PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Pentingnya Menjaga Lingkungan Agar Tetap Sehat


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  24 February 2022  |   2166 Pengunjung

Pentingnya Menjaga Lingkungan Agar Tetap Sehat

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  24 February 2022 Pentingnya Menjaga Lingkungan Agar Tetap Sehat

Pentingnya Menjaga Lingkungan Agar Tetap Sehat

Pola hidup sehat harus dipupuk sejak dini. Anda bisa memulainya dari diri sendiri, seperti rutin berolahraga, mengisi kembali asupan cairan harian, banyak istirahat dan makan makanan bergizi. Perhatikan juga kebersihan di rumah Anda. Jangan biarkan genangan air atau kotoran terbentuk karena dapat menjadi sumber penyakit.

Selanjutnya, lihat sekeliling Anda. Lingkungan yang bersih juga berpengaruh pada kesehatan lho. Bayangkan jika lingkungan tempat tinggal Anda tidak bersih, Anda pasti akan rentan terhadap penyakit seperti demam tifoid atau demam berdarah.

Sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan. Menjaga kebersihan lingkungan sebenarnya sangat mudah, tetapi terkadang implementasinya hanya proses yang sangat lambat. Namun jika kita sering melakukannya, kita akan terbiasa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Jika orang tua mengajarkan kita pentingnya hidup sehat sejak dini, maka akan membiasakan kita untuk merawat lingkungan yang bersih.

Manfaat Kesehatan dari Menjaga Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan tidak sesederhana yang dibayangkan. Ada juga tangan-tangan tidak bertanggung jawab yang sembarangan membuang sampah. Padahal, menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman membutuhkan kesadaran semua bagian dan lapisan masyarakat.

Jadi mengapa perlindungan lingkungan penting bagi kesehatan? Ini adalah ulasannya.

1. Lingkungan Sehat Terhindar dari Berbagai Penyakit

Kebersihan selalu identik dengan kesehatan. Artinya manfaat pertama dari perlindungan lingkungan adalah tetap terjaga. perlu anda ketahui Hanya lingkungan yang bersih tidak selalu menyelamatkan tubuh dari penyakit. Apalagi jika Anda tidak berusaha menjaganya tetap bersih. Lingkungan yang tidak bersih merupakan tempat terbaik bagi nyamuk untuk bersarang. Belum lagi berbagai bakteri yang juga hidup di sana.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyatakan bahwa penyakit demam berdarah dan hepatitis A dapat dicegah dengan menjaga kebersihan lingkungan seperti rumah, sekolah dan tempat ibadah. Tetanus, kolera dan tifus berpotensi terjadi di lingkungan yang tidak higienis.

2. Lingkungan Sehat Terkait Kesehatan Jiwa

Kesehatan fisik tidak hanya terjaga melalui lingkungan yang bersih. Lingkungan yang sehat juga memiliki banyak manfaat kesehatan mental. Udara bersih, air bersih, banyak tanaman hijau dan sanitasi dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Meningkatkan kualitas hidup hampir pasti akan membuat seseorang terhindar dari kesehatan mental.

Studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu dikelilingi oleh banyak ruang terbuka hijau dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi.

3. Lingkungan sehat lebih nyaman tinggali

Ketika Anda berada di daerah kumuh, apakah Anda merasa begitu nyaman tinggal di sana? Tentu saja tidak, bukan? Padahal, Anda sudah malas untuk mendekati atau menjenguknya. Bagaimana jika ini terjadi di lingkungan Anda? Anda pasti ingin pindah ke tempat yang lebih bersih.

Lingkungan yang bersih membuat Anda merasa lebih nyaman tinggal dan tinggal lebih lama. Tak hanya itu, orang lain pun tak segan-segan untuk berkunjung. Mereka menganggap lingkungan Anda begitu indah dan menyenangkan, dan nyaman untuk ditinggali.

Jika kebersihan lingkungan tidak dijaga, lingkungan kita akan menjadi kotor. Seperti sampah yang sering dibuang di jalan, bukan di TPA Sampah yang kita buang mencemari lingkungan dan banyak penyakit datang.

Banyak dampak sampah yang tidak dibuang ke tempat sampah adalah:

- menyebabkan banjir,

- sampah menyumbat saluran air, yang juga menyebabkan banjir,

- menimbulkan bau tidak sedap yang akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi warga.

Tindakan untuk menjaga kebersihan lingkungan

1. Sampah harus dibuang ke tempat sampah.

2. Bersihkan saluran pembuangan.

3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

4. Menyediakan tempat sampah yang dipisahkan menjadi sampah organik dan anorganik.

5. Menanam tumbuh-tumbuhan agar udara tetap segar dan bersih.

6. Kurangi polusi udara di lingkungan kita.