PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Tembok rumah retak ? begini menyiasatinya

Properti  |  24 August 2022  |   345 Pengunjung

Tembok rumah retak ? begini menyiasatinya

Properti  |  24 August 2022 Tembok rumah retak ? begini menyiasatinya

Bangunan yang terbuat dari beton untuk sebuah tembok, acap kali mengalami masalah seperti lumut di permukaan, lubang tembok karena suatu tekanan maupun getaran, hingga keretakan yang disebabkan beberapa hal, diantaranya karena usia bangunan, hal ini sangat tidak bisa diremehkan karena bisa saja mengancam keselamatan penghuni rumah.

Diketahui terdapat tiga jenis keretakan pada tembok, yaitu retak rambut wujud keretakannya yang tampak halus setipis rambut dan hanya meretakkan lapisan luar tembok seperti cat atau semen putihnya, selanjutnya retak jenis menjalar, dimana ukurannya panjang bercabang, akibatnya lama kelamaan bisa memecah struktur tembok, dan yang terakhir adalah retak lebar, tentu ini memang retak lebar tidak juga menjalar, dan dampaknya bisa membuat kerusakan serius dalam waktu dekat.

Wallpaper atau cat ulang
Jika kerusakannya hanya sebatas retak rambut, artinya memang kerusakan kecil yang tidak mengancam kekuatan tembok dan bangunan, sehingga hanya dibutuhkan lapisan untuk menghias, agar mendapat kesan indah dan enak dipandang, sehingga aplikasikan wallpaper maupun melakukan cat ulang adalah solusi utama.

Dalam kasus umum, standar retak rambut adalah, apabila ujung tusuk gigi tidak bisa masuk ke lubang retakan tersebut, artinya masih tergolong retak rambut, namun jika tusuk gigi bisa masuk apalagi lebih dari jatah seperempat tusuk giginya, maka keretakan tersebut tidak bisa hanya dicat ulang.

Tidak hanya wallpaper ataupun cat ulang, menutupi dengan kaca full body, panel dinding, bingkai atau lukisanpun cukup menggantikan kesan tidak sedap dipandang, atau segala aksesoris dinding lainnya, bisa ditempatkan untuk menutupi celah rusak tembok.

Compound
Selanjutnya memberikan lapisan compound ataupun semen putih dapat menjadi solusi teraik untuk menambal keretakan jenis menjalar, hal ini adalah langkah awal agar tidak berkembang menjadi kerusakan retak lebar, yang sudah pasti kamu akan merogoh kocek lebih dalam untuk perbaikannya.

Kamu juga bisa menggunakan plester drywall ataupun cat bertekstur yang memang dirancang untuk menutupi dan menambal retakan menjalar supaya kamu tidak lagi khawatir akan kerusakan yang lebih parah, tentunya plester drywall harus kamu kombinasikan dengan cat tembok, dengan dempul, juga semen putih dan jangan lupakan cat tembok.

Rumah yang dihuni maupun tidak, tentu mempunyai usia bangunannya masing-masing, tergantung kontur tanah, area rumah apakah dekat sungai atau tidak, hingga kualitas dari bangunan itu sendiri, maka dari itu perawatan rumah sangatlah dibutuhkan.

Pastikan saat hendak membeli atau membangun rumah anda secara custom, sudah mengetahui jenis bahan bangunan maupun cara pengerjaannya, atau sedikitnya saat serah terima, bisa meminta didampingi seorang yang paham struktur bangunan, jangan lupa asuransikan rumah anda dengan produk asuransi properti terbaik.(Arm)