PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

7 Kebiasaan Baik Agar Tubuh Tetap Sehat


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  09 February 2022  |   1168 Pengunjung

7 Kebiasaan Baik Agar Tubuh Tetap Sehat

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  09 February 2022 7 Kebiasaan Baik Agar Tubuh Tetap Sehat

7 Kebiasaan Baik Agar Tubuh Tetap Sehat

Sepanjang Hari Setidaknya setelah bekerja, Anda bisa berbaring di tempat tidur dan memejamkan mata untuk melepas penat.  Sebenarnya, Anda perlu tidur yang cukup untuk memulihkan energi dan tetap bugar. Namun, ini saja tidak cukup. Karena ada kebiasaan lain yang bisa Anda gunakan untuk tetap sehat. Bagaimana menurutmu? Berikut adalah beberapa kebiasaan yang akan membantu Anda tetap bugar sepanjang hari sehingga Anda bisa lebih aktif.

1. Mandi dua kali sehari.

Tidak peduli seberapa lelahnya Anda di tempat kerja, ingatlah untuk mandi. Mandi tidak hanya membersihkan tubuh, tetapi juga memiliki efek menyegarkan, memungkinkan Anda untuk menghabiskan sisa hari lagi. Mandi juga merupakan sarana ampuh untuk menghilangkan bakteri dan kotoran dari tubuh. Akibatnya, tubuh terlindungi dari kuman yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

2. Olahraga teratur

Anggapan bahwa latihan fisik hanya menyiksa tubuh harus dihilangkan dari pikiran. Itu benar! Olahraga sebenarnya baik untuk kesehatan Anda karena merangsang tubuh Anda setiap kali Anda bergerak. Latihan juga efektif untuk manajemen tubuh, sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin memaksimalkan efek diet. Menurut Ulifeline, olahraga juga baik untuk meningkatkan mood. Cocok untuk Anda yang sering mengalami masalah sebelum pulang kerja. Alhasil, masalah tersebut tidak memengaruhi tingkat emosi dan produktivitas Anda keesokan harinya.

3. Pastikan untuk menghirup udara segar

Tidak hanya membosankan, duduk terlalu lama juga bisa membuat Anda sakit. Jadi, luangkan waktu untuk berjalan-jalan di luar gedung kantor untuk menghirup udara segar sambil meregangkan otot-otot Anda yang sudah tegang. Jadi tubuh Anda pulih dan Anda terus bekerja dengan antusias. Lakukan pada pagi atau sore hari saat matahari tidak terlalu terik untuk menghindari keringat berlebih. Ditambah lagi, jika Anda masih bekerja, akan tidak nyaman memakai pakaian yang sudah basah kuyup oleh keringat.

4. Jaga Pola Makan Sehat

Akibat padatnya rutinitas seharihari, banyak orang yang kurang care terhadap pola makan sehingga pola makan menjadi tidak teratur. Kandungan gizi dalam makanan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh. Padahal makan yang teratur itu bagus untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga baik untuk mempertahankan kebugaran tubuh. Ketika tubuh kekurangan pasokan, ia mudah melemah dan semangat bekerja berkurang. Makan tiga kali sehari untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan sarapan, makanlah  yang cukup untuk menjaga tubuh Anda setidaknya dua kali sehari.

5. Minum air untuk menghidrasi tubuh Anda

Rasa lelah dan kantuk tidak akan hilang dengan sendirinya jika Anda diam. Sebaiknya segera ambil segelas air putih, lalu minum sampai kamu merasa tubuhmu tidak mengantuk lagi. Setelah itu, lanjutkan kembali aktivitas yang sempat tertunda karena kamu mengantuk. Minum air putih sangat bagus untuk menjaga cairan tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Ketika tubuh kekurangan cairan, maka dapat menyebabkan risiko penyakit ginjal. Selain itu, kulit juga akan tampak terlihat kering dan kusam, seperti tidak diberi vitamin.

 6. Jangan menonton TV hingga larut malam

Bekerja 8-9 jam sehari memang membosankan, maka tak heran kita sering mencuri waktu untuk menyenangkan diri sendiri. Tapi tidak terutama menonton TV sampai larut malam. Tidak hanya membuat tubuh Anda lebih lelah, tetapi jika Anda menontonnya terlalu lama, itu memancarkan cahaya yang buruk yang dapat merusak mata Anda. Untuk membangkitkan kembali tubuh Anda, lebih baik cari aktivitas lain yang memberi Anda lebih banyak kesenangan. Misalnya, memasak, membaca, mendengarkan musik atau menulis. Lakukan hobi ketika Anda punya waktu, terutama jika Anda akan sibuk selama beberapa hari ke depan.

7. Jauhkan gadget dari wajah Anda.

Istirahat sepulang kerja itu wajar, tapi jangan main-main dengan gadget. Tak ayal, informasi yang muncul di gadget kerap menimbulkan kecemasan dan menambah beban. Akibatnya, Anda kehilangan kesempatan untuk mengendurkan saraf di otak dan otot di tubuh Anda. Apa hasilnya? Saat Anda bangun di pagi hari, tubuh Anda kurang bersemangat karena Anda merasa belum siap untuk keesokan harinya. Daripada bermain-main dengan gadget, pertimbangkan untuk menggunakan waktu Anda untuk merencanakan aktivitas esok hari agar Anda bisa lebih produktif dari hari sebelumnya.

Jangan terlalu banyak berpikir. Selain kebiasaan di atas, hilangkan hal-hal yang membebani pikiran dan melelahkan tubuh Anda. Alhasil, pikiran, jiwa dan raga selalu tenang selepas bekerja. Anda siap untuk memulai hari esok dengan tubuh yang terlatih dan semangat yang baru.