PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Manfaat Minum Air Putih 3.5 Liter Sehari


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  08 March 2022  |   1603 Pengunjung

Manfaat Minum Air Putih 3.5 Liter Sehari

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  08 March 2022 Manfaat Minum Air Putih 3.5 Liter Sehari

Manfaat Minum Air Putih 3.5 Liter Sehari

Kebanyakan orang lebih memilih minuman beraroma daripada air tawar. Padahal, mengonsumsi air putih minimal delapan gelas masing-masing merupakan anjuran yang membawa banyak manfaat. Jika air cukup, tubuh kita dapat menjalankan fungsinya kembali dengan maksimal. Tubuh kita akan terasa segar kembali dan akan mengalami efek yang berbeda. Berikut manfaat yang akan Anda dapatkan jika rutin mengkonsumsi air putih setiap hari.

1. Fungsi Tubuh Bisa Bekerja Secara Maksimal

Tubuh tidak akan berfungsi maksimal bila kekurangan cairan atau hidrasi. Anda harus berhati-hati dengan ini, terutama jika Anda sedang berolahraga. Aktivitas ini akan membuat tubuh Anda lebih banyak berkeringat. Seorang atlet dapat kehilangan hingga 10% cairan tubuhnya melalui keringat saat berolahraga.

Jika tubuh kekurangan kelembaban maka tubuh tidak akan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Suhu tubuh akan turun, kelelahan akan muncul, dan aktivitas olahraga akan semakin intens. Inilah peran air yang sangat penting dalam melindungi fungsi tubuh agar optimal. Jadi kapan sebaiknya Anda minum air saat berolahraga? Ini harus dilakukan sebelum dan sesudah berolahraga atau bahkan selama berolahraga Anda harus minum air putih.

2. Memaksimalkan Fungsi Otak

Kekurangan cairan tidak hanya membuat tubuh cepat lelah, tetapi juga otak tidak dapat menjalankan fungsinya secara maksimal. Dehidrasi Akan Menurunkan Kinerja Otak. Bukan hanya tubuh yang merasa lelah saat kekurangan cairan. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, otak juga terpengaruh. Ketika tubuh Anda mengalami dehidrasi, otak Anda tidak akan berfungsi dengan baik.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa cairan tubuh sangat penting untuk fungsi otak. Menurut penelitian, hilangnya 15,9% cairan tubuh dapat menyebabkan peningkatan kecemasan dan kelelahan, serta penurunan kinerja memori.

3. Mengatasi Sakit Kepala

Apakah Anda pernah mengalami sakit kepala? Mungkin salah satu penyebabnya adalah kekurangan cairan dalam tubuh Anda. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Headache pada tahun 2004 menemukan bahwa air dapat mengurangi ketegangan sakit kepala.

Tapi minum air putih tidak hanya akan menghilangkan sakit kepala sepenuhnya. Karena air hanya akan mengurangi intensitas dan durasi sakit kepala. Ini disorot dalam sebuah penelitian di European Journal of Neurology yang diterbitkan pada tahun 2005. Menurut penelitian ini, air tidak berpengaruh pada frekuensi sakit kepala. Meski efeknya tidak banyak, tapi minum air putih bisa mengurangi sakit kepala. Karena faktor yang membuat kepala sakit bukan hanya kekurangan cairan.

4. Pencegahan batu ginjal

Zat yang sukar larut berbahaya bagi kesehatan ginjal. Karena jika konsentrasinya tinggi, maka akan menyebabkan batu ginjal. Oksalat dan kalsium adalah dua contoh zat yang dapat membentuk batu ginjal. Zat yang sulit dicerna tetap larut jika Anda menelan lebih banyak air. Sehingga masalah batu ginjal bisa diminimalisir dengan memperbanyak konsumsi air putih.

6. Menghilangkan Sembelit

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan buang air besar? Mungkin karena Anda kurang minum air putih. Kekurangan cairan bisa jadi penyebab tekstur kursi cenderung keras. Kotoran yang keras ini bisa membuat sulit untuk keluar atau menyebabkan sembelit. Jika Anda melanjutkan ini, itu akan membawa Anda lebih banyak masalah kesehatan. Salah satu gangguan tersebut adalah wasir. Untuk mengatasinya sebaiknya minum air putih setiap hari.

7. Suhu tubuh tetap terjaga

Saat berolahraga, keringat yang keluar menyebabkan cairan dalam tubuh berkurang. Jumlah keringat yang keluar akan lebih banyak jika Anda berolahraga di lingkungan yang suhunya hangat. Saat tubuh banyak berkeringat, suhu tubuh menjadi dingin. Tetapi jika Anda mengimbanginya dengan minum air, suhu tubuh Anda akan tetap terjaga.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Tubuh manusia terdiri dari 60% air, termasuk sel-sel kulit. Jika tidak ada cukup cairan dalam tubuh, proses fisiologis tubuh akan terganggu secara otomatis. Tanpa air, kulit menjadi sangat mudah dehidrasi. Akibatnya, kulit Anda akan lebih kering dan kusam.

9. Membantu penyerapan nutrisi

Air juga meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Dalam proses pencernaan makanan, air berperan penting dalam memisahkan berbagai nutrisi dalam makanan seperti vitamin dan mineral. Setelah semuanya dipisahkan, nutrisi ini akan dikirim ke seluruh tubuh.