PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Kerusakan Mobil Akibat Jalan Berlubang: Bahaya dan Dampaknya


Rosasiva  |  Otomotif  |  09 May 2023  |   2097 Pengunjung

Kerusakan Mobil Akibat Jalan Berlubang: Bahaya dan Dampaknya

Otomotif  |  09 May 2023 Kerusakan Mobil Akibat Jalan Berlubang: Bahaya dan Dampaknya

Ban mobil menjadi komponen dengan secara langsung menyentuh jalanan. Oleh sebab itu, ban merupakan satu bagian yang paling terdampak kerusakan mobil akibat jalan yang berlubang. Sewaktu melaju kencang, bisa saja mobil dengan keras menyentuh jalanan serta timbul benjolan pada bagian atasnya. Benturan keras dari jalanan menjadi penyebab ban bocor hingga benjol, tentu ini tak nyaman untuk mengendarai mobil. Selain itu, berkendara mobil pada jalanan berlubang dapat menyebabkan kempis. Lubang mempunyai tepi yang tajam serta keras hingga menekan ban menjadi keras. Karenanya, ban menjadi kikis atau robek karena sering tergoncang atau terlempar.

Bila ban bocor bisa dibawa ke tambal ban agar ditambal pada bagian yang rusak. Namun sewaktu ban mobil Sahabat ASURANSIKU.id benjol, kawat penyangga tapak ban bahkan keluar, maka sangat berbahaya sewaktu berkendara. Bila begitu sudah, Sahabat ASURANSIKU.id wajib segera bawa mobil ke bengkel terdekat demi mendapat perbaikan.

 

Berbagai Kerusakan Mobil Akibat Jalan Berlubang


Sewaktu melintas jalanan berlubang, pengendara sering tidak menyadari bila lubang tersebut tak dapat dilintasi sembarangan. Ini berakibat mereka main labas lintasan yang ada tanpa mikir tentang risiko kerusakan yang ada. Berikut ini kerusakan-kerusakan mobil yang diakibatkan jalan berlubang dan harus Sahabat ASURANSIKU.id perhatikan.

1. Pelek Mobil Menjadi Peyang
Mobil yang sering kena benturan keras ketika melewati lubang biasanya membuat sisi pelek menjadi bengkok atau peyang. Pelek mobil bila sudah peyang berdampak ke pengemudinya, menjadi kesulitan mengendarai mobil akibat tidak adanya keseimbang di jalanan. Guncangan keras pada mobil bisa menjadikan penumpang-penumpang serta pengemudinya tidak nyaman dan berdampak mual.

Pelek ban mobil bisa saja retak, posisinya geser, yang lebih bahaya menjadi penyebab kecelakaan. Oleh karenanya, roda mobil tak mampu berfungsi semestinya. Bila seperti ini sudah, penanganan profesional dibutuhkan untuk memperbaikinya. Perbaikan pada bengkel khusus ban atau yang parah mesti ganti dengan ban yang baru.

Hati-hati ketika lewati jalanan berlubang sebab kerusakan mobil akibat jalan berlubang parah pada pelek mobil sangat berbahaya. Ditambah lagi saat hujan, kecelakaan sering terjadi karena pengemudi mobil tidak melihat adanya lubanbg ynag terendam banjir. Sahabat ASURANSIKU.id mesti memperhitungkan lubang pada jalanan guna menghindari sesuatu yang tak diinginkan.

2. Knalpot Mobil Patah
Selain pelek mencong, bengkok, pentok, kerusakan mobil yang lain akibat jalan berlubang lainnya adalah knalpot mobil patah atau ambrol. Knalpot yang berada di sisi buntut mobil cukup rentan rusak ketika lewati jalanan penuh lubang. Efeknya knalpot jadi penyok serta rusak karena benturan. Paling fatal knalpot dapat lepas dari bodi mobil.

Kerusakan knalpot membuat suara mobil bising serta tenaganya kurang akibat bocor. Mobil berknalpot rusak mempengaruhi kinerja mesin akibat pembuangan sisa pembakaran tak optimal. Asap knalpot bisa merambet ke kabin mobil serta untuk kesehatan penumpang dan pengemudinya berbahaya. Gas emisi karbon dioksida merupakan racun yang akan membahayakan kesehatan penumpang, dan bisa menyebabkan kematian.

Bila terjadi kerusakan seperti knalpot berlubang karena mobil sering jalan di kondisi berlubang, maka Sahabat ASURANSIKU.id mesti perbaiki dengan segera bawa ke bengkel mobil terdekat. Sahabat ASURANSIKU.id mesti ke bengkel yang dapat mengidentifikasi serta memperbaiki knalpot mobil dengan sempurna. ASURANSIKU.id memiliki bengkel rekanan yang sanggup memperbaiki semua jenis kebutuhan mobil, sehingga Sahabat ASURANSIKU.id dapat secara langsung konsultasi kerusakan mobil, yang juga termasuk knalpot.

3. Bodi Mobil Penyok
Yang terlihat paling mencolok dari kerusakan mobil sebab jalan berlubang yaitu bodi sisi bawah mobil penyok akibat sering menghantam lubang dalam perjalanan. Hal ini terjadi bila lubang penuh dengan kerikil kecil atau cekungannya dalam. Kejadian ini merusak bodi mobil dengan sangat parah. Mobil ber-ground clearance rendah layaknya type sport serta sedan berrisiko tinggi kerusakan bodinya ketimbang yang tinggi seperti truk. Bodi bawah mobil bagian bumper mobil sering rusak karena lubang. Agar Sahabat ASURANSIKU.id terhindar dari kerusakan ini, maka kesigapan dibutuhkan supaya terhindar dari lubang jalanan.(ast/rsv)

WhatsApp ASURANSIKU.id WhatsApp Customer Service