PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Strategi Mengatur Keuangan Untuk Promosi Bisnis Online


Akhmad Armin  |  Finansial  |  05 November 2021  |   1428 Pengunjung

Strategi Mengatur Keuangan Untuk Promosi Bisnis Online

Finansial  |  05 November 2021 Strategi Mengatur Keuangan Untuk Promosi Bisnis Online

Berjualan secara online seringkali menjadi pekerjaan yang menyenangkan apapun latar belakang industrinya seperti berjualan busana, barang retail, jasa layanan, jasa konsultan, maupun sebagai dropship, tentunya kita akan banyak belajar hal baru selama menyelami bidang ini.

Tidak sedikit yang telah sukses dengan mendapat omset milyaran rupiah, hingga menjadikan toko onlinenya sebuah bisnis yang dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, termasuk diantaranya menjadi lapangan pekerjaan bagi beberapa orang, meski begitu terdapat persaingan setiap individu dengan individu lainnya, bahkan dengan toko online yang lebih dulu establish.

Cara yang terbaik diawal untuk memulai bisnis online secara sehat adalah menjadi bagian dari marketplace, karena kesadaran pelanggan terhadap produk-produk yang dijual melalui marketplace online tersebut telah terjamin, serta menjadi area transaksi yang terpercaya dan memudahkan pembelian, maupun proses pengiriman barang serta pencairan dana bagi pemilik usaha.

Ambil saja contoh saat ini kita berjualan fashion dan aksesoris secara online, kedua kategori produk ini begitu diminati, tidak peduli seberapa mahal, tidak peduli apakah calon pelanggan membutuhkannya, apabila anda sebagai penjual mengemasnya dengan apik, memiliki ulasan dari pelanggan yang puas diatas rata-rata, kecepatan me-respon pertanyaan calon pelanggan, maka secara sistem toko online anda akan mengalami peningkatan trust dari marketplace.

Sedangkan secara insight dari pengguna, toko anda menjual barang berkualitas dengan layanan yang professional, sehingga toko anda akan berpotensi di kunjungi kembali oleh pelanggan di kesempatan selanjutnya, lalu apakah harus hanya berkutat disitu sajakah cara anda berjualan ? tentu tidak, simak tips berikut.

Langkah Awal Menjual Bisnis Secara Online

Kita mulai dengan langkah awal dimana anda akan berjualan secara online dengan produk busana dan aksesoris pilihan, kita asumsikan anda telah memiliki supplier yang baik, atau ketersediaan barang yang cukup, maupun seller yang menjanjikan ketika anda berjualan secara dropship. Apakah anda tahu pasar anda ? Sebaiknya tentukan, jika belum tim ASURANSIKU.id akan membantu anda menentukannya.

Produk busana dan aksesoris memiliki pasar terluas, dengan berbagai macam latar belakang, calon pembeli anda bisa saja membeli untuk dirinya, rekan atau kerabatnya, semakin luas pasar, semakin besar persaingan anda, tiga area vital yang harus anda kuasai adalah social media, mesin pencari dan group facebook misalkan atau komunitas di telegram.

Website

Situs online, meski website toko online tidak menjadi gerbang utama transaksi online anda, untuk peningkatan brand, anda harus memilikinya, semisal toko anda asuransiku collection yang menjual barang fashion dan produk unggulannya adalah jam tangan, maka untuk mudah dikenal dan menambah kepercayaan pelanggan, anda harus memiliki website ini, dan jangan lupakan mendaftarkannya di business.google.com.

Upload bahan produk anda dengan foto terbaik, berikan keterangan mengenai spesifikasi, ukuran, jenis bahan dasar, akan lebih baik jika anda sendiri adalah modelnya.

Sosial Media

Ketika pertama kali membuat akun toko online di social media sebut saja instagram, apa yang harus anda lakukan ? ada baiknya mengikuti akun-akun besar yang sekiranya akan menjadi panutan bagi calon customer anda, dan anda tidak perlu berjualan secara ugal-ugalan di setiap kolom komentarnya, cukup eksis saja, sembari terus mengupload produk jualan anda, cantumkan juga alamat website anda dan link whatsapp anda.

Lebih spesifik, jika produk unggulan anda adalah jam tangan, berikan konten yang edukatif mengenai jam tangan, mengapa orang harus memakai jam tangan, apa saja jenis jam tangan, perlebar bahasan seperti membuat narasi yang menarik di konten website maupun social media anda tentang pentingnya menghargai waktu, karena waktu adalah entitas yang berkaitan dengan jam tangan, buatlah konten menarik seperti foto, video singkat, hingga video long duration.

Kemudian, rajinlah berkomentar kepada akun yang anda ikuti, dan berbagi salam atau sapalah terhadap pengguna lain yang mengomentari pemilik akun besar tersebut, dimana dengan aktifitas ini, tentunya toko online anda, akan di kenal secara organic oleh system dan akun anda akan muncul di display search para pengguna Instagram lain. Toko online akan sulit dianggap oleh pengguna Instagram apabila sepi pengikut (follower) solusinya adalah, anda harus memiliki modal utama untuk memiliki follower (pengikut) atau bisa membeli akun Instagram dari pengguna lain yang memiliki follower lebih dari 20k.

