PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Usia Mobil diatas 5 tahun Cocoknya Asuransi Mobil TLO


Otomotif  |  09 June 2022  |   1813 Pengunjung

Usia Mobil diatas 5 tahun Cocoknya Asuransi Mobil TLO

Otomotif  |  09 June 2022 Usia Mobil diatas 5 tahun Cocoknya Asuransi Mobil TLO

Di masa kini, mobil sudah menjadi kebutuhan penting terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan dengan mobilitas tinggi, karena dengan mobil semuanya jadi lebih mudah, hanya saja menyumbang kemacetan terbesar di Ibu Kota, baik Ibu Kota Negara atau Ibu Kota Propinsi.

Untuk kamu yang pastinya juga ingin punya kendaraan roda 4 mobil ini, cara terbaik untuk membelinya adalah dengan membeli mobil bekas, dan disarankan membeli cash, jangan mencicil, kamu juga bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibanding harga aslinya. Apalagi kalau usia mobil sudah di atas 5 tahun, kamu harus lebih teliti mencari mobil karena sudah bekas digunakan orang. 

Jangan lupakan juga untuk menggunakan asuransi mobil di atas 5 tahun, yang sesuai kebutuhan kamu. Jenis asuransinya adalah TLO atau Total Loss Only.

Asuransi Mobil di Atas 5 Tahun
Mobil bekas kamu baru saja dibeli sudah lewat dari usia lima tahun. Agar lebih hemat dan efektif kamu bisa beralih ke asuransi mobil di atas 5 tahun TLO. Asuransi mobil TLO mempunyai tarif biaya premi lebih rendah, jadi bisa menghemat pengeluaran kamu.

Premi Rendah
Keuntungan asuransi untuk mobil diatas 5 tahun adalah, harga rata-rata premi dari asuransi total loss only ini, berkisar antara 0,8 hingga 0,1 persen dari harga jual kendaraan. Misalnya, 
harga mobil sebesar Rp200 juta, maka biaya premi yang harus kamu bayar berkisar antara Rp1,6 juta hingga Rp2 juta. 

Ini jelas lebih murah ketimbang biaya premi asuransi mobil all risk yang mencapai hingga 2,5 persen.

Kemudian, jika kamu menambah perluasan tanggungan, seperti banjir, bencana alam, terorisme, atau huru-hara, biaya tambahannya pun masih cukup murah. Yaitu hanya berkisar 0,05 sampai 0,13 persen.

Dana Cadangan
Dengan biaya premi yang rendah, kamu bisa mengalihkan dana tersedia untuk kebutuhan lain seperti biaya perawatan kendaraan. Apalagi jika wilayah kamu berkendara tidak memiliki risiko tingkat kecelakaan tinggi.

Kerugian Asuransi Mobil TLO
Tanpa memberi pertanggungan kerugian kecelakaan, termasuk seperti kerusakan kecil, yaitu lecet pada bodi kendaraan, baret pada kaca, penyok pada bemper, atau kaca spion patah. Itu Semua tidak ditanggung oleh asuransi mobil di atas 5 tahun TLO. Artinya, kamu tetap harus mengeluarkan uang pribadi untuk membayar perbaikan akibat kerusakan minor tersebut.

Berapa tahun usia kendaraan yang dimiliki harus diperhatikan. Usia kendaaraan akan berpengaruh pada premi yang dibayarkan. Premi asuransi mobil untuk mobil baru akan berbeda harganya dengan premi asuransi untuk mobil berusia tua.

Ada syarat jika mobil yang akan diasuransikan berusia di atas 5 tahun, akan dikenakan tambahan biaya premi yang disebut loading fee. Besaran loading fee yang berlaku umumnya sekitar 5% per tahun.

Jadi, semakin tua usianya, semakin besar loading fee-nya. Namun, ada batasan usia maksimal yang diberlakukan, seperti asuransi comprehensive yang batas maksimalnya 10 tahun dan TLO yang batas maksimalnya 15 tahun.

Suatu contoh kasus, yaitu mobil yang diasuransikan berusia 9 tahun yang saat dibeli harganya Rp150 juta. Sebut saja mobil tersebut berpelat B dan asuransi yang diambil adalah comprehensive maka rate batas atasnya sekitar 3,59%. Dari data tersebut, berapa premi yang dibayarkan?

Rumus hitung premi murni dengan loading fee:
((Selisih Tahun Kendaraan x Biaya Loading Fee x Tarif Premi per Wilayah) + Tarif Premi per Wilayah) x Harga Mobil Premi murni + loading fee: ((2 x 5% x 3,59%) + 3,59%) x Rp120.000.000 = Rp4.738.800 Harga premi ini belum dijumlahkan dengan biaya administrasi yang di charge oleh broker.

Biasanya perusahaan asuransi menawarkan asuransi mobil dengan beberapa keuntungan yang akan diterima nasabah. Tidaklah sama keuntungan yang diberikan perusahaan asuransi yang satu dengan perusahaan asuransi yang lain. Paling tidak hampir semua perusahaan asuransi sama-sama memberikan keuntungan tanpa survei kepada nasabah.

Di luar itu beberapa perusahaan asuransi memberikan keuntungan lain, yaitu penerbitan polis dan surat perintah kerja (SPK) 1 x 24 jam setelah syarat terpenuhi, fasilitas derek gratis, layanan gratis ambulans, penggantian mobil, dan layanan emergency gratis. Pilihlah asuransi dengan banyak keuntungan, tapi dengan tetap mempertimbangkan reputasi perusahaan dan preminya. (Armin)