PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Peringatan Hari Guru


Umum  |  25 November 2021  |   1076 Pengunjung

Peringatan Hari Guru

Umum  |  25 November 2021 Peringatan Hari Guru

Di setiap tanggal 25 November, Seluruh warga negara Indonesia, memperingati hari spesial untuk para Guru Nasional dengan bersamaan peringatan Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI.

PGRI adalah sebuah lembaga yang berkaitan dengan sejarah Hari Guru Nasional, pada tahun ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, tepat di 25 November jatuh di hari Kamis, menjadi hari Guru Nasional.

Diawali dengan terbentuknya Persatuan Guru Hindia Belanda di 1912 silam, saat Indonesia di bawah kolonialisme Belanda, dan terbentuklah PGHB sebagai perjuangan para guru di masa itu.

Diisi oleh para guru pribumi, mengisi sebagai kepala sekolah, guru desa tak jarang sebagai pemilik sekolah itu sendiri, meski tak mudah para anggota PGHB berjuang untuk nasib bagi para anggota dengan status sosial maupun latar belakang pendidikan berbeda.

Yang selanjutnya mulai banyak bermunculan organisasi keguruan seperti Persatuan Guru Bantu atau PGB, juga PGAS atau Perserikatan Guru Ambachtsschool, tak ketinggalan pula guru dengan basis keagamaan dan kebangsaan seperti Katolieke Onderwijsbond (KOB), Christelijke Onderwijs Vereneging (COV).

Dengan semangat tinggi, para guru pribumi ini berjuang untuk kehidupan dan kemerdekaan guna mencapai perubahan untuk lebih baik, dan pada 1932 seiring berkembangnya PGHB, dan berubah nama menjadi PGI atau Persatuan Guru Indonesia.

Sebagai cerminan semangat berbangsa guna mencapai perjuangan nasional di masanya, meski pernah di hentikan pergerakannya semasa awal pendudukan Jepang, tetap saja para guru pribumi tetap berjuang dengan semangat menggelora.

Hingga kemerdekaan Indonesia dengan Proklamasinya pada 17 Agustus 1945, PGI kembali bangkit dengan semangat yang semakin menggema, pada 24 - 25 November di Surakarta, PGI menggelar Kongres Guru Indonesia pertama.

Pada kongres ini, PGRI diresmikan, dan pada 25 November, ditetapkan sebagai PGRI, menjadi sebuah penghormatan terhadap seluruh guru di Indonesia, dan menjadi peringatan untuk para Guru hingga hari ini, dan telah menjadi Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Selamat hari Guru, semoga ilmu yang Kau ajarkan menjadi bermanfaat dan menjadi Amal Jariyyah bagimu kelak, Terima Kasih untuk para Guru di Seluruh Indonesia.(Arm)