PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Latihan pernapasan untuk mengatasi GERD

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  02 September 2022  |   456 Pengunjung

Latihan pernapasan untuk mengatasi GERD

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  02 September 2022 Latihan pernapasan untuk mengatasi GERD

Pernapasan menjadi aktivitas olah tubuh yang sudah dilakukan sejak jaman dulu, salah satunya meditasi yaitu mengolah napas dan konsentrasi untuk melatih kesadaran, bahkan semua olahraga memusatkan pelatihan pernapasan agar lebih optimal dan powerful.

Di profesi lain, seperti penyanyi, olah napas adalah hal yang tak bisa ditawar, salah satunya pernapasan diafragma untuk melatih olah vokal, agar suara lebih terjaga dan tetap panjang notasi nadanya, hingga pada tangga nada lagu tertinggi sekalipun, namun tahukah kamu, bahwa dengan melatih pernapasan bisa untuk meminimalisir GERD ? simak tips berikut.

Sambil rebahan

Kamu bisa melakukannya dengan meregangkan otot seluruh tubuh agar lebih rileks, diatas permukaan yang datar, dimana kamu bisa meletakkan tubuhmu dari kepala hingga lurus sejajar dengan kaki, tenangkan diri dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan keluarkan melalui mulut perlahan.

Saat mengambil napas, luruskan tangan tepat dibawah tulang rusuk, rasakan udara mengalir ke dalam perut dimana perutmu mengembung yang artinya energi positif dari udara segar merasuki tubuhmu dan bayangkan udara tersebut membersihkan segala energi negatif dalam diri.

Saat hendak menghembuskan napas, kencangkan otot perut, dan redakan hingga turun ke bawah perut sembari mengeluarkan napas perlahan-lahan hingga seluruh napas berhasil dikeluarkan melalui mulut, pastikan juga dada tetap santai tidak bergetar.

Sambil bersila

Posisi ini bisa dilakukan sambil duduk bersila, atau jika kurang nyaman bisa meluruskan kaki dan menyandarkan punggung ke tembok, akan lebih baik memberi alas pada dudukan berupa bantal empuk, bedanya saat bernapas di posisi ini, kamu perlu menjaga agar bahu, leher dan kepala tetap santai dan tidak tegang.

Teknik pernapasan ini bisa menjaga paru-paru agar tetap sehat, karena latihannya seperti kamu berlari 10 menit dalam 1 kilometer, cukup ringan tapi sangat menyehatkan tubuh, organ dalam, pikiran, hingga otot-otot di area kepala dan perut.

Karena di area perut tersebut yang bermasalah maka pernapasan diafragma yang juga melatih distribusi udara dalam perut akan menyeimbangkan asam lambung agar lebih terkontrol dan stabil, tetap ikuti saran dokter untuk urusan konsumsi makanan, agar GERD dapat diredakan.

GERD adalah penyakit lifestyle, yang artinya seringkali terjadi karena gaya hidup yang tidak seimbang, antara stress dan aktivitas yang tidak seimbang, salah satu cara mengatasi memang dengan cara manage stress dan pernapasan, juga menjaga pola makan dan istirahat teratur.

Lakukan hal diatas secara rutin, terlebih pada saat bangun tidur juga sebelum tidur, bila diperlukan, lakukan sejenak barang 5 - 10 menit di tengah-tengah aktivitas yang padat untuk mengelola stress, agar tidak menjadi penyakit serius, imbangi juga perlindungan dengan asuransi kesehatan untuk diri.(Arm)