PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Cek Kesehatan Jantung Mudah di Rumah


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  31 March 2022  |   167 Pengunjung

Cek Kesehatan Jantung Mudah di Rumah

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  31 March 2022 Cek Kesehatan Jantung Mudah di Rumah

Jantung merupakan organ yang paling vital dalam tubuh manusia. Ini terutama bertanggung jawab untuk memompa darah ke seluruh tubuh Anda melalui sistem peredaran darah. Ini juga memasok oksigen dan nutrisi yang diperlukan ke jaringan jantung sambil menghilangkan limbah seperti karbon dioksida. Jaringan tubuh Anda membutuhkan pasokan nutrisi yang konstan ini agar tetap aktif. Jika jantung tidak mampu memasok darah ke semua organ dan jaringan, mereka akan mati. Oleh karena itu penting untuk menjaga kesehatan jantung. Anda harus memastikan Anda memiliki diet seimbang dan juga memasukkan aktivitas fisik setiap hari untuk menjaga jantung Anda tetap sehat dan kuat. Selain itu, Anda dapat memeriksa kesehatan jantung di rumah. Apa saja yang dapat kita lakukan.

Bagaimana cara memeriksa kesehatan jantung di rumah? 
Anda dapat memeriksa seberapa sehat jantung Anda dengan melakukan serangkaian tes dalam kenyamanan rumah Anda. Mari kita lihat tes termudah yang dapat Anda lakukan di rumah.

1. Periksa detak jantung istirahat Anda

Untuk menentukan detak jantung istirahat Anda, Anda harus duduk dengan tenang selama minimal 5 menit. Selanjutnya, Anda harus meletakkan telunjuk dan jari tengah pada arteri karotis Anda yang terletak di sisi leher, dekat dengan garis rahang. Anda harus menghitung detak jantung Anda selama 20 detik dan angka itu harus dikalikan dengan 3 (untuk membentuk satu menit) untuk menentukan detak jantung istirahat Anda. Dari sini, Anda dapat menarik kesimpulan di bawah ini.

Jika jumlah detak jantung mencapai 60 detak atau kurang per menit, jantung Anda sehat dan dalam kondisi baik.
Jika jumlah detak jantung mencapai 60-80 detak per menit, jantung Anda tidak sesehat yang seharusnya tetapi juga tidak ada alasan untuk khawatir.
Jika rata-rata detak jantung per menit melebihi 80, jantung Anda bekerja lebih keras dari yang seharusnya untuk memompa darah, dan Anda mungkin perlu menemui dokter Anda.

2. Metode latihan dan pemulihan
Cara lain untuk memeriksa kesehatan jantung di rumah atau di gym adalah melalui metode latihan dan pemulihan. Anda perlu berolahraga sekuat mungkin di treadmill atau sepeda stasioner selama kurang lebih 2-3 menit. Mesin tersebut biasanya memiliki fungsi yang dapat menunjukkan detak jantung Anda dan Anda harus mencatat nomornya. Tunggu sebentar, berolahraga dengan jumlah waktu yang sama dan catat detak jantung Anda sekali lagi. Sekarang, Anda harus mengurangi angka detak jantung pertama dari yang kedua. Jika selisih antara kedua angka tersebut kurang dari 18, itu menunjukkan bahwa jantung Anda dapat pulih dari olahraga dengan cepat dan berfungsi dengan baik. Namun, jika selisih antara kedua angka tersebut melebihi 18, maka jantung Anda mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Periksa lingkar pinggang Anda
Ini adalah metode lain yang unik namun efektif untuk memeriksa kesehatan jantung di rumah. Ukuran pinggang Anda dapat membantu Anda memprediksi kadar kolesterol, hipertensi, dan risiko abnormal yang terkait dengan penyakit jantung. Lemak yang terakumulasi di sekitar perut umumnya dikaitkan dengan peradangan dan pengerasan pembuluh darah serta hipertensi dan resistensi insulin.

Cukup bungkus selotip di pinggang dekat pusar untuk mengukur lingkar. Lepaskan napas dan kemudian lihat pita pengukur. Pada dasarnya, ukuran pinggang Anda tidak boleh melebihi lebih dari setengah tinggi badan Anda.

Sekarang setelah Anda mengetahui cara memeriksa kesehatan jantung di rumah, Anda harus melakukan tes ini secara teratur untuk memastikan jantung Anda kuat dan sehat. Tes-tes ini sederhana, ekonomis dan tidak mengharuskan Anda menjalani tes darah atau rontgen apa pun sehingga semuanya menjadi lebih nyaman.

Jika ada sesuatu yang dapat menjembatani kesenjangan antara kesehatan jantung Anda dan biaya rawat inap yang berlebihan adalah polis asuransi kesehatan ASURANSIKU.id yang ideal. Dapatkan informasinya cukup dengan menghubungi 0812-8362-7588