PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Banyak diperbincangkan, kini Sambo jadi perhatian dunia

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  24 August 2022  |   418 Pengunjung

Banyak diperbincangkan, kini Sambo jadi perhatian dunia

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  24 August 2022 Banyak diperbincangkan, kini Sambo jadi perhatian dunia

Begitu banyak berita berseliweran di lini masa, bahkan browser Microsoft Edge yang juga menampilkan isi dari situs kesayangannya yaitu MSN sebagai agregator berita, sejak dimulainya invasi Rusia atas Ukraina, karena daya tempur tentara beruang merah banyak menjadi perbincangan, baik dari persenjataan, taktik perang, sampai pasukan khususnya.

Jika Kopassus dari TNI Angkatan Darat memiliki Merpati Putih sebagai bela diri tangan kosong yang terkenal dipelajari dan mumpuni karena didalamnya terdapat ilmu tenaga pernapasan, adalah Russian Sambo beladiri yang banyak dipakai warga Rusia, dalam bahasan ini adalah Spetsnaz tentara khusus Rusia yang terkenal akan kemampuan tempurnya.

Asal usul Sambo

Adalah Vasily Oshchepkov seorang asli Russia yang lahir sejak era 1800an di masa kekaisaran Tsar, tidak terlalu jelas kapan sang penemu memulai bela dirinya, namun disebutkan bahwa Vasily pernah belajar ilmu bela diri Judo di Jepang, ketertarikannya ini sama halnya mendiang Bruce Lee yang mempelajari Wing Chun dan mengembangkannya menjadi Jeet Kune Do.

Dengan pengalamannya berlatih dan bertanding, Vasily mempadu padankan bela diri Judo dengan Karate juga Boxing, melatih pukulan Tinju yang keras untuk memberikan rasa sakit pada lawan, teknik penyerangan dan kunciannya sangatlah cepat dan kuat, dan mampu menghempaskan lawannya ke tanah, hingga ground fight, bahkan bela diri ini cocok untuk pertandingan satu lawan beberapa orang sekaligus.

Sambo menjadi perhatian dunia

Bahkan sejak ramai diperbincangkan kehebatan Khabib Nurmagedov pada ajang seni pertarungan bebas yaitu MMA di gelaran UFC di Amerika Serikat, bela diri dasar Khabib yang adalah Russian Sambo dan dikembangkan menjadi Mix Martial Art cukup mencuri perhatian publik.

Pasalnya teknik kunciannya sangat improvisasi, meski dihadapkan dengan lawan yang memiliki ilmu bela diri yang terlatih, Sambo mengajarkan pertarungan mengikuti dan membalikkan serangan lawan dengan mudah, teknik pukulan cepat dan kuat sangat diajarkan pada bela diri ini.

Bahkan diketahui tidak hanya Khabib maupun tentara khusus Rusia Spetsnaz yang memakai ilmu bela diri ini, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin juga menguasai teknik bela diri ini, lantaran latar belakangnya yang mantan agen dinas rahasia Russian KGB.

Manfaat bela diri Sambo

Selain dapat membantu melenturkan otot dan menguatkan tulang, ilmu bela diri memberi manfaat bagi orang yang mempelajarinya agar bisa menjaga dan menyesuaikan diri dalam segala situasi kondisi, karena bisa memberi kepercayaan diri dimanapun dia berada untuk menghindarkan diri dari hal-hal yang tidak di inginkan seperti kejahatan jalanan.

Bela diri sambo dapat menguatkan fisik, melatih pernapasan, apabila di dalami, dapat menjadikan diri sebagai petarung professional, karena jenis bela diri ini sudah sangat diakui, meski begitu professional fight dan miiltary grade fight sangatlah berbeda, karena apabila military grade digunakan untuk membunuh dan melumpuhkan, sedangkan professional hanyalah hiburan semata untuk mengalahkan dari peraturan pertandingan yang berlaku.

Begitu banyak ilmu bela diri di dunia, tidak ada yang lebih baik atau yang lebih buruk, tergantung siapa yang mempelajarinya, seberapa konsisten melatihnya, dan digunakan untuk apa, termasuk jam terbang pertandingannya, akan menentukan ketangguhan si praktisi bela diri tersebut.

Bela diri adalah salah satu cabang olahraga yang terkenal dan banyak disukai, bela diri Sambo dapat memberikan kesehatan bagi tubuh, akan lebih baik jika stress pada diri juga di olah dengan baik, serta istirahat cukup dan konsumsi makanan maupun minuman bergizi, hal tersebut adalah pencegahan dari datangnya penyakit, sedangkan pencegahan kerugian finansial akibat penyakit, asuransi kesehatan adalah solusi terbaik.(Arm)