PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Spot Berselancar Terbaik di Pantai Watukarung Pacitan


Rosasiva  |  Pariwisata  |  02 February 2022  |   1289 Pengunjung

Spot Berselancar Terbaik di Pantai Watukarung Pacitan

Pariwisata  |  02 February 2022 Spot Berselancar Terbaik di Pantai Watukarung Pacitan

Spot untuk Berselancar Terbaik Dunia Ada di Pantai Watukarung Pacitan

Pacitan adalah kabupaten yang letaknya di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. Kota kecil ini memang terkenal memiliki keindahan alam yang luar biasa. Terdapat begitu banyak objek wisata di Kabupaten Pacitan salah satu yang sangat terkenal adalah Pantai Watu Karung yang berada di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Pantai ini menjadi salah satu objek wisata favorit di Kabupaten Pacitan karena pesona keindahannya membuat pantai ini tak luput dari kunjungan wisatan lokal maupun mancanegara.

Sebutan sebagai Kota 1001 Gua seakan tak cukup untuk menggambarkan eksotisnya alam Pacitan. Di ujung barat daya Jawa Timur, kawasan ini tak hanya terkenal dengan wisata guanya, tapi juga puluhan pantainya yang indah. Salah satunya adalah Pantai Watukarung. Terletak di desa Watukarung di wilayah Pringkuku, ini bukanlah panorama alam yang mempesona. Pantai ini terkenal dengan batu-batu besar yang eksotis dan ombaknya yang unik menjadikannya tempat yang bagus untuk berselancar. Watu Karung juga dikenal sebagai pantai ombak kelas dunia. Ombak di pantai ini bisa mencapai ketinggian 4m. Maka tak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang datang ke pantai ini untuk berselancar dan merasakan deburan ombak Watu Karung.

"Ombak Watukarung bagus," kata peselancar Yayak Hidayat. Karakter ombak Pantai Watukarung sangat istimewa. terutama arahnya. Dengan ciri khas seperti itu, tak heran Watukarung sangat digandrungi para peselancar dari berbagai tempat. Tak hanya peselancar domestik tapi juga banyak yang datang dari mancanegara. Bahkan beberapa kali event selancar internasional digelar di pantai watukarung ini.

"Di Watukarung itu ada dua arah ombak. Yaitu ke kanan dan ke kiri. Tidak ada yang lurus. Dan keduanya di atas intermediate,” kata Yayak. “Semakin keras (gelombang), semakin sulit, semakin tinggi levelnya, semakin sulit tugasnya. Padahal ini tantangan,” lanjut Yayak. Saking begitu bagusnya karakter ombak yang ada di pantai Watukarung, sampai disebut seperti sekaliber Teahupoo di Polinesia Perancis. Ada juga yang menyamakannya dengan Petland, Hawaii, Amerika Serikat. Yang membedakan hanyalah ukuran wilayahnya. Kawasan lautnya luas. Sedangkan Watukarung lebarnya tak sampai 1 km karena di sisi kanan dan kirinya terdapat tebing. Dan juga pada bagian tengah terdapat pulau karang.

Dengan size yang berbeda. Watukarung tidak sebesar Teahupoo. Tapi kesulitannya, bentuknya, kekerasan hantaman ombaknya itu ada yang bilang seperti itu," ungkap Yayak mengutip dari cerita seorang peselancar asing. Di Indonesia, ombak Watukarung dianggap yang paling sulit ditaklukkan. Padahal, ombaknya biasanya tidak sepanjang spot surfing. Namun, dampaknya begitu kuat sehingga diperlukan keterampilan khusus para peselancar. "Saya punya teman yang mengatakan bahwa jika Anda bermain bagus di Batukharung, Anda bisa bermain di tempat lain," kata seorang pria dengan putra seorang peselancar.

Dengan popularitas Watu Karung sebagai tujuan wisata kelas dunia, banyak fasilitas sudah tersedia. Seperti penginapan, rumah makan, maupun pertokoan. Akses perjalanan untuk menuju ke lokasi pantai yang menyatu dengan perkampungan itu juga cukup bagus. Meski sepanjang jalur sudah beraspal mulus, namun lebar jalan masih harus diperhatikan pada beberapa titik ruas. Terutama jika ada dua kendaraan yang saling berpapasan. Apalagi jika salah satunya merupakan kendaraan besar seperti truk dan bus.

Untuk mencapai Pantai Watukarung tersebut, hanya membutuhkan waktu 1 jam dari pusat Kota Pacitan ke arah barat. Setibanya di pertigaan Desa Dadapan, ada sebuah rambu besar yang dapat menjadi pemandu pengunjung menuju pantai watukarung yang menjadi surganya peselancar.

WhatsApp ASURANSIKU.id WhatsApp Customer Service