PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Mengenal Gejala DBD: Tanda-tanda yang Perlu Diwaspadai


IT Digital  |  Gaya Hidup dan Kesehatan  |  22 March 2024  |   515 Pengunjung

Mengenal Gejala DBD: Tanda-tanda yang Perlu Diwaspadai

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  22 March 2024 Mengenal Gejala DBD: Tanda-tanda yang Perlu Diwaspadai

Dengue Fever (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Meskipun gejala DBD dapat bervariasi, penting bagi kita untuk mengenali tanda-tanda yang mungkin muncul. Dalam artikel ini, kita akan membahas gejala DBD yang perlu diwaspadai.

1. Demam Tinggi

Salah satu gejala utama DBD adalah demam tinggi yang tiba-tiba muncul. Penderita mungkin merasakan kenaikan suhu tubuh secara drastis, yang dapat mencapai 40 derajat Celsius. Demam ini seringkali disertai dengan rasa tidak nyaman dan kelelahan.

2. Nyeri Sendi dan Otot

Gejala DBD juga dapat mencakup nyeri sendi dan otot yang intens. Penderita mungkin merasakan ketidaknyamanan atau bahkan rasa sakit saat bergerak. Nyeri ini dapat terlokalisasi di bagian belakang mata, lutut, dan sendi-sendi lainnya.

3. Ruam Kulit

Ruam kulit juga dapat menjadi gejala DBD yang perlu diperhatikan. Biasanya, ruam ini muncul setelah fase demam, dan dapat terlihat seperti bintik-bintik merah atau ruam gatal. Pengamatan terhadap perubahan pada kulit dapat membantu mendeteksi adanya infeksi virus dengue.

4. Pendarahan

Pendarahan merupakan gejala serius yang dapat muncul pada fase lanjut DBD. Penderita dapat mengalami mimisan, gusi berdarah, atau bahkan pendarahan pada organ dalam. Jika Anda mengalami gejala pendarahan, segera konsultasikan dengan tenaga medis untuk penanganan lebih lanjut.

5. Nausea dan Muntah

Nausea atau mual, serta muntah, juga dapat terjadi pada penderita DBD. Gangguan pada saluran pencernaan ini bisa disertai dengan penurunan nafsu makan, yang dapat memperburuk kelemahan tubuh akibat demam.

Kesimpulan

Mengenali gejala DBD merupakan langkah awal yang penting untuk pencegahan dan penanganan dini. Jika Anda atau orang di sekitar Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera cari bantuan medis untuk diagnosis dan perawatan yang tepat. Penting juga untuk menjaga kebersihan lingkungan, menggunakan kelambu, dan menghindari kumpulan air yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti.

Dalam menghadapi risiko DBD, kesadaran masyarakat menjadi kunci. Semakin banyak orang yang memahami gejala dan upaya pencegahan, semakin efektif kita dalam melawan penyebaran penyakit ini. Mari bersama-sama menciptakan lingkungan yang bebas dari nyamuk penyebab DBD dan jadilah pahlawan pencegahan penyakit ini.

Tertarik melindungi diri dan keluarga dari risiko kesehatan, termasuk gejala DBD? Jangan tunda lagi! Temukan perlindungan terbaik dengan Asuransi Kesehatan dari ASURANSIKU.id. Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang ragam pilihan perlindungan untuk keluarga dan karyawan.

Temukan Asuransi Kesehatan Terbaik Anda sekarang!

Jangan biarkan ketidakpastian kesehatan menghantui. ASURANSIKU.id siap mendampingi Anda melangkah menuju perlindungan yang komprehensif. Kunjungi situs web kami, pilih produk yang sesuai, isi data pertanggungan, dan nikmati keamanan serta ketenangan pikiran. Proses serba online yang cepat dan mudah – hanya di ASURANSIKU.id!

Baca juga: Penyebab Penyakit Jantung: Mencegah Risiko dengan Kesehatan Anda

WhatsApp ASURANSIKU.id WhatsApp Customer Service