PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Yang Terjadi Pada Tubuh Kita Setelah Olahraga


Rosasiva  |  Gaya Hidup dan Kesehatan  |  26 January 2021  |   1697 Pengunjung

Yang Terjadi Pada Tubuh Kita Setelah Olahraga

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  26 January 2021 Yang Terjadi Pada Tubuh Kita Setelah Olahraga

Tubuh manusia di desain untuk bergerak, kendati tidak bisa terus-menerus bergerak, tapi juga tidak bisa lama diam, olahraga sangat bermanfaat bagi mental, karena saat olah fisik, tubuh kita mengeluarkan hormon endorfin untuk mengurangi rasa sakit dan mengeluarkan hormon dopamin guna memberikan efek bahagia, hasil positif dari olahraga adalah meningkatkan rasa percaya diri, memperbaiki kualitas tidur, hingga mengurangi rasa gelisah.

Namun, taukah anda bagaimana tubuh kita bereaksi saat kita berolahraga ? simak penjelasan berikut.

DOMS (Delayed Onset Muscle Soreneess)

Respon tubuh dengan rasa sakit pada otot sesaat setelah olahrga hingga 1-2hari kedepan, terutama saat kita berolahraga yang cukup berat, seperti jogging lebih dari 40 menit, aerobik apalagi olahraga beban, umumnya yang kita rasakan adalah kaku, pegal, nyeri otot ringan hingga berat, biasanya akan kita rasakan berkurangnya rasa nyeri pada keesokan harinya, karena jika rasa sakit tersebut tidak lama dan sudah sembuh dalam maksimal 48 jam, artinya hanyalah respon positif dari sel otot, dan bertambahnya masa otot anda, jika lebih dari 2-5 hari, ada baiknya konsultasikan dengan tenaga kesehatan.

Baca Juga : Langkah-Langkah Melatih Tubuh Ideal (1)

Yang Harus Di Lakukan

Cukup perbanyak makanan berprotein tinggi dan Istirahat yang cukup, karena pada saat berolahraga, terjadi pemecahan sel otot, dan saat kita istirahat malam, di situlah peran protein untuk memperbaiki dan membuat otot-otot baru, sehingga otot baru inilah yang lebih kuat dan nampak atletis.

Jika rasa sakit tak tertahankan, ada baiknya di kompres dengan air hangat atau air dingin, diamkan sejenak, dengan pijatan lembut, jangan mengurutnya seolah otot kita terkilir, karena ini demi pertumbuhan regenerasi sel otot tubuh.

Konsumsi Gizi Tambahan

Tak hanya protein, tubuh kita juga membutuhkan makanan serat tinggi untuk bantuan metabolisme nya, serta vitamin-vitamin lain seperti vitamin B kompleks untuk menjaga daya tahan tubuh, jika ingin lebih bertenaga saat berolahraga, dan lebih bersemangat, sedikitnya 15-20 menit sebelum berolahraga dapat mengkonsumsi makanan berkalori seperti madu atau buah-buahan.

Seperti yang sering di sarankan oleh para ahli kesehatan, kami juga menganjurkan anda untuk berolahraga sedikitnya 3 - 4 kali dalam seminggu, sekedar jogging atau olahraga beban, dengan durasi olahraga 30 - 45 menit di hari anda aktif berolahraga. Selain itu, pastikan tubuh anda terlindungi oleh Asuransi Kesehatan supaya tidak khawatir kedepannya atas kebutuhan medis di masa mendatang.

WhatsApp ASURANSIKU.id WhatsApp Customer Service