PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Menjaga Keamanan dan Keselamatan Barang Di Gudang

Properti  |  18 June 2021  |   1948 Pengunjung

Menjaga Keamanan dan Keselamatan Barang Di Gudang

Properti  |  18 June 2021 Menjaga Keamanan dan Keselamatan Barang Di Gudang

Menjaga dan mengelola barang dalam volume dan jumlah besar, sangatlah merepotkan, biasanya beberapa pihak akan menggunakan fasilitas penyimpanan gudang, yang selanjutnya adalah memastikan keamanan dan mutu barang terjaga. Karena umumnya terjadi kelalaian dalam pantauan, karena banyaknya jumlah dan tingginya mobilitas barang yang keluar masuk, pastikan telah menjalankan cara ini.

Pengemasan

Untuk melindungi keamanan barang, yang terbaik bisa di lakukan adalah memperhatikan kualitas pengemasan, pakailah box kayu dengan bubble wrap, styrofoam, atau jika bukan box kayu cukup menggunakan kardus, berikan label penangan khusus atau "Fragile".

Palet

Bagi yang pernah menangani logistik dan pengiriman, penggunaan palet adalah yang terpenting, gunanya memberi alas bagi penahanan beban barang yang bervariasi beratnya, selain itu juga dapat digunakan alas agar barang tetap bersih.

Umumnya palet terbuat dari bahan kayu, namun juga ada yang dari bahan plastik agar tidak rusak oleh rayap dalam penyimpanan jangka waktu lama, pastikan juga kondisi gudang terdapat penyimpanan sekat, dan pastikan kondisi berikut untuk penggunaan palet :

1. Jauhkan dari rak penyimpanan apabila tidak di gunakan.
2. Jangan di panjat agar menghindari resiko terjatuh.
3. Pakai alat safety ketika sedang bekerja.
4. Pastikan di tempatkan di tempat yang datar.
5. Berikan jaring atau jala di belakang rak agar barang tidak jatuh.

Tumpukan

Pastikan dalam penyimpanan barang bertumpuk, sudah memperhatikan dan menerapkan prosedur keamanan peletakan barang-barang, terlebih barang pecah belah, letakkan juga barang paling ringan di posisi paling atas, dan pastikan juga bahwa barang ketika berdekatan tidak saling bereaksi.

Barang Berbahaya

Perhatikan jika melakukan penyimpanan barang berbahaya seperti bahan kimia, mudah terbakar, korosif, pastikan juga di gudang terdapat APAR (Alat pemadam kebakaran ringan), dan pastikan mendapat izin untuk penyimpanan barang tertentu dari pihak terkait.

Pengamanan

Tambahkan alat pengamanan tambahan seperti CCTV, pintu akses kontrol, fire alarm, dan penjaga maupun staff gudang yang berpengalaman, karena dengan staff berpengalaman selain pencatatan keluar-masuk barang, proses pengambilan juga sangatlah membantu menghindari kerusakan barang.

Seperti operator forklift, pallet truck, troli, agar dalam proses pengambilan dan peletakan barang tetap membuat staff dalam keadaan safety.

Perlindungan

Gunakan layanan jasa asuransi properti untuk perlindungan aset anda, termasuk gudang, yang paling penting adalah layanan konsultasi pengamanan barang dan mitigasi bencana, serta manajemen resiko aset melalui risk manajemen dari perusahaan pialang asuransi, karena dengan perusahaan pialang asuransi, resiko yang kita hadapi, lebih dapat di tangani oleh yang berpengalaman.(Arm)