PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
logo phone asuransiku 021 536 0781 / logo whatsapp asuransiku 0812 1234 7023
Image instagram Asuransiku Image fb Asuransiku Image youtube Asuransiku Logo Twitter asuransiku Logo Linkedin asuransiku
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
logo phone asuransiku 021 536 0781 / logo whatsapp asuransiku 0812 1234 7023

10 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil

Otomotif  |  10 January 2019  |   153 Pengunjung

10 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil

Otomotif  |  10 January 2019 10 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil

Memiliki mobil pribadi merupakan impian dari banyak orang. Tidak sedikit orang yang rela menabung atau bahkan membeli secara kredit untuk mendapatkan sebuah mobil. Untuk itu, agar kalian tidak kecewa ada beberapa tips beli mobil.

Dalam tips ini kali perlu memperhatikan beberapa hal dengan cermat agar dapat menjadi pertimbangan sebelum membeli mobil. Apa saja?

Berikut 10 hal yang harus dicermati sebelum membeli mobil :

Tempat Pembelian

Hal yang perlu kalian cermati sebelum membeli mobil ialah tempat pembelian terlebih dahulu, baik membeli mobil baru ataupun bekas. Jangan sampai tergiur dengan harga diskon yang besar, kalian tetap perlu mendatangi showroom tersebut untuk mengecek secara langsung tempat pembelian tersebut.

Dengan tempat pembelian yang terpercaya, maka barang yang dibeli pun dapat dipertanggung jawabkan sehingga Kalian tidak perlu takut merasa tertipu.

Apalagi untuk membeli mobil baru, sudah banyak store resmi dari brand besar, sehingga memudahkan kalian untuk membeli mobil. Sehingga kalian dapat mencari perbandingan harga dari masing – masing gerai.

Jenis Mobil

Sebelum membeli mobil, alangkah baiknya untuk cermat akan jenis mobil tersebut apakah sesuai dengan kebutuhan, misalnya; MPV, SUV, Hatchback, atau sedan. Pilihlah mobil sesuai kebutuhan, tidak hanya sekedar keinginan semata.

Jika kalian yang ingin mencari mobil untuk kebutuhkan keluarga yang dapat membawa jumlah yang lebih banyak, maka pilihlah mobil SUV besar atau MVP yang dapat menampung 7 orang dengan 3 seat yang tersedia.

Peforma Mesin Mobil

Mencari tahu performa mesin mobil merupakan hal yang perlu dicermati pula sebelum membeli mobil. Hal ini akan bermanfaat untuk berapa lama ketahan mobil dapat bertahan.

Biasanya mengecek performa mesin mobil lebih diperhatikan lebih saat membeli mobil bekas. Kalian bisa mengoper gigi atau mencoba menyalakan mesin mobil. Supaya kalian tidak kecewa dan tahu apakah mobil tersebut dapat tahan lama.

Untuk mobil baru, biasanya kalian dapat melihat di brosur mengenai mesin apa saja yang digunakan pada mobil tersebut.

Interior Pada Mobil

Banyak orang yang membeli mobil karena tertarik dengen perlengakapan yang disediakan pada mobil, seperti tempat charger untuk mobil atau radio yang dapat disambungkan pada smartphone. Jangan lupa untuk menduduk jok mobil, apakah akan nyaman untuk berkendara atau tidak.

Baik membeli mobil baru atau bekas, penting untuk melakukan pengecekan pada setiap bagian mobil untuk memastikan apah berfungsi dengan baik atau tidak. Selain itu, agar kalian mengetahui seluk beluk pada mobil, sehingga saat menggunakan kalian tidak bingung.

Pilih Merk

Saat ini sudah banyak merk mobil yang ditawarkan dipasaran sehingga akan mempermudah, serta mempersulit kalian dalam memilih karena akan dibingungkan dengan berbagai merk yang tersedia.

Dalam pemilihan merk mobil perlu diperhatikan dengan benar, kalian dapat mempengaruhi seberapa besar harga yang dibutuhkan, bagaimana service, serta apakah suku cadang mudah didapatkan atau tidak. Hal – hal tersebut yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih merk mobil tersebut.

Service dan suku cadangan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sebelum memilih mobil apa yang akan dibeli kalian perlu mencermati service dan suku cadang pada mobil tersebut. Hal ini dapat menjadi salah stau pertimbangan yang cukup penting, karena jika kendaraan mengalami kerusakan apakah akan mudah melakukan service ataupun mencari suku cdang yang dibutuhkan.

Misalnya, pada mobil Eropa yang terkadang mengalami kendala dalam mengurus service dna suku cadang. Dikarenakan mobil tidak bisa di service di sembarang tempat, serta waktu pengerjaan yang tidak sebentar.

Test Drive

Test Drive juga perlu dilakukan sebelum kalian membeli sebuah mobil, hal ini untuk merasakan secara langsung apakah mobil tersebut nyaman untuk berkendara dan apakah kendaraan tersebut sekiranya cocok untuk digunakan sehari – hari.

Dengan test drive kalian akan mengetahui performa mobil itu sendiri apakah baik atau tidak, menyoba menggunakan setiap bagian pada mobil, mulai menyalakan lampu, klakson, atau bahkan jendela.

Desain

Jaman sekarang memiliki mobil tidak hanya sesuai kebutuhan akan tetapi agar terlihat kece atau eksis. Oleh karena itu, bagi kalian yang mencari mobil keren perlu memcermati desain yang dimiliki oleh mobil tersebut.

Buat kalian yang ingin memiliki mobil yang maskulin, kalian dapat menggunakan design yang tangguh, seperti mobil jeep. Atau yang ingin elegant dapat memilih desain seperti mobil sedan BMW.

Asuransi

Asuransi merupakan hal penting untuk saat ini. Tidak hanya manusia, akan tetapi perlengakapan seperti mobil juga perlu memiliki asuransi. Dengan memiliki asuransi akan berguna untuk menjamin kerusakan pada mobil. Tidak hanya pada kerusakan total, asuransi mobil pun menyediakan pelayanan untuk kerusakan kecil pada mobil.

Maka dari itu, sebelum membeli mobil alangkah baiknya untuk mempertanyakan apakah mobil tersebut sudah terjamin dengan asuransi atau tidak. Sehingga saat melakukan service kerusakan akan lebih mudah.

Pembayaran

Yang tidak boleh ketinggalan untuk dicermati adalah masalah pembayaran. Apalagi jika ingin membayar secara kredit harus diperjelas terkait cicilan untuk berapa bulan dan berapa bunga yang dikenakan jika terlambat membayar.

Bnayak orang yang terkecoh dengan cicilan saat membeli mobil, sehingga merasa bahwa membayar tidak sesuai dengan seharusnya ataupun merasa tertipu. Oleh karena itu, perlu di cek secara jelas dan terperinci untuk cicilan kredit.

Jangan sampai terkecoh dengan membayar DP kecil, karena bisa saja bunga lebih besar dari yang diduga.