PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Tips Meningkatkan Kesehatan Mata, Bukan Sekedar Makan Sehat!


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  25 January 2022  |   1147 Pengunjung

Tips Meningkatkan Kesehatan Mata, Bukan Sekedar Makan Sehat!

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  25 January 2022 Tips Meningkatkan Kesehatan Mata, Bukan Sekedar Makan Sehat!

Tips Meningkatkan Kesehatan Mata, Bukan Sekedar Makan Sehat!

Mata adalah jendela yang melaluinya kita bisa melihat banyak hal. Perawatan mata sangat penting untuk orang dengan masalah penglihatan atau mata yang sehat. Menjaga kesehatan mata memastikan mata tidak cepat lelah dan menyebabkan sakit mata. Seiviliya Artanti, dokter mata di Rumah Sakit Primaya Evasari Jakarta, mengatakan tidak ada pengobatan khusus untuk mata normal, tetapi jika Anda memiliki masalah, Anda harus memeriksakan mata setidaknya setahun sekali.

Namun, untuk mata normal, disarankan untuk memeriksakan kesehatan mata minimal setahun sekali. Seringkali, sebagian orang melupakan pentingnya menjaga kesehatan mata. Padahal, kebiasaan sehari-hari seperti menatap layar atau membaca buku dalam gelap bisa merugikan kesehatan mata Anda. Jika Anda melanjutkan, penglihatan Anda mungkin memburuk seiring waktu. Jadi, pertimbangkan cara sederhana ini untuk menjaga penglihatan dan kesehatan mata Anda.

Fungsi mata sangat penting bagi seseorang. Oleh karena itu, kesehatannya harus selalu dijaga. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata Anda. Dengan mata yang sehat, Anda dapat melihat dengan jelas dan melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih nyaman.

Segala aktivitas sehari-hari tidak lepas dari peran mata sebagai organ penglihatan. Meski fungsinya dapat menurun seiring bertambahnya usia, berbagai upaya dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah berbagai penyakit mata.

Kesehatan mata harus dijaga agar tidak cepat rusak. Oleh karena itu, peran mata sebagai organ penglihatan tidak dapat digantikan oleh organ tubuh lainnya. Banyak gangguan kesehatan mata yang dapat terjadi antara lain mata gatal, kehilangan penglihatan, mata kering, dan rabun jauh.

 Kami memiliki bebrapa tips kesehatan mata untuk diikuti!

 Makan makanan yang sehat dan seimbang

Hal pertama yang harus dilakukan adalah makan makanan yang sehat dan seimbang. Salah satunya adalah buah dan sayur. Untuk menjaga kesehatan mata, Anda bisa makan sayuran hijau yang berwarna kuning atau hijau tua. Juga, konsumsi ikan tidak bisa diabaikan. Ini karena sumber seperti asam lemak omega-3 dapat membantu melindungi mata Anda.

 Pemeliharaan Berat Badan

Pemeliharaan berat badan juga telah terbukti mempengaruhi kesehatan mata. Dan kelebihan berat badan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Salah satunya adalah risiko terkena obesitas dan diabetes. Tentu saja, jika Anda memiliki diabetes tinggi, mata Anda akan mengalami retinopati diabetik dan glaukoma.

 Latihan Fisik Secara Teratur

Latihan fisik tidak hanya berdampak positif pada kondisi fisik dan mental Anda, tetapi Anda bahkan mungkin tidak menyadarinya. Tentu saja, olahraga juga dapat membantu mencegah diabetes, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.  Berolahraga secara teratur dapat mengurangi risiko masalah mata dan penglihatan.

Kenakan kacamata pengaman

Untuk mencegah masalah mata, Anda harus memakai kacamata pengaman saat berolahraga atau bekerja, terutama jika Anda bekerja di pabrik, lokasi konstruksi, atau proyek. Mengenakan kacamata pengaman tentu saja akan menghindari cedera mata.

 Berhati-hatilah saat merias wajah.

Kosmetik dalam bentuk cair atau krim biasanya rentan terhadap pertumbuhan bakteri jika dibiarkan terlalu lama tidak digunakan. Oleh karena itu, buanglah setelah 3 bulan penggunaan dan ganti kosmetiknya. Anda juga harus mencuci muka secara menyeluruh sebelum dan sesudah merias wajah.

jang terlalu lama menatap layar komputer atau smartphone karena dapat menyebabkan ketegangan mata.

Dilarang merokok

Terakhir, jika Anda ingin meningkatkan kesehatan mata, Anda harus menghindari rokok. mengapa? Ini karena merokok tidak hanya menyebabkan kanker, tetapi juga menempatkan Anda pada risiko penyakit mata seperti degenerasi makula, katarak, dan saraf optik.