PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Bumbu Masak Murah, 10 Khasiat Obat untuk Berbagai Gejala


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  25 February 2022  |   1290 Pengunjung

Bumbu Masak Murah, 10 Khasiat Obat untuk Berbagai Gejala

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  25 February 2022 Bumbu Masak Murah, 10 Khasiat Obat untuk Berbagai Gejala

Tidak Harus Mahal, Berikut 10 Bumbu Masak Yang Kaya Manfaat Dan Mampu Mengobati Berbagai Gejala Penyakit

Bumbu masak merupakan salah satu bahan penting dalam masakan. Tanpa bumbu, rasa makanan pasti akan memudar. Tapi tahukah Anda bahwa rempah-rempah tidak hanya memperkaya rasa makanan? Beberapa rempah mengandung bahan yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Selain digunakan dalam masakan, bumbu dapur juga banyak digunakan sebagai obat alami untuk pencegahan dan pengobatan berbagai penyakit.

Bisa menjadi obat alami, rangkaian bumbu dapur ini juga sering digunakan sebagai bahan herbal alami. Tidak hanya dikonsumsi saat sedang pilek atau sedang tidak enak badan, bumbu dapur juga bisa menjadi bahan herbal alami yang cocok dikonsumsi setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh. Di masa epidemi seperti itu, sangat penting untuk menyimpan bumbu dapur di lini ini untuk mendukung konsumsi dan menjaga kekebalan.

Bumbu dan rempah dapur memiliki khasiat yang dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan gejala berbagai penyakit. di Indonesia Banyak orang yang menggunakan tanaman berkhasiat ini sebagai obat.

Pada umumnya rempah-rempah dihasilkan dari pencampur obat tradisional, mulai dari industri kecil hingga industri besar. Dilaporkan dalam situs resmi Pusdiklat Jakarta, ditulis dr. Titien RK, M. MKes menyampaikan bahwa bumbu dapur kaya akan khasiat yang baik untuk kesehatan.

"Berbagai rempah-rempah dapur, banyak di antaranya juga berkhasiat obat, telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan, termasuk lada hitam, kayu manis, cengkeh dan bawang putih," tulis Titien.

Orang Indonesia sering menggunakan tanaman rempah sebagai bumbu masakan untuk menambah cita rasa dan kelezatan makanan. "Rempah-rempah memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Salah satu contohnya adalah 'lada' karena selain digunakan sebagai bumbu masakan, lada juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum, kosmetika dan obat-obatan tradisional, kata Titien. Lada hitam juga dapat digunakan sebagai campuran untuk mengobati asam urat, masuk angin, perut kembung dan gatal-gatal.

Rempah-rempah berikut ini memiliki khasiat obat.

Cengkih

Cengkih dikenal untuk mengobati berbagai penyakit seperti batuk, sakit gigi, campak. Ini juga digunakan untuk meningkatkan detak jantung dan menggelapkan alis.

Jahe

Jahe diketahui berkhasiat mengobati penyakit kulit, kembung, obat batuk dan gatal-gatal bertahun-tahun.

Kunyit

Kunyit dapat membantu mengurangi risiko radang sendi, penyakit Alzheimer, peradangan dan penyakit jantung.

Bawang Putih

Bawang putih kaya akan antioksidan, antibiotik, dan afrodisiak, tetapi dapat membuat napas dan mulut Anda berbau seperti bawang putih. Bawang putih efektif dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Kayu Manis

Selain aromanya yang lezat, kayu manis mengandung antioksidan yang kuat dan dapat memberikan efek positif pada gula darah, pencernaan dan sistem kekebalan tubuh, serta menurunkan kolesterol. Mengkonsumsi kayu manis dalam dosis besar diketahui dapat mengurangi risiko diabetes, kanker, dan penyakit neurodegeneratif.

Kencur

Kencur berkhasiat mengobati batuk dan pilek. Meningkatkan nafsu makan, perut kembung dan mengusir perut kembung.

Lengkuas

Berdasarkan berbagai penelitian. Ekstrak lengkuas diketahui dapat merangsang kelenjar bronkus dan menghambat pertumbuhan mikroorganisme penyebab penyakit tuberkulosis (TB).

Lemon

Lemon efektif dalam mengobati batuk kronis. Flu ringan, demam, berhenti merokok, bau badan, kurang darah, dan memulihkan atau menghilangkan rasa lelah.

Daun salam

dapat digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, diabetes, diare, sariawan, alkoholisme, gatal-gatal dan kudis.

Seledri

Selain efek menguntungkan pada saluran pencernaan dan dinding usus, seledri mengurangi proses penuaan, menjaga elastisitas dan aktivitas otot, melarutkan timbunan kalsium, meningkatkan sirkulasi darah dan metabolisme dalam tubuh.