PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Donor Darah, Hal Sederhana Untuk Menyelamatkan Dunia


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  15 June 2023  |   833 Pengunjung

Donor Darah, Hal Sederhana Untuk Menyelamatkan Dunia

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  15 June 2023 Donor Darah, Hal Sederhana Untuk Menyelamatkan Dunia

Kemarin pada hari Rabu, 14 Juni 2023 masyarakat internasional memperingati Hari Donor Darah Sedunia 2023. Hari Donor Darah Sedunia memiliki tujuan guna membuat peningkatan kesadaran terkait darah yang aman untuk transfusi. Sekaligus bentuk terima kasih pada para sukarelawan yang telah mendonorkan darahnya.

Setiap donasi darah atau plasma merupakan hadiah berharga bagi mereka yang sangat membutuhkan. Donor darah, dengan hal yang sederhana sudah dapat menyelamatkan nyawa banyak orang. Donasi sukarela suplai darah yang berkelanjutan adalah kebaikan bagi dunia kesehatan.

Akses suplai darah donasi sukarela merupakan sebuah kepentingan bagi pasien-pasien yang membutuhkan transfusi sepanjang umur hidupnya. Sumbangan plasma berperan penting guna menjadi pendukung pasien berkondisi jangka panjang selayaknya Hemofilia serta imun.

Kemudian, apa tema peringatan Hari Donor Darah Sedunia untuk tahun 2023 ini? Simak informasi yang singkat dari ASURANSIKU.id seputar Hari Donor Darah Sedunia 2023 berikut ini.

Tema Hari Donor Darah Sedunia 2023
Hari Donor Darah Sedunia yang diperingati setiap tahunnya, mengusung berbeda-beda tema. Dikutip ASURANSIKU.id dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tema yang diusung Hari Donor Dunia 2023 adalah "Give blood, give plasma, share life, share often". Bila dalam bahasa Indonesia bisa diartikan "Berikan darah, berikan plasma, bagikan kehidupan, bagikan secara teratur".

Kampanye Hari Donor Darah Sedunia 2023 ini sebagai wujud rasa terima kasih bagi pendonor-pendonor darah serta mendorong pendonor baru di masyarakat dunia.

Sehat yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa harus dibagikan kepada dunia. Mendonor darah sesering mungkin dapat membantu kualitas hidup pasien agar semangat menjalani aktivitas sehari-hari mereka. Pendonor darah yang sehat membangun pasokan transfusi darah aman bagi seluruh negara di dunia.

Peran penting dari pendonor darah serta plasma sukarela yang tak dibayar untuk pencapaian akses universal pada produk darah agar aman bagi seluruh populasi dunia. Negara tuan rumah perhelatan dunia Hari Donor Darah Sedunia pada tahun 2023 diselenggarakan di Aljazair.
Sejarah Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni.

Dikutip ASURANSIKU.id dari laman resmi WHO, kali pertama Hari Donor Darah Sedunia  diperingati pada tahun 2004. Pada acara Majelis Kesehatan Dunia tahun Ke-58 yang dilangsungkan 2005 silam, Hari Donor Darah Dunia lantas ditetapkan dengan resmi sebagai perhelatan merayakan pendonor darah tahunan.
Hari Donor Darah Sedunia tanggal 14 Juni, ternyata memperingati juga kelahiran Karl Landsteiner. Landsteiner adlah dokter ahli biologi yang meriah pencapaian tertinggi pada Nobel Kedokteran tahun 1930 bagi karyanya pengklasifikan golongan darah.

Landsteiner pioner bagi dunia yang berhasil mengklasifikasikan darah manusia jadi golongan yang kita kenal dewasa ini seperti A, B, AB, dan O. Karya Karl Landsteiner merevolusi praktik transfusi darah bagi banyak orang bergolongan darah yang cocok. Hal ini banyak membantu peningkatkan keamanan transfusi darah.