Endorse Sosial Media

Selanjutnya, anda harus memiliki modal untuk biaya promosi, dalam hal ini social media, tanpa biaya promosi, anda akan bekerja susah payah dan sulit menjangkau pelanggan secara online., pilih salah satu yang cocok untuk di endorsekan kepada influencer, tak jarang pula influencer yang memiliki banyak penggemar namun biasanya memasang harga yang relative murah, manfaatkan momen ini.

Apabila anda tidak tahu bagaimana cara mengatur scenario iklan anda, tentu sang influencer akan memasarkan dengan caranya sendiri, tapi jika harga telah di sepakati, gunakan scenario yang menarik untuk influencer memasarkan produk anda dengan video, semisal jika jam tangan anda khusus olahraga, anda bisa menggunakan jasa atlet ternama seperti para atlet MMA, praktisi kebugaran, gunakan narasi seolah jam tangan ini memberikan solusi bagi olahrawan, selain produk yang awet tahan lama, harga ekonomis dan tentunya model yang tidak pasaran.

Sosial Media Ads

Setelah membangun eksistensi dan beredar di platform social media dengan jangkauan mikro, maka langkah selanjutnya adalah menggunakan social media ads untuk menjangkau calon pelanggan potensial, termasuk diantaranya untuk meningkatkan kesadaran brand atau brand awareness dari toko online anda, lakukan se kreatif mungkin, memasarkan produk anda di caption akun social media anda, sering-seringlah melihat akun lain, tidak ada salahnya mengamati, meniru dan modifikasi cara berjualannya.

Budget terbaik di medium ini adalah senilai 15% dari modal awal anda, atau 25% dari keuntungan anda, jika toko anda telah memiliki perputaran dana, pantau terus, gunakan momen yang pas, seperti ketika hari besar, ketika masa liburan, sehingga anda paham, kapan budget ads ini harus besar kapan budget ini di minimize dan kapan di non aktifkan untuk sementara.

Spesial Store

Jika di marketplace biasanya terdapat fitur yang memudahkan para pelapak secara system dari yang apabila anda membayarkan sejumlah uang, maka akan muncul dalam pencarian teratas, contohnya saat pengguna di platform tersebut mencari produk jam tangan, maka potensi kemunculan toko anda akan di posisi teratas secara acak diantara toko lainnya, gunakan budget ini 15% dari keuntungan anda atau 15% dari modal awal anda.

Google Adwords

Platform penjualan terbaik yang dapat menjangkau pengguna dari beberapa medium seperti audio-video streaming (youtube), mesin pencari, table informasi gmail, display banner pay per click di website rekanan google, hingga video di admob atau kolom pencarian di google playstore, semua lini kehidupan di dunia maya tidak akan lepas dari jangkauan iklan dari jaringan google.

Produk ini amatlah menarik dan cocok digunakan oleh siapapun yang menginginkan mendapat keuntungan di dunia maya, baik anda sebagai pedagang, guru yang ingin membagi ilmunya secara komersil, hingga musisi indie yang memasarkan lagu atau album terbarunya, semua dapat dilakukan dengan google Adwords.

Berapapun dana yang anda bayarkan, anda dapat me-manage-nya menjadi sebuah ‘kendaraan’ yang amat cepat membawa bisnis anda sampai tepat di mata pelanggan, cara mengaturnya adalah, jika anda memiliki dana sebesar 500ribu rupiah, dan tujuan utama anda adalah ingin mencapai sales leads, anda bisa gunakan 10% nya untuk display 25% untuk youtube dan sisanya untuk mesin pencarian, gunakan google tag conversion, dan monitoring trafficnya dengan google search console.

Google adwords amat disarankan bagi anda seorang digital marketing pemula sekalipun, dengan tampilan yang memudahkan penggunanya dan system yang lengkap, mendukung mobile apps maupun desktop view, amat tepat bagi anda sebagai pemilik website yang mencoba moneytisasi website anda dengan google adsense, sebuah konversi menarik, membayar iklan promosi website yang dinilai layak oleh google sebagai pemilik lahan pay per click untuk mendapatkan pundi-pundi.

Secara otomatis ataupun manual, google adwords dapat digunakan se-efisien mungkin menggunakan budget terminim anda dengan hasil yang memuaskan,atau dapat digunakan se-ekspres mungkin untuk budget besar agar lebih mendapatkan jangkauan customer lebih luas untuk mempromosikan produk unggulan anda, semua pihak menggunakan google Adwords, jangan biarkan competitor bisnis anda melangkah lebih jauh mendahului bisnis anda dengan google Adwords, mulai sekarang.(Arm)

WhatsApp ASURANSIKU.id WhatsApp Customer Service