PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Pentingnya Menjaga Ketahanan Finansial Bagi Mahasiswa Ditengah Pandemi


Finansial  |  31 January 2022  |   1010 Pengunjung

Pentingnya Menjaga Ketahanan Finansial Bagi Mahasiswa Ditengah Pandemi

Finansial  |  31 January 2022 Pentingnya Menjaga Ketahanan Finansial Bagi Mahasiswa Ditengah Pandemi

Pentingnya Menjaga Ketahanan Finansial Bagi Mahasiswa Ditengah Pandemi

Pandemi yang masih melanda dunia menimbulkan ketidakpastian bagi semua kalangan, terutama kalangan menengah ke bawah. Untuk itu, financial sustainability menjadi kajian yang perlu dikaji dalam situasi masih banyak ketidakpastian akibat COVID-19. Di tengah upaya pemulihan ekonomi global, jenis infeksi virus corona baru (COVID-19) Omicron kembali menyerang, menimbulkan kekhawatiran besar di komunitas global. Menjaga ketahanan finansial di tengah pandemi di masa ketidakpastian adalah salah satu cara untuk tetap tangguh secara finansial.

Sebagai pemimpin dalam pembangunan bangsa, mahasiswa harus menyadari pentingnya pengetahuan keuangan. Apalagi di tengah pandemi saat ini. Pengetahuan keuangan memungkinkan siswa untuk mengelola keuangan mereka dengan benar merencanakan keuangan mereka. Gunakan untuk kebutuhan Anda saat ini dan sekaligus persiapkan untuk kebutuhan masa depan Anda.

Pentingnya memahami pentingnya literasi keuangan sejak dini agar dapat mengelola keuangan dengan baik, terutama dalam keadaan seperti ini. Hari ini, siswa berharap untuk membelanjakan uang mereka dengan bijak dan tidak kehilangan uang. Pengetahuan keuangan juga penting bagi siswa untuk mengenali pentingnya melindungi diri mereka sendiri dan berinvestasi untuk melindungi masa depan mereka.

Sangat penting untuk mengalokasikan dana untuk investasi dan perlindungan di masa depan, terutama di masa pandemi ini. Oleh karena itu, literasi keuangan sangat penting untuk mengelola keuangan secara lebih akurat dan menjalani kehidupan yang lebih nyaman. Kita harus mempersiapkan diri untuk pertahanan diri untuk kehidupan yang nyaman. Inilah pentingnya investasi dan asuransi.

Kita harus mempersiapkan pikiran dan hati kita akan pentingnya ekonomi dan kehidupan konsumen sejak dini dan harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Penting untuk menilai pendapatan yang Anda hasilkan saat virus corona masih menyebar. Catat secara akurat jumlah pendapatan yang diterima. Berikut beberapa tips agar mahasiswa tetap sehat secara finansial selama Pandemi:

1. Periksa dan cari tahu posisi keuangan saya

Periksa sekarang apakah posisi keuangan saya saat ini melebihi tingkat bunga? Cari tahu situasi keuangan Anda selama tiga bulan ke depan. Apakah sumber penghasilan Anda aman dan stabil? Apakah Anda memiliki dana cadangan? Berapa jumlah tabungan dan cicilannya? Mengetahui posisi keuangan Anda yang sebenarnya akan membantu Anda membuat alokasi keuangan. Latih diri Anda untuk mengontrol pengeluaran Anda dan menjadi lebih mahir dalam mengelola keuangan Anda. Anda juga dapat mengalokasikan kembali anggaran Anda untuk membeli barang yang lebih berguna.

2. Kelola Keuangan Anda dengan BijakĀ 

Temukan cara sederhana untuk hidup hemat, ciptakan dan patuhi anggaran yang realistis. Disiplin sangat penting untuk mengekang penggunaan uang yang tidak perlu.

3. Membuat anggaran bulanan

Karena situasi dan kondisi saat ini, tidak banyak hal yang bisa kita kendalikan. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk bersiap menghadapi risiko finansial dan melindungi diri Anda sendiri. Menetapkan anggaran berarti mengelola gaya hidup Anda, jadi mulailah dengan membuat daftar pengeluaran rutin. Putuskan apa yang paling penting bagi Anda, lalu apa yang Anda butuhkan untuk menemukan solusi kreatif untuk menghilangkan, mengurangi, atau biaya tidak penting lainnya.

4. Bagilah pengeluaran Anda

Pertama, keluarkan untuk kebutuhan dasar seperti makan dan biaya hidup (listrik, gas, air dan paket internet). Kemudian sisihkan sisanya untuk dana darurat.

5. Catat pengeluaran Anda secara aktif.

Pencatatan biaya yang cermat membutuhkan disiplin dan kontrol. Catat pengeluaran harian Anda dengan aplikasi anggaran cerdas seperti You Need a Budget (YNAB) untuk membantu Anda melacak berapa banyak yang Anda belanjakan.