PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Arisan, keuntungan untuk perencanaan keuangan

Finansial  |  11 August 2022  |   373 Pengunjung

Arisan, keuntungan untuk perencanaan keuangan

Finansial  |  11 August 2022 Arisan, keuntungan untuk perencanaan keuangan

Arisan yang seringkali dikaitkan dengan hal kerukunan, kumpul-kumpul, keseruan ini adalah karena mengakrabkan pertemanan dengan tujuan finansial bersama, meskipun kadang, uang bisa saja kapanpun menjadi masalah dalam pertemanan, tapi dengan batasan seperti ini, mungkin bisa lebih membatasi.

Dalam satu circle yang saling percaya ini setiap minggu atau setiap bulan, maupun dalam periode yang disepakati bersama, biasanya akan mengumpulkan sejumlah uang untuk diundi secara bergilir, dimana uang yang di undikan tersebut dan yang sudah mendapatkan, tidak akan terdaftar lagi di undian selanjutnya, semua di ulang sampai masing-masing individu mendapatkan uang yang dikumpulkan bergiliran.

Arisan seringkali dianggap seperti cara menabung 'paksa' dengan jangka waktu menengah, biasanya bergantung dengan nominal yang dikumpulkan, dan peraturannya cukup bebas, yaitu tiap peserta bisa mendaftar 2 account, sehingga 1 orang setor 2x nominal dari peserta lainnya, tapi akan mendapatkan 2x undian pula.

Kegiatan ini memang seringkali di isi oleh para wanita khususnya ibu-ibu, tapi tidak menutup kemungkinan dari pria di lingkup rekan kerja, undiannya juga tidak harus uang, bisa juga berupa merchandise yang dibeli dari uang hasil kolektif tadi.

Hal terpenting seringkali adalah kegiatan gatheringnya dengan konsumsi atau acara makan-makan maupun minum seru, sambil kongkow dan membahas hal-hal yang ringan seputar circle tersebut ataupun kegiatan personal masing-masing peserta, bisa juga di isi tentan sharing terhadap suatu hal yang dirasa penting bagi seluruh peserta.

Biasanya pada satu putaran, akan bertambah jumlah pesertanya ataupun bisa juga berkurang, arisan adalah sarana untuk membantu mengakrabkan satu diantara sekian perkumpulan yang berniat sama, yaitu menabung dengan cara-cara yang menyenangkan.

Manfaat arisan tentunya selain merekatkan silaturahmi, juga bisa membantu pesertanya untuk menabung uang, hingga di masa yang beruntung itu, uang tersebut cair sehingga bisa dibagikan pada peserta yang berhak mendapatkan, tentunya dengan undian yang fair seperti yang dijelaskan diatas.

Arisan masih terbilang wajar dan sering di Indonesia, hampir semua lapisan masyarakat menjalankan kegiatan ini, baik di lingkup kerja ataupun hobi komunitas, bahkan dengan tetangga ataupun keluarga besar, hasil dari arisan bisa di putar kembali untuk investasi ataupun untuk menabung.

Dalam mengelola keuangan, menabung cara arisan cukup direkomendasikan karena hasilnya bisa terlihat, agar tabungan ataupun pengelolaan uang tetap berjalan normal dan sesuai rencana keuangan jangka panjang, jagalah diri dengan asuransi, seperti asuransi mobil terbaik, agar jika di kemudian hari mengalami hal yang merugikan terkait mobil kamu, tidak harus menguras tabungan dari arisan kamu.(Arm)