PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Libur Sekolah Tiba, Ini Rekomendasi Wisata Seru

Pariwisata  |  21 June 2022  |   221 Pengunjung

Libur Sekolah Tiba, Ini Rekomendasi Wisata Seru

Pariwisata  |  21 June 2022 Libur Sekolah Tiba, Ini Rekomendasi Wisata Seru

Momen yang paling dinantikan oleh para pelajar, khususnya anak-anak, karena pada musim libur ini mereka bisa menikmati santai, lepas dari tanggung jawab sehari-harinya yang harus belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah, menikmati permainan rumah, berlibur ke rumah saudara, hingga berwisata bersama orang tua, dengan pilihan wisata yang sangat beragam.

Mulai dari yang harga tiket masuknya berkisar puluhan ribu hingga yang bisa menghabiskan uang jutaan. Seberapapun dana yang dijadikan anggaran oleh para orang tua dalam mengisi liburan sekolah kali ini, sebaiknya di pertimbangkan alternatif liburan sekolah buat anak-anak sekaligus sebagai sarana edukasi buat mereka. Jadi, kita bisa sekaligus berwisata dan belajar seperti pepatah "sambil menyelam minum air" atau "sekali kayuh dua-tiga pulau terlampaui".

Contoh sederhana, kita bisa mencari tujuan wisata selama liburan sekolah ke tempat-tempat yang ada di sekitar kita seperti Kebun Raya dan Kebun Binatang sebagai tempat wisata edukatif tersebut. Kebun Raya dan Kebun Binatang ini bisa mudah itemui hampir di setiap kota.

Misalnya ada Secret Zoo di Malang, KBS di Surabaya, Kebun Binatang Ragunan di Jakarta, Gembira Loka di Jogjakarta, Taman Balekambang di Kota Solo, Taman Safari di Bogor dan Pasuruan. Atau taman-taman kecil yang saat ini banyak dikembangkan dengan beberapa penambahan satwa di dalamnya seperti Taman Bermain di Waduk Karangkates yang menggabungkan wisata flora dan fauna di dalamnya, Jawa Timur Park yang di dalamnya terdapat bangunan khusus untuk belajar ilmu sains dilengkapi juga beberapa patung hewan disertai nama latinnya. 


Kebun Raya Bogor atau Kebun Raya Purwodadi juga alternatif menarik untuk pengenalan aneka tumbuhan. Bunga Raflesia Arnoldi tentunya menjadi hal menarik bagi anak-anak karena keunikannya dan jarang bisa ditemukan di tempat lain.

Taman Pintar Yogyakarta
Kota Istimewa yang pernah menjadi Ibu Kota sementara Indonesia pada masa kolonial Hindia Belanda, terdapat area wisata edukasi yang berada di Jalan Panembahan Senopati nomor 1-3, dekat dengan kawasan Benteng Vredeburg. Taman ini dikelola langsung oleh pemerintah setempat sebagai sarana belajar bagi para siswa dan orang-orang yang ingin memperdalam ilmu pengetahuan dengan cara yang seru.

Museum Purbakala
4 Jam ke arat Timur dari Yogyakarta, terletak di Sragen satu tempat liburan yang menarik karena tema yang ditawarkannya yakni Museum Purbakala Sangiran, begitu memasuki destinasi wisata edukasi di Indonesia satu ini, kamu akan dibawa ke dunia masa lalu yang memukau. Museum yang berada di area situs warisan budaya UNESCO ini merupakan lokasi ditemukannya salah satu fosil manusia purba. Bersama anak-anak dan keluarga, kamu bisa belajar tentang evolusi manusia dan bumi di objek wisata edukasi di Indonesia ini.

Museum Angkut
Sekitar 6 jam perjalanan darat ke arah Tenggara, yaitu di Malang, satu tempat liburan bertema edukasi yang tidak kalah unik dan menarik yakni Museum Bagong. Dikenal dengan nama lain The Bagong Adventure, destinasi wisata edukasi di Indonesia ini tidak hanya cocok dikunjungi oleh anak-anak tapi juga remaja hingga dewasa.

Penasaran dengan kondisi kesehatan tubuhmu? Kamu juga bisa sekalian memeriksakan diri di zona The Value Adventure, Destinasi wisata Edukasi di Indonesia ini berlokasi di Jalan Kartika No. 2 Kota Wisata Batu. Posisinya yang berada di pusat kota bisa kamu jangkau baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Alternatif bagi warga Jabodetabek yang ingin berhemat namun bisa tetap liburan di sekitaran Ibu Kota DKI Jakarta saja yang kemungkinnan bisa dilakukan hampir setiap hari, cukup dengan kendaraan carteran, atau kendaraan pribadi roda dua, hingga transportasi masal yaitu KRL.

Planetarium Jakarta
Wisata edukasi untuk mempelajari tentang planet dan ruang angkasa, langsung saja singgah ke Planetarium dan Observatorium Jakarta. Indonesia sendiri sebenarnya memiliki 3 wahana simulasi dengan konsep serupa. Selain yang berada di Kutai, Kalimantan Timur dan di Surabaya Jawa Timur, Planetarium Jakarta adalah yang tertua.

Taman Mini Indonesia Indah 
Sebagai salah satu atraksi yang sudah beroperasi cukup lama, TMII menjadi lokasi liburan edukasi favorit tidak hanya bagi penduduk setempat tapi juga juga yang berasal dari luar kota. Di tempat ini, pengunjung bisa mempelajari keberagaman adat istiadat yang dimiliki oleh Indonesia.

Selain itu, di tujuan wisata edukasi Indonesia ini kamu dan keluarga juga bisa mampir ke beberapa museum yang ada di dalamnya mulai dari Museum Perangko, Museum Transportasi hingga Museum Listrik.

Kota Tua Jakarta
Ada banyak sekali spot menarik yang bisa kamu jelajahi di kawasan wisata edukasi di Indonesia ini mulai dari Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Stasiun Jakarta Kota yang sudah buka sejak tahun 1929, Pelabuhan Sunda Kelapa yang jadi saksi sejarah kejayaan Sunda Kelapa, Museum Wayang hingga Museum Bahari dan berbagai tujuan wisata edukasi menarik lainnya.

Berlibur akan memberikan pengalaman seru bagi anak, dan bagi orang dewasa akan mengembalikan kesegaran pikiran dan mental setelah berhari-hari ber minggu-minggu berkutat dengan urusan pekerjaan, rasakan weekend bersama keluarga menjelajah tempat-tempat menarik, gunakan asuransi kendaraan saat berlibur menggunakan mobil pribadi agar terhindar dari kerugian finansial akibat hal yang tak terduga, tetap berhati-hatilah berkendara, selamat berlibur.(Arm)