PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Prosedur Bedah Kosmetik Yang Ditanggung Asuransi Kesehatan

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  15 April 2022  |   186 Pengunjung

Prosedur Bedah Kosmetik Yang Ditanggung Asuransi Kesehatan

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  15 April 2022 Prosedur Bedah Kosmetik Yang Ditanggung Asuransi Kesehatan

Prosedur umum yang sering ditanggung oleh asuransi kesehatan operasi plastik. Penting untuk dicatat bahwa banyak prosedur lain, seperti operasi telinga dan bahkan pelurusan gigi, juga dapat ditanggung dalam keadaan tertentu.

Operasi pengecilan payudara
Agar memenuhi syarat untuk pengurangan mammoplasty, pasien dan dokternya harus dapat menunjukkan bahwa payudara besar telah menghalangi kemampuannya untuk melakukan aktivitas fisik tertentu, atau bahwa mereka telah membuatnya mengalami nyeri fisik — nyeri punggung dan bahu adalah yang paling umum.

Untuk mengatasi gejala fisik yang terkait dengan ukuran payudara yang besar, pembedahan mungkin diperlukan. Sama seperti semua prosedur semi-kosmetik, apakah pengurangan akan ditanggung sepenuhnya berbeda dari perusahaan ke perusahaan dan rencana ke rencana.

Rekonstruksi payudara atau pengencangan payudara mungkin diperlukan untuk hasil yang optimal selain pengurangan. Dalam skenario seperti itu, biasanya perusahaan asuransi membayar pengurangan, tetapi bukan kenaikannya. Tentu saja, ketika seorang pasien menderita kanker payudara, operasi pengecilan payudara atau mastektomi seringkali diperlukan secara medis.

Operasi kelopak mata atas
Seperti disebutkan di atas, jika kelopak mata yang terkulai menghalangi kemampuan pasien untuk melihat – dan tes penglihatan membuktikan hal ini – maka blepharoplasty seringkali diperlukan secara medis. Untuk alasan ini, operasi kelopak mata adalah salah satu prosedur kosmetik paling umum yang ditanggung oleh asuransi.

Jika operasi dilakukan semata-mata untuk membantu memulihkan penglihatan, maka ada kemungkinan besar itu akan ditanggung oleh asuransi. Namun, pasien mungkin memiliki pilihan untuk menambahkan komponen kosmetik dan membayarnya sendiri.

Operasi penurunan berat badan
Banyak perusahaan asuransi besar menyediakan beberapa cakupan untuk prosedur penurunan berat badan, termasuk bypass lambung. Metode yang telah terbukti seperti lengan lambung, pita lambung pangkuan dan bypass lambung sering kali tercakup, sedangkan prosedur eksperimental umumnya tidak.

Orang yang mengalami obesitas tidak sehat dan memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang tinggi serta penyakit penyerta yang parah (sleep apnea, penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker, dan lainnya) memiliki peluang bagus untuk mendapatkan prosedur penurunan berat badan yang ditanggung oleh asuransi.

Penghapusan kulit berlebih
Setelah penurunan berat badan yang dramatis, banyak orang mengalami kulit berlebih yang dapat menghalangi aktivitas fisik dan menyebabkan rasa sakit. Asuransi dapat menanggung operasi panniculectomy atau tummy tuck dalam kasus tersebut.

Namun, ini hampir tidak umum seperti cakupan untuk prosedur penurunan berat badan, karena sebagian besar kasus kulit kendur masih dianggap murni kosmetik. Dalam kasus yang jarang terjadi – seperti jika Anda memiliki riwayat masalah kulit atau tidak dapat berolahraga – asuransi dapat menanggung biaya operasi secara penuh.

Operasi hidung
Pekerjaan hidung medis, seperti operasi septum menyimpang (juga disebut septoplasty) biasanya dicakup oleh banyak rencana kesehatan. Namun, rinoplasti estetika jarang tertutup.

Jika Anda dapat bekerja dengan THT Anda untuk membuat kasus bahwa operasi hidung rekonstruktif akan membantu meningkatkan pernapasan Anda, maka ada kemungkinan polis asuransi Anda akan mengambil sebagian dari beban. Sama seperti operasi payudara, banyak pasien memilih untuk menjalani septoplasti yang digabungkan dengan prosedur rinoplasti kosmetik pada saat yang bersamaan. Dalam kasus seperti itu, asuransi kemungkinan akan menanggung septoplasty yang diperlukan secara medis, sementara Anda membayar bagian kosmetik sendiri.

Botox
Anda mungkin tahu bahwa Botox sekarang secara teratur digunakan untuk mengobati migrain. Dalam kasus seperti itu, ada kemungkinan kuat bahwa perusahaan asuransi Anda akan menanggungnya, selama Anda dapat menunjukkan bahwa migrain Anda telah menyebabkan masalah signifikan dalam hidup Anda.

Namun, penting untuk dicatat bahwa komplikasi yang mungkin terjadi akibat suntikan tersebut (misalnya, pembengkakan atau infeksi yang ekstrem) seringkali tidak tercakup.