PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Asuransi pengiriman, bagaimana cara kerjanya

Umum  |  25 August 2022  |   344 Pengunjung

Asuransi pengiriman, bagaimana cara kerjanya

Umum  |  25 August 2022 Asuransi pengiriman, bagaimana cara kerjanya

Seringkali saat hendak checkout barang dalam pembelanjaan barang di e-commerce ataupun secara daring melalui sosmed, kita dihadapkan dengan opsi pengiriman barang dengan asuransi, hingga pada barang-barang dengan harga mahal, malah diwajibkan asuransi agar lebih ringan penanggulangannya apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Agar tidak tersesat, bahkan ragu dalam memilih opsi belanja tersebut, mari mengenali bagaimana asuransi pengiriman bekerja, supaya lebih yakin dan memahami kenapa asuransi pengiriman sangatlah penting dalam serangkaian berbisnis, seperti jasa pengiriman barang.

Perbedaan dari beberapa jenis asuransi pengiriman adalah jaminannya, karena setiap jaminan dari asuransi tersebut, menawarkan beberapa keuntungannya tersendiri, berdasar jenis asuransi pengiriman yang menjadi kebutuhan dalam pengirimannya, umumnya terdapat 3 jalur dan jaminan tersebut lagi-lagi dibedakan dengan cara pengirimannya.

Asuransi pengiriman darat

Asuransi pengiriman jalur darat ini menjamin barang dari risiko hilangnya barang, kesalahan kirim barang, hingga kerusakan yang diderita konsumennya, asuransi pengiriman darat termasuk diantaranya melalui pengiriman jalur Kereta Api, manfaat yang diberikan adalah perlindungan dengan jaminan yang disepakati dari kerugian barang yang dikirim supaya sampai di tangan penerima.

Asuransi jenis ini sangat tepat apabila digunakan untuk mengirim barang yang rentan, mudah rusak, pecah, mudah basi (apabila produk makanan ataupun olahannya) bahkan juga mencakup pengiriman produk hasil perkebunan maupun pertanian.

Baca Juga : Manfaat dan Keuntungan Asuransi Pertanian

Asuransi pengiriman udara

Mengirim barang melalui udara yang tak lain adalah pesawat cargo, sangatlah cepat dan efisien, sayangnya harganya relatif lebih mahal daripada jalur laut, meski begitu tidak terlepas dari segala risikonya, kelalian, musibah kecelakaan, kerusakan kehilangan dan lain sebagainya, karena pengiriman tersebut tujuannya ke tempat jauh.

Asuransi pengiriman laut

Tidak kalah pentingnya apabila merencanakan pengiriman barang melalui laut, karena terdapat beberapa tindakan dalam pelayaran, seperti terpaksa harus membuang barang muatan guna menyelamatkan kapal, jika terjadi guncangan keras dan membuat kapal sulit dikendalikan.

Selain itu, barang logistik yang diasuransikan melalui pengiriman laut ini juga berisiko mengalami kerusakan akibat petir, badai, benturan akibat gelombang ombak laut yang menggoyahkan kapal, termasuk kapal tenggelam, kebakaran, meledak hingga kapal kandas karam dan tak lagi ditemukan.

Tak sampai disana, dalam proses bongkar muat yang tak kalah berisiko juga termasuk dalam coverage asuransi ini, risikonya adalah tertahan secara administrasi di pelabuhan yang membuat keterlambatan pengiriman, ataupun kerusakan dalam penumpukan barang, maka asuransi juga memberi manfaat penjaminan keamanan barang kamu.

Sedikitnya dengan mengetahui mekanisme asuransi pengiriman barang, maka kamu bisa memahami apakah kamu akan membutuhkannya atau tidak, karena kamu tahu barang yang kamu beli apakah layak diasuransikan ? jika iya, mudahkah proses klaimnya ? cepatkah pencairannya ?

Karena dengan ini kamu tidak perlu merasa sudah membeli asuransi lalu bisa dengan mudah asal claim nantinya bahkan sampai tidak membaca polis, padahal terdapat beberapa klausul yang alih-alih akan menyusahkanmu sendiri, belilah asuransi hanya di broker asuransi terpercaya untuk produk asuransi pengiriman.(Arm)