membiarkan kucing dan anjing menjilati area wajah atau menggigit membuat Anda rentan tertular penyakit dari hewan peliharaan

Mengutip laman Harvard Health Publishing, air liur pada kucing dan anjing berisiko mengandung organisme yang bisa menyebabkan penyakit jika menembus kulit atau bersentuhan dengan selaput lendir mulut, hidung, atau mata. Anjing dan kucing biasanya tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit. Namun, saat berada di dalam tubuh manusia, bakteri bisa menyebabkan infeksi dan menimbulkan gejala serupa flu.

Virus rabies adalah kuman paling berbahaya yang ditularkan melalui air liur hewan peliharaan. Namun, rabies pada manusia cukup jarang terjadi.

Cuci Tangan
Cuci tangan menjadi salah satu cara efektif dalam mencegah berbagai penyakit menular. Kuman dari hewan peliharaan bisa saja menempel di tangan sesaat setelah Anda mengelusnya. Biasakan mencuci tangan setelah mengelus hewan-hewan kesayangan Anda.

Hewan peliharaan seyogianya memiliki tempat membuang kotorannya sendiri. Kucing, misalnya, yang membutuhkan pasir untuk buang air kecil dan besar. Namun, tempat kotoran kucing dan anjing ini perlu rutin dibersihkan. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan saat mencuci tempat kotoran. Hal ini akan membantu mencegah penularan penyakit dari hewan.

Konsultasi
Anda juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter saat akan memelihara hewan baru. Anak kucing dan anjing lebih rentan membawa virus yang bisa memicu penyakit. Konsultasi sangat disarankan bagi Anda yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah.

Dalam merawat dan menjaga hewan peliharaan, dibutuhkan perhatian khusus agar hewan tersebut tidak terkena penyakit, dan supaya penyakit tersebut tidak menular pada pemilik, perlu berhati-hati dalam mengurusnya.

Terdapat paket asuransi hewan peliharaan, suatu produk dari perusahaan asuransi yang menawarkan layanan perlindungan secara finansial saat hewan peliharaan terserang penyakit, meninggal, tercuri, hingga tanggung jawab hukum pihak ketiga, apabila hewan peliharaan menyerang dan melukai orang lain.(Armin)