PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Manfaat Lari Di Pagi Hari


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  01 March 2023  |   510 Pengunjung

Manfaat Lari Di Pagi Hari

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  01 March 2023 Manfaat Lari Di Pagi Hari

 

Beberapa orang mengatakan waktu pagi adalah waktu terbaik untuk berolahraga. Udara sejuk dan belum tercemar polusi serta suasana yang masih sepi sangat mendukung untuk melakukan kegiatan seperti berolahraga. Kegiatan olahraga yang bisa di lakukan pagi hari sangat beragam, salah satunya lari pagi.

Waktu terbaik untuk lari

Pembahasan mengenai waktu terbaik untuk lari adalah waktu pagi. Namun, ada sebagian yang mengatakan lari juga baik dilakukan di sore hari.

Baik waktu pagi atau sore keduanya memiliki manfaat yang sama bagusnya untuk kesehatan tubuh. Tetapi tetap ada beberapa manfaat lari pagi yang tidak ada pada lari saat sore dan begitu juga sebaliknya.

Manfaat lari saat pagi hari

Jika kamu sudah mulai membiasakan diri untuk melakukan lari pagi akan ada beberapa manfaat yang kamu rasakan. Berikut manfaat lari pagi.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Lari pagi dengan rutin dapat membantu meningkatkan metabolisme pada tubuh. Selain itu sel-sel imun pada tubuh juga akan semakin meningkat. Hal tersebutlah yang menjadi alasan daya tahan tubuh meningkat saat lari pagi

Dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat lari pagi selanjutnya adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Dilakukan pengamatan kepadanya sekelompok orang dengan pra-hipertensi, rutin lari pagi dapat menurunkan diastolic pada malam harinya.

Baik untuk kesehatan paru-paru

Udara pagi yang masih asri tanpa kontaminasi asap kendaraan memiliki kandungan oksigen yang jauh lebih tinggi jika di bandingkan saat sore atau malam hari. Udara yang baik tentu akan sangat berdampak baik bagi kesehatan paru-paru. Saat sedang berlari oksigen yang bersih akan mengisi paru-paru. Hal tersebut dapat membuat paru-paru lebih sehat.

Otot dan tulang menjadi lebih kuat

Tulang yang kuat adalah tulang yang sering digunakan untuk melakukan aktivitas fisik. Dengan rutin lari pagi resiko pengeroposan tulang akan menurunkan. Selain tulang, lari pagi juga bagus untuk meningkatkan massa otot.

Membuat tidur lebih nyenyak

Lari pagi sangat berperan besar dalam meningkatkan kualitas tidur. Bahkan, lebih baik di banding waktu sore atau malam hari.

Jam yang baik untuk lari pagi

Diperkirakan sekitar pukul 06.00-07.00 pagi adalah waktu yang ideal untuk lari pagi. Usahakan untuk lari pagi selama kurang lebih 30-45 menit. Dan lakukan 3-4 kali dalam seminggu. (vin/ast)