PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Ular di area rumah ? begini mengatasinya

Peternakan,Peliharaan dan Pertanian  |  12 August 2022  |   443 Pengunjung

Ular di area rumah ? begini mengatasinya

Peternakan,Peliharaan dan Pertanian  |  12 August 2022 Ular di area rumah ? begini mengatasinya

Area yang kita tinggali, bisa jadi dulunya adalah areal persawahan, perkebunan atau bisa juga area hutan, yang mana lokasi tersebut adalah tempat tinggal alami hewan pemangsa seperti ular, hewan berbisa yang satu ini menempati posisi ke dua di rantai makanan, bergantung juga dari jenisnya, bisa juga diklasifikan di puncak teratas rantai makanan.

Di area persawahan, ular cukup menguntungkan petani, karena bisa mengurangi populasi hama tikus sawah, namun jika tidak berhati-hati bisa membahayakan petani itu sendiri, maupun menyebrang ke wilayah pemukiman terdekat sawah apabila di sawah atau kebun tersebut sudah sedikit makanan, tentu ini akan mengancam hewan domestik maupun masyarakat yang lengah.

Mengusir ular

Banyak yang menyarankan bahwa ular yang masuk rumah, sebaiknya diusir terlebih dulu, jika tidak mampu, bisa meminta bantuan professional ataupun tetangga yang mampu mengatasinya, karena menurut beberapa kepercayaan, ular bisa saja menjadi jelmaan dari makhluk tak kasat mata yang sangat berisiko jika langsung dibunuh.

Cara ampuh mengusirnya adalah, dengan menutup seluruh kepalanya, dengan kain, maka saat ular tidak bisa melihat, hewan ini akan cenderung diam, dan dalam posisi tersebut, bisa segera ditaklukan dan dimasukkan ke dalam karung untuk diamankan, namun sangat tidak disarankan apabila tidak berpengalaman.

Mencegah kehadiran ular

Jika mencegah lebih baik daripada mengobati untuk hal kesehatan, dalam hal ini juga lebih baik mencegah kehadiran ular daripada mengusirnya ketika datang, yaitu dengan cara menjaga kebersihan,
karena jika lingkungan rumah kotor, maka tikus yang juga makanan ular akan hadir, secara tidak langsung ular sang predator memiliki insting mengejar makanannya.

Jika merasakan sesuatu yang janggal dalam rumah, seperti suara desis, suara seperti ada kehadiran hewan yang cukup mengganggu, segera periksa tempat-tempat tersebut, biasanya tempat sempit, lembab dan gelap, karena ini adalah lokasi favorit ular.

Wewangian

Aroma wewangian cukup membuat ular enggan mendekat, sehingga dengan menyemprotkan cairan pembersih lantai, cairan pembersih toilet, ataupun membakar obat nyamuk bakar, cukup ampuh mencegah kehadiran ular, karena ular tidak menyukai aroma tersebut.

Dan jangan mencoba mengusir atau mencegah kehadiran ular dengan memakai garam, karena mitos yang diyakini tersebut cukup sering dipakai masyarakat, alih-alih bisa mengusirnya, ular akan tetap melewati garam, sedangkan garam tetap terbuang percuma.

Lakukan jika terpaksa

Membunuh ular adalah jalan terakhir, meski tidak disarankan, lakukan dengan cepat agar tidak menyiksanya, akan lebih baik jika langsung menyerang kepalanya, dengan diawali menutup kepalanya dengan kain, agar menutup pandangannya, karena jika matanya tertutup, ular akan mudah ditaklukan.

Apalagi bagi kamu yang menjalankan bisnis hewan ternak, memiliki peternakan atau memiliki kebun sederhana sebagai sarana penyaluran hobi, kehadiran ular tentu tidak kamu inginkan, tapi bagaimanapun juga, tempat seperti itu adalah tempat favorit ular bernaung.

Risiko memiliki hewan peliharaan maupun hewan ternak, akan selalu ada, bahkan hal-hal yang tidak terprediksi seperti menjadi santapan ular atau mati tergigit ular berbisa, jika memiliki hewan peliharaan, ataupun peternakan, jangan ragu untuk menghubungi broker asuransi terpercaya untuk melindungi aset kamu.(Arm)