PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Tips Atur Keuangan Untuk Usaha Rintisan

Finansial  |  05 October 2021  |   94 Pengunjung

Tips Atur Keuangan Untuk Usaha Rintisan

Finansial  |  05 October 2021 Tips Atur Keuangan Untuk Usaha Rintisan

Mengatur keuangan menjadi tantangan berat didepan mata bagi siapapun yang hendak memulai bisnis rintisan ditahap yang sangat awal, apalagi jika sang founder belum memiliki pengalaman dalam manajemen keuangan, sangat riskan bagi usaha rintisan menghadapi permasalahan keuangan buruk di masa depan.

Pemilik bisnis, dituntut untuk berkemauan keras dalam belajar apapun, seperti ketrampilan dan kecakapan dalam me manage bisnis, perhitungan langkah kedepannya, selain kemauan belajar mengelola keuangan, belajar mengenal sistem penggajian dan pajak adalah hal yang tak kalah pentingnya, berikut detailnya.

Pencatatan

Diatas kertas tampak mudah, namun realisasinya seringkali menemui halangan dan kesulitan, ambil 1 jam setiap harinya untuk mencatat dan menganalisa pengeluaran maupun pemasukan, buatlah forecast sederhana untuk cashflow perusahaanmu.

Pengeluaran dan ROI

Perhatian penting dalam manage pengeluaran, karena hal ini berkaitan dengan ROI, seberapa besar eksekusi peluang, seberapa besar kemungkinan mendapat pemasukan dari pengeluaran, perhatikan dengan cermat, gunakan analisis cohort misalnya untuk menakar itu semua.

Tanamkan Kebiasaan Finansial

Jika sejak kecil sudah diajarkan menabung dan berhemat, terapkan juga dalam kehidupan berbisnis anda, agar menjaga kelanggengan usaha anda, terlebih saat pandemi seperti sekarang, jika memiliki aset, atur aset perusahaan dengan baik.

Jasa Profesional

Apabila tidak memungkinkan spending dengan gaji bulanan untuk admin pajak, anda dapat menggunakan jasa tax consultant untuk mengurus ini semua, karena pajak adalah hal yang vital, apabila dimanage oleh consultant, tentu anda tidak lagi perlu khawatir.

Dalam menjalankan bisnis rintisan apapun latar belakang Industrinya, keuangan adalah pondasi dasar yang tak terbantahkan, pengetahuan mengatur keuangan sangatlah penting diterapkan dalam menjalankan bisnis, setelah bisnis berjalan dengan baik, hal terpenting lainnya adalah mengasuransikan tempat usaha anda dengan asuransi properti agar terlindung dari pengeluaran tak terduga yang memberatkan kedepannya.(Arm